RCTI GELAR BIG AUDITION RISING STAR SEASON 3 DI KOTA SURABAYA

Redaksi

Fokusindonesia.com - Setelah sukses menggelar Rising Star Indonesia musim pertama dan keduanya, kini RCTI kembali bersiap untuk menyelenggarakan Rising Star Indonesiamusim ke-3. Kembalinya program Talent Search Rising Star di tahun 2018 sangat tepat apalagi jika melihat Indonesian Idol yang baru berakhir bulan Juni kemarin sangat sukses. Ini membuktikan ajang Talent Search di RCTI selalu dinanti tak hanya para pemilik bakat tapi juga para pemirsa di tanah air.

Rising Star pertama berhasil memunculkan nama INDAH NEVERTARI sebagai pemenang musim pertama dan ANDMESH sebagai pemenang musim kedua, ajang pencarian bakat bernyanyi ini akan menggelar babak audisi di beberapa kota di Indonesia, dan audisi pertama diadakan di Kota Bandung tepatnya di Gedung Sasana Budaya Ganesha - Sabuga. Setelah Bandung, audisi berikutnya akan digelar di Medan pada 29 September 2018. Kemudian berlanjut ke Surabaya (11/10/2018), dan berakhir di Jakarta (26,27,28/10/2016). Namun selain dari Audisi BIG CITY, Rising Star Indonesia juga akan melakukan special huntyang dilaksanakan di Yogyakarata (6/10/2018), Kupang (7/10/2018), Makasar (13/10/2018), dan Ambon (14/10/2018). Usai babak audisi, tahapan berikutnya adalah Room Audition.

"RCTI selalu dengan bangga menghadirkan program-program bermutu yang dapat menghibur seluruh masyarakat, dimana salah satunya adalah ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia yang tahun ini masuk season 3. Semoga dari ajang Rising Star Indonesia ini dapat tercipta idola baru Indonesia yang bisa diterima oleh seluruh pemirsa televisi,"kata Kanti Mirdiati, CEO RCTI.

Seperti season sebelumnya, babak Room Auditionkembali diadakan, di mana formatnya sama seperti judging Indonesian Idol, tetapi tanpa antrian. Di Room Audition, keputusan YES atau NO masih di tangan expert yang akan memilih kontestan-kontestan yang memiliki talenta untuk berhasil lolos ke babak Live Audition. Sama seperti pada musim sebelumnya, penentuan lolos atau tidaknya peserta dari babak Live Audition akan ditentukan melalui aplikasi, sementara expert hanya dapat menambah atau tidak poin kontestan.

Dalam babak Live Audition, masing-masing kontestan akan bernyanyi di belakang sebuah layar besar interaktif. Ketika jumlah suara YES kontestan telah mencapai 70%, maka layar akan naik dan kontestan lolos ke babak berikutnya. Selain suara YES dari pemirsa di rumah, suara YES dari empat expert juga akan menambah total suara kontestan sebanyak 7%.

Setelah babak Live Audition, selanjutnya adalah babak Live Duel. Kontestan yang lolos ke babak ini akan dipasangkan oleh para juri. Kontestan pertama yang tampil, ditentukan melalui lempar koin, bernyanyi dalam keadaan layar (wall) terangkat. Sedangkan kontestan kedua bernyanyi dalam keadaan layar tertutup. Jika jumlah suara kontestan kedua lebih tinggi dari kontestan pertama, maka layar terangkat dan kontestan kedua lolos ke babak berikutnya, sedangkan kontestan pertama tereliminasi.

Sebaliknya, jika kontestan kedua gagal menaikkan layar, maka kontestan kedua tereliminasi dan kontestan pertama lolos. Selain itu, kontestan yang tereliminasi dengan jumlah suara tertinggi akan diberi kesempatan untuk lolos ke babak berikutnya. Suara expert juga ikut memengaruhi hasil pemilihan suara peserta sebesar 7%. Dua atau tiga kontestan yang sudah lolos dari babak duel awal harus berduel lagi di babak Live Duel dengan tujuan mengerucutkan jumlah kontestan. Mekanismenya sama seperti babak duel awal. Fasilitas wildcard dari experttetap tersedia di babak ini.

Persyaratan untuk mengikuti audisi Rising Star Indonesia ini, adalah Pria & Wanita, dan memiliki usia minimal 15 tahun, serta mempunyai bakat bernyanyi yang menarik. Audisi ini dapat dilakukan secara, Solo, Duo, maupun Group. Audisi ini juga tidak dipungut biaya sama sekali.

"Kami berharap program Rising Star Indonesia season 3 bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dan berjalan lancar, mulai dari babak audisi hingga final nanti. Selain itu RCTI juga berharap juara Rising Star Indonesia tahun ini bisa menjadi idola dan panutan para talenta-talenta muda Indonesia untuk menujukan dan mengembangkan bakat yang dimilikinya dengan mengikuti ajang-ajang pencarian bakat lainnya yang diadakan oleh RCTI," ucap Angela Tanoesoedibjo, Managing Director RCTI.

Rising Star Indonesia merupakan acara realitas kompetisi menyanyi dan ajang pencarian bakat Indonesia yang mulai tampil di layar RCTI pada 28 Agustus 2014. Acara ini diadaptasi dari kompetisi menyanyi yang diadakan di Amerika Serikat yang juga bertitel Rising Star. Format program ini adalah dengan mengajak pemirsa untuk memilih kontestan melalui aplikasi. Rising Star Idonesia memenangkan Panasonic Gobel Awards untuk kategori Pencarian Bakat dan Reality Show terbaik pada tahun 2015.(Sum)

Top