Pastikan Warga Sehat, Babinsa Cip. Besar Selatan Bersama Satgas Covid-19 Giat Tracing ACF

Redaksi






Fokusindonesia.com, Kodam Jaya, Jakarta timur - Dalam upaya pastikan warga sehat, Babinsa Serda Ali Fardi bersama Ka Puskesmas CBS drg. Ruth Christin dan Satgas Covid-19 melakukan pemeriksaan tracing Active Case Dinding terkait kasus konfirmasi positif salah satu warga RT.10/02 bertempat di Jln. Pancawarga 2 Kelurahan Cipinang besar Selatan Kecamatan Jatinegara, Senin (17/01/22).

Pada kegiatan tersebut dipimpin oleh Sekel Cipinang Besar Selatan bersama Babinsa Serda Ali Fardi, Bhabinkamtibmas, Satpol-PP, dr. Ruth Christin Ka Puskesmas CBS-2, Ketua RT.010, perangkat RT.013 dan FKDM Kelurahan.

Kegiatan rapid test Tracing ACF yang dilaksanakan dilingkungan RT.10 terhadap 21 warga masyarakat sekitar rumah warga yang terindikasi positif Covid-19 tersebut yang sudah menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan petugas Puskesmas, perangkat RT/RW dan Kasi Kesra Kelurahan Cipinang Besar Selatan.

Dilokasi terpisah Danramil 01/Jatinegara Mayor Czi Jarmadi mengatakan, kegiatan Tracing ACF yang dilakukan oleh Puskesmas Cipinang Besar Selatan, Sekel, Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat RT/RW dan FKDM adalah untuk memastikan kesehatan warga masyarakat disekitar wilayah RT.010/02 sehingga apabila dalam hasil Rapid Tes terdapat warga yang terindikasi positif bisa cepat diambil langkah-langkah tepat dalam penanganan pasien Covid-19 yaitu dengan pemberian obat dan pasien melakukan Isoman.

Setelah pasien telah menjalani isolasi mandiri, perlu dilaksanakan rapid test ulang lanjutan guna memastikan kondisi kesehatan warga tersebut benar-benar sudah sehat. Hal ini dilakukan untuk pencegahan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan juga memastikan kesehatan warga tersebut sebelum beraktivitas lagi dilingkungan tempat tinggalnya.

Setelah petugas medis melaksanakan Test Swab terhadap 21 orang warga masyarakat, sesuai hasil pemeriksaan esok hari langsung dikirim melalui SMS/WA ke warga yang melakukan Tes Swab, namun demikian Babinsa bersama tiga pilar tetap mengingatkan agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan untuk keamanan dan kenyamanan bersama.

Babinsa Serda Ali Fardi bersama Satgas Covid-19 tetap memberikan himbauan agar tidak cepat puas dengan hasil Tes Swab Antigen“ Walaupun sudah test swab dan dinyatakan negatif nantinya, Diharapkan warga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yaitu mencuci tangan dengan air dan sabun, menjaga jarak aman serta memakai masker, tandanya.

*Sumber Kodim 0505/Jakarta timur*

Top