Kuliner Yang Nggak Boleh Terlewatkan Saat ke Palembang Penasaran, Nggak Cuma Pempek

Redaksi


Tekwan, Kuliner Khas Palembang


Fokusindonesia.com, Jakarta,Apa yang terlintas di benakmu saat dengar kata ‘Palembang’? Mostly orang bakal jawab Pempek. Padahal kuliner enak di Palembang nggak cuma Pempek, lho.

Tapi nggak bisa dipungkiri, kuliner berbahan dasar tepung dan ikan tenggiri ini selalu jadi favorit dan sering jadi makanan oleh-oleh khas Palembang.

Selain menjadi provinsi yang kaya akan sumber daya alam, Sumatera Selatan juga kaya akan cita rasa masakannya. Nggak percaya? Berikut ini kuliner khas Palembang yang nikmatnya nggak kalah dari Pempek.

1. Mie Celor

Ini cocok disantap saat sarapan. Mie celor adalah salah satu makanan khas Palembang yang berbahan utama udang dan mie. Mie celor juga disajikan bersama pelengkap yang lain seperti tauge, telur, daun seledri, perasan jeruk nipis, dan kuah santan.

Mie celor memiliki keunikan, yaitu bahan-bahannya disiram air panas terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah santan. Karena berkuah, makanan ini lebih cocok dimakan saat masih panas, dan sangat cocok dimakan ketika udara sedang dingin atau hujan di luar rumah.

2. Tekwan

Kalau kamu penggemar setia Pempek, pasti jatuh cinta dengan tekwan. Pada dasarnya Tekwan dan Pempek juga berbahan dasar sama. Hanya saja tekwa disajikan dengan kuah gurih kaldu udang yang gurih dan menggugah selera.

Topping-nya agak mirip dengan bakso. Ada taburan seledri, bawang goreng, daun bawang, bihun, potongan bengkuang, dan jamur kuping. Makanya kuliner ini sering kali disebut baksonya Palembang, lho.

3. Gulo Puan

Konon kudapan manis asal Palembang ini adalah makanan para bangsawan, warisan raja-raja Kesultanan Palembang Darussalam. Seiring berjalannya waktu, gulo puan juga menjadi kudapan ciri khas masyarakat Palembang.

Terbuat dari gulo puan atau gula susu ini adalah susu segar dari kerbau khas daerah Pampangan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Camilan yang satu ini mulai langka bahkan terhitung nyaris punah. Kalau lagi ke Palembang, patut dicoba nih untuk merasakan sensasi ‘sultan’.

4. Burgo

Satu lagi makanan sarapan yang cocok untuk mengawali pagi di Palembang yakni burgo. Sekilas burgo terlihat seperti ketupat sayur atau opor ayam karena kuah santan putihnya.

Burgo disajikan kuah santan yang merupakan hasil olahan dari kaldu ikan gabus atau ikan belida. Warna kuah yang kental keruh kekuningan karena pemakaian santan dan bumbu bawang serta kunyit dan kemiri.

Nggak ketinggalan tepung dadar gulung, tambahan ikan dan bawang goreng yang lezat membuat makanan ini sangat berbeda dan menantang untuk dicicipi.

Sebagai tempat percampuran budaya, Palembang punya banyak kuliner menggugah selera. Nggak tahan pengen wisata kuliner ke Palembang? Terbang aja pakai AirAsia! Karena lagi airasia.com baru aja menambah rute baru untuk tujuan traveling kamu selanjutnya, lho. Sekarang kamu bisa terbang dari Jakarta ke Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Pontianak.

Nggak cuma dari Jakarta, AirAsia punya rute baru terbang langsung dari Bandung ke Bali juga, lho! Harga mulai dari Rp 282ribu. Dapatkan gratis bagasi 15 kg untuk setiap rute penerbangan baru.

Periode pemesanan sudah dapat dipesan sekarang dan periode penerbangan mulai 15 Desember 2020. Pesan tiketnya sekarang di Website airasia.com atau Aplikasi airasia.com. Karena selalu ada penawaran terbaik untuk kita di airasia.com. airasia.com untuk kita. (Sum)

Top