?> President Director PT Sarinah Menggelar Acara Workshop

President Director PT Sarinah Menggelar Acara Workshop

Redaksi



Jakarta,FokusIndonesia.com - Sarinah adalah pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dan 15 lantai yang terletak di Menteng, Jakarta. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1967 oleh Soekarno. Sarinah adalah pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga pencakar langit pertama di Jakarta. Nama Sarinah berasal dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecil dan pertama digagas oleh Soekarno, menyusul lawatannya ke sejumlah negara yang sudah lebih dulu memiliki pusat belanja modern. Hal ini juga dimaksudkan Soekarno untuk membuat pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan rakyat mendapatkan barang-barang murah tetapi dengan mutu yang bagus.

Sarinah ini jadi wadah kreatif Indonesia, bukan saja batik, seni pahat, tapi juga seni baru yang dikembangkan anak-anak muda.Memang tidak mudah mengubah imej Sarinah yang dikenal sebagai organisasi yang terkesan tua. Maka itu kami terus melakukan pembenahan di SDM. Teman suka komentar, penjaga toko kami kok sudah berumur. Dengan adanya Shareena, kami bisa mengembangkan karier mereka. Mereka ditantang menjadi leader, pemimpin toko, dan mencetak profit. Jelas mengukur kinerja mereka di sana, kalau di sini (Sarinah Thamrin, red), mereka hanya jadi penjaga toko.

GNP Sugiarta Yasa mengatakan, Kami membangun Sarinah menjadi pusat kreatif Indonesia. Gudang kami di daerah Pancoran saat ini disewa anak-anak muda. Di sana dikelola untuk pengembangan industri kreatif oleh anak muda. Gedungnya di daerah Perdatam, Jakarta. Di sana sering ada live show, experience film-film indie, ada diskusi tentang produk kreatif bagaimana agar laku di pasar. Namanya Gudang Sarinah. Pengelolanya bukan kami, Sarinah menyewakan,"ujarnya saat Workshop di Gedung Sarinah Thamrin Lt 10 Jakarta Pusat (30/5)

Sarinah di Malang, bisa dibilang contoh baru wajah Sarinah. Digarap dengan serius, konsep one stop shopping ditandai dengan kelahiran kembali gerai makanan, yang berlokasi di lantai dua Sarinah Malang. Kami buka pada 8 Oktober, Sarinah memberikan pengalaman berbelanja dan kuliner bagi para pengunjungnya.

Sarinah punya specialties store yaitu Shareena, toko khusus fashion muslim, terutama hijab, kami akan masuk ke Probolinggo, Mojokerto, Kudus, terutama kota-kota yang muslimnya kuat. Sekarang kami ada 17 stores, hingga akhir tahun ini targetnya ada 6 toko baru Shareena. Ritel khusus ini mulai kami kembangkan sejak Januari tahun lalu, toko pertama dibuka di Kepanjen, Malang. So far kinerjanya secara total cukup bagus, memang tidak semua toko bagus kinerjanya.

Semua toko men-deliver omset bagus saat puasa hingga Lebaran. Bahkan ada yang yang per hari bisa Rp 22 juta omsetnya hanya dengan ruko dua lantai. Tinggal bagaimana kita menangkap kebutuhan dan selera konsumen. Secara berkala kami terus mengevaluasi bisnis ritel ini, terutama menyesuaikan kebutuhan konsumen dan sistem pengadaan yang terus diperbaiki.

Kami juga baru masuk bisnis resto, kafe dan food court tahun ini. Kami buka di aset-aset Sarinah yang sebelumnya iddle, antaranya di Semarang, Malang dan di bawah gedung Sarinah. Di Malang kami konsep buat anak muda, di depan alun-alun Malang. Belum lama ini kami launching Sarinah Malang Untuk Anak Muda. Kami rejuvenate, lebih muda, usia 40 kebawah targetnya. Ada pakaian buat pekerja muda, baju kerja, tapi juga ada handycraft sebagai ciri khas Sarinah. Lantai dua bisa buat hang out anak muda

Lies Permana Lestari menjelaskan Terinspirasi oleh misi yang ditentukan oleh pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia, Ir. Soekarno, Sarinah tetap berdedikasi dalam menjunjung misi perusahaan. Di tengah masyarakat yang selalu berubah, komitmen kami untuk membantu UMKM dan komunitas lokal tidak berubah. Kami telah lama berupaya untuk mendukung pebisnis lokal mencapai kesuksesan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Upaya tersebut bukan hanya menjual produk ritel namun juga termasuk membuka peluang untuk memperiuas jaringan den ekspansi bisnis melalui metode komunikasi yang modern.

"Sarinah memasuki fase yang menggembirakan untuk beberapa tahun kedepan, kami berfokus untuk semakin membangun hubungan yang erat dengan generasi muda Indonesia. Saat ini kami fokus menjadi The Window of Indonesia. Kami akar melakukan investasi yang secukupnya agar dapat memenuhi kebutuhan berbelanja untuk populasi dinamis Indonesia. Kami amat gembira untuk memulai tahap baru dalam peru sahaan dan kami yakin bahwa masa depan yang cerah sedang menanti Sarinah dan Indonesia."tuturnya.

Busana Bermerek di Sarinah Sebagai jaringan ritel terpercaya untuk produk busana, furnitur dan pernak-pernik tradisional khas Indonesia, Sarinah juga telah membangun reputasi sebagai peritel pilihan bagi sejumlah merek mode ternama. Sarinah memberikan jaminan ketersediaan berbagai busana keluaran terbaru sekaligus menawarkan beragam koleksi tersebut dengan kenyamanan berbelanja di satu lokasi saja.(Sum)

Top