Wisata Dan Budaya Banyumas Selayang Pandang Jawa Tengah

Redaksi


Jakarta, FokusIndonesia.com - Banyumas adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik wisata beragam. Selama ini Banyumas hanya dikenal dengan Lokawisata Baturraden oleh sebagian orang. Padahal, banyak lokasi wisata yang tidak kalah menarik di beberapa lokasi yang terdapat di kabupatern tersebut. Hal ini disampaikan oleh Kadisbudpar Banyumas, Saptono pada acara Expose Pariwisata dalam Rangka Promosi Pariwisata Nusantara di Rumah Makan Handayani, Matraman Jakarta Timur (01/03).

Wilayah Kabupaten Banyumas terletak disebelah barat daya dan merupakan bagian dari Propinsi Jawa Tengah. Luas Wilayah Kabupaten Banyumas + l.327,60 km2 atau l32.759,56 ha dengan keadaan wilayah antara daratan dan pegunungan, dengan struktur pegunungan terdiri dari sebagian lembah serayu untuk tanah pertanian, sebagian lataran tinggi untuk pekarangan dan pemukiman, dan sebagian pegunungan untuk perkebunan dan hutan tropis terletak di lereng Gunung Slamet sebelah selatan.

Lokawisata Baturraden,Lokawisata Baturraden berada dilereng Gunung Slamet pada ketinggian 640 m diatas permukaan laut. Baturraden hanya berjarak l4 km arah utara kota Purwokerto, memiliki suhu udara antara l 8°-25° celcius.

Disini wisatawan dapat menikmati panorama Gunung Slamet atraksi terjun bebas anak-anak Baturraden di air terjun Gumiwang dan Lokawisata Baturraden juga menyediakan berbagai fasilitas seperti : kolam luncur, rekreasi taman air dengan sepeda airnya, kereta mini, kolam renang air dingin, Cascade, Theater Alam, Kereta mini, sumber panas Pancuran Telu dan Panjuran Pitu yang mengandung belerang. Telaga Sunyi dan loos bunga yang menyediakan beraneka ragam jenis bunga dan tanaman bonsai.

"Banyumas bukan hanya Baturraden, tetapi masih banyak objek wisata yang tidak kalah menarik," ujar Saptono pada awak media dan blogger yang turut hadir pada acara itu. Selain Baturraden, Banyumas juga memiliki banyak wisata yang masih belum banyak diketahui. Di antaranya wisata air terjun yang jumlahnya ratusan, sehingga ada yang menyebut Banyumas negeri 1001 Curug (air terjun). "Jadi tidak hanya Baturraden yang ada di Banyumas. Ada 1000 curug yang bisa dikunjungi, selain itu wisata sejarah dan wisata religi juga ada," jelas Saptono.

Saptono juga mengajak hadirin untuk ikut serta mengekspose pariwasata Banyumas yang selama ini belum diketahui banyak wisatawan. Ia juga mengajak semua orang agar berkunjung ke lokasi wisata yang terdapat di kabupaten tersebut karena banyak lokasi menarik yang tidak kalah dengan daerah lain yang terdapat di Indonesia ini.

"Jadi tidak hanya itu saja, ada tempat meeting, tempat bermain, outdoor, dan tempat menarik lainnya dapat dinikmati di Banyumas. Jadi, ayo rame-rame ke Banyumas dan nikmati semua lokasi wisata yang terdapat di sana, lanjutnya. Selain objek wisata yang di sebut di atas, Banyumas juga kaya akan kulinernya. "Selain menikmati wisata, kuliner juga banyak di Banyumas. Jadi, selain bisa menikmati wisata juga bisa menikmati nikmatnya kuliner," tuturnya.(Sum)

Top