Suksesnya PON XX Papua adalah Kewajiban Bersama

Redaksi




Fokusindonesia.com. Pelaksanaan PON XX Papua menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat. Hal ini terlihat dari euforia dalam menyambut PON XX Papua, karena perhelatan ini menjadi prestasi bersama untuk memajukan olahraga nasional. Untuk itu, Creative Media Network Nusantara menyelenggarakan webinar dengan tema “Torang Bisa, Sukseskan PON XX Papua Untuk Prestasi Bersama” pada Rabu (23/06) yang menghadirkan sejumlah Narasumber antara lain Dr. Samsudin, M.Pd (Staf Ahli Menpora RI), Hendrik Pangiling, S.H,. M.H (Ketua DPD Mapancas Papua) dan Ronald Nababan, ST (Pelatih Muay Thai).

Dr. Samsudin, M.Pd, Staf Ahli Menpora RI mengatakan kesuksesan PON XX Papua adalah kewajiban bersama seluruh lapisan masyarakat. Persiapan PON XX Papua yang dilakukan oleh Kemenpora sesuai dengan dasar hukum seperti UU Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (UUSKN), Peraturan Pemerintah No 16 Tahun 2007 jo PP No.7 Tahun 2020 tentang Penyelenggaran Keolahragaan.

“Menjadi tuan rumah PON banyak keuntungan yaitu sarana dan pra sarana olahraga akan dibangun dan diperbaiki. Pemerintah pusat akan membantu dari aspek pembiayaan meskipun sebagian besar juga harus melalui APBD. Secara ekonomi, masyarakat akan terbantu dan meningkat selama pelaksanaan pesta olahraga baik akomodasi dan konsumsi delegasi,” ujarnya.

Senada, Hendrik Pangiling, Ketua DPD Mapancas Papua, mengatakan pergerakan pemuda di Papua menyambut euforia PON cukup tinggi termasuk adanya antusiasme untuk menjadi relawan. Sebagai tokoh pemuda, kami menjamin bahwa pelaksanaan PON aman dari segala ancaman. Memang ada gangguan keamanan tetapi tempatnya jauh dari lokasi venue.

“Peran pemuda dalam mendukung pelaksanaan PON yaitu meramaikan kegiatan pra PON yang dimulai dari olahraga masyarakat yang dimainkan agar meningkatkan euforia PON seperti jalan santai dan jogging bersama,” katanya.

Terakhir, Ronald Nababan, ST, Pelatih Muay Thai Jambi, mengatakan delegasi atau peserta dari provinsi mengapresiasi kesiapan Pemerintah dan pemerintah daerah Papua menyelenggarakan PON XX Papua. Pada saat pembahasan tuan rumah PON XX yang dilaksanan tahun 2014, ada enam provinsi yang mengusulkan sebagai tuan rumah PON tetapi pada akhirnya yang terpilih adalah Papua.(***)

Top