TMMD, Pesta Rakyat Duri Bengkalis Penuh Haru dan Gembira

Redaksi


Fokus Indonesia.com - Puluhan ribu masyarakat Duri Bengkalis mulai anak anak, remaja dan para orang-orang tua dengan wajah sumringah berbondong-bondong ke stadion mini Pokok Jengkol untuk menyaksikan penutupan TMMD ke- 102 Kodim 0303/Bengkalis, Rabu (8/8/2018).

Kehadiran masyarakat ini sekaligus ingin menyaksikan secara langsung pejabat tinggi negara apalagi pejabat TNI dengan pangkat Jenderal yang berkunjung ke daerah mereka.

“Selain itu juga masyarakat ingin menyaksikan berbagai alutsista yang digelar di sekitar stadion dan berbagai atraksi seperti pawai budaya, drum band dan terjun payung,” begitu penuturan salah seorang masyarakat yang bernama Bapak Chaniago (62 tahun).

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono yang menutup TMMD menyampaikan, pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional Nawacita yang ingin mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran.

“Melalui pembangunan inilah, potensi yang ada di pedesaan harus dikembangkan dan kekurangan yang ada harus diatasi, guna mencapai pemerataan, pertumbuhan serta kemandirian desa secara berkelanjutan,”ujarnya.

Jenderal Bintang Empat ini menambahkan, salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke-102 TA 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tanggal 10 Juli s.d. 8 Agustus 2018 ini.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan, selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, TMMD yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun ini juga merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta Ketahanan Nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan khususnya generasi milenial.

Untuk menambah semarak penutupan TMMD juga digelar pengobatan massal, sunatan massal bagi 100 anak-anak, pembagian sembako 3500 paket dan donor darah. Disamping itu juga disiapkan berbagai jenis makanan secara gratis sebanyak 50 rombong/gerobak, sehingga kegiatan ini benar-benar menjadi pesta rakyat bagi masyarakat Bengkalis.

Ibu Sumiati (58 tahun) warga Bengkalis yang turut hadir pada penutupan TMMD ke-102, begitu terharu dan bangganya dengan Tentara, berkali kali dirinya mengucapkan terima kasih, karena kehadiran Tentara begitu memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi warga.

“Saya tidak menyangka, Bapak-Bapak Tentara sangat antusias bergotong-royong bersama-sama warga membangun desa kami, bahkan selama mereka (TNI) disini juga tinggal di rumah-rumah warga yang membuat kami makin nyaman,”tuturnya.

Turut hadir pada Penutupan TMMD ke-102 di Bengkalis ini Gubernur Provinsi Riau, Pangdam I/Bukit Barisan, Kapolda Riau, Para Asisten Kasad, Bupati, Walikota dan anggota FKPD Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau serta tokoh masyarakat dan lembaga adat Melayu.

Top