?> Inilah Kesan dan Pesan Para Pengunjung Jakarta Fair

Inilah Kesan dan Pesan Para Pengunjung Jakarta Fair

Redaksi

Jakarta, FokusIndonesia.com - 5 Juni 1968 menjadi hari di mana sejarah tercipta, yang merupakan titik awal dari terselenggaranya sebuah pameran besar. Syamsudin Mangan yang kala itu merupakan ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di masa kepemimpinan Presiden Soeharto berharap Jakarta memiliki agenda pameran besar yang rutin digelar tiap tahun sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun DKI Jakarta.

Djakarta Fair (ejaan lama) nama pamerannya saat itu berlangsung di Monumen Nasional (Monas) dan terbilang sukses dengan capaian pengunjung sekitar 1,4 juta orang. Tahun berikutnya, Djakarta Fair bahkan langsung memecahkan rekor karena berhasil menyelenggarakan event pameran terlama dengan waktu 71 hari.

Tahun ke tahun, Jakarta Fair mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Event yang sebelumnya memiliki konsep pasar malam ini kemudian meningkat menjadi ajang pameran modern dengan menyediakan berbagai macam jenis produk. Pada tahun 1992 lokasi penyelenggaraannya pun dipindah ke kawasan Kemayoran Jakarta Pusat yang memiliki area yang lebih luas.

Tahun 2017 ini tepat menjadi tahun ke-50 Jakarta Fair diselenggarakan. Tentunya segala upaya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap para pengunjung, misalnya fasilitas tempat ibadah yang kini lebih diperbanyak dan cukup luas. Beberapa pengunjung yang rutin ke Jakarta Fair tiap tahun mengakui adanya peningkatan tersebut.

Aceng (49 tahun) yang hadir bersama suami dan anaknya menganggap tahun ini Jakarta Fair lebih ramai didatangi pengunjung. Warga Pancoran ini takjub melihat pameran Jakarta Fair sudah berkembang begitu pesat. "Saya berharap ke depannya Jakarta Fair dapat lebih baik lagi, terutama peningkatan fasilitas umum seperti tempat ibadah dan tempat istirahat untuk pengunjung," ujar Aceng.

Sementara itu pengunjung lainnya yang berasal dari Jatiwaringin yakni Ika (35) menyebut Jakarta Fair kali ini lebih ramai dan bisa dijadikan area berlibur bersama keluarga. "Saya berharap area kuliner yang tersedia bisa lebih variatif dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau karena ini bisa jadi tempat berwisata bersama keluarga," tutur Ika.

Salah satu yang menarik adalah Arif (37) yang datang jauh-jauh dari Cirebon bersama keluarga khusus ke Jakarta Fair. "Saya berangkat bersama keluarga mulai dari subuh. Memang sengaja datang kesini karena mau ajak anak-anak liburan sekaligus penasaran dengan diskon-diskon di sini dan lihat di berita Jakarta Fair selalu ramai makanya penasaran," ungkap Arif.

Jakarta Fair masih berlangsung hingga 16 Juli mendatang. Beragam kemeriahan terus digelar dengan tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengunjung. Selain banyak promo spesial di tahun ke-50 ini, masih banyak musisi tanah air yang akan tampil menghibur di panggung konser. (Sum)

Top