KRI Silea-858 Tangkap Kapal Tanker Tanpa Setifikat Asuransi Kerangka Kapal Di Perairan Pulau Nipah

Redaksi



Jakarta, Fokusindonesia.com ,-- Keberadaan Unsur KRI Jajaran Koarmada I dalam memberantas kegiatan ilegal dan menegakkan hukum di laut terus membuahkan hasil. Kali ini KRI Silea-858 berhasil menangkap Kapal Tanker tanpa dikengkapi Sertifikat Pengoperasian Crane dan Sertifikat Asuransi Kerangka Kapal di Perairan Barat Pulau Nipah, Sabtu (9/2).

Penangkapan berawal saat KRI Silea-858 melaksanakan patroli sektor mendapatkan kontak kapal pada posisi 01° 09’ 73” U - 103° 37’ 37” T, tepatnya Perairan Barat Pulau Nipah. Menindaklanjuti hal tersebut, dengan sigap KRI Silea-858 melaksanakan proses Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan (Jarkaplid) dilanjutkan dengan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan terhadap muatan, personel dan dokumen kapal tersebut.

Dari hasil pemeriksaan diketahui nama Kapal MT. Mahoni Banda, Tonage 2.432 GT, Kebangsaan Indonesia, Jenis Kapal Motor Tanker, Pemilik PT. Segara Laju Perkasa, Jumlah ABK 18 orang (termasuk Nakhoda), Muatan Premium 1200 KL dan Bio Solar 2800 KL, Rute Pelayaran dari Tanjung Uban tujuan Lhokseumawe.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, Kapal MT. Mahoni Banda diduga melakukan pelanggaran karena Kapal tidak dilengkapi Sertifikat Pengoperasian Crane dan Sertifikat Asuransi Kerangka Kapal (WRECK REMOVAL) melanggar Pasal 203 ayat 5 jo 321 UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dengan ancaman kurungan 1 tahun dan denda 200 juta.

Berdasarkan dugaan kesalahan tersebut, maka Komandan KRI Silea-858 Mayor Laut (P) Romi Sitorus, S.E., memerintahkan agar Kapal MT. Mahogani Banda di adoc ke Lanal Batam untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.

Top
Warning: unlink(error_log): No such file or directory in /home/beritanu/public_html/fokusindonesia.com/media1_baru.php on line 487