Syukuran Peringatan HUT Ke-57 Satkopaska Koarmada I Tahun 2019

Redaksi


Jakarta, Fokusindonesia.com -- Dalam rangka memperingati HUT Ke-57 Komando Pasukan Katak TNI Angkatan Laut pada 31 Maret 2019, Satkopaska Koarmada I menggelar acara syukuran secara sederhana di Markas Komando (Mako) Satkopaska Koarmada I, Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Jumat (12/4).

Acara tersebut dihadiri Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kepala Staf Koarmada I, Komandan Guspurla Koarmada I, Komandan Lantamal III, Komandan Pasmar I, Ketua dan Pengurus Daerah Jalasenastri Koarmada I, Pejabat Utama Koarmada I, dan Para Prajurit Satkopaska Koarmada I.

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengatakan bahwa hari ulang tahun sejatinya merupakan sebuah refleksi atas perjalanan yang telah ditempuh, serta pencapaian yang telah diraih sejak kelahirannya sampai dengan sekarang. Demikian pula dengan Satuan Komando Pasukan Katak, dimana dalam 57 tahun pengabdiannya, Satkopaska telah dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan sangat baik di dalam setiap penugasan operasi sebagai bentuk darma bakti jiwa dan raga kepada TNI Angkatan Laut, TNI, Bangsa dan Negara. Terlebih lagi Kopaska merupakan salah satu elemen terpenting yang dimiliki TNI AL, sebagai penjaga dasar laut. Karena kedepannya keamanan maritim bukan hanya di permukaan laut saja namun sudah mencakup dasar laut.

Lebih lanjut Pangkoarmada I menyampaikan bahwa pencapaian tersebut hendaknya dimaknai sebagai sebuah integritas yang harus senantiasa dipupuk dan dipertahankan dengan penuh rasa tanggung jawab dan keihklasan. Keberadaan Pasukan Katak tidak boleh dipandang sebagai kebutuhan organisasi semata, karena seseorang menjadi Pasukan Katak adalah dorongan dan panggilan hati bagi prajurit-prajurit pilihan. Tidak hanya niat saja, tetapi dibutuhkan kesiapan fisik dan mental tinggi untuk menjadi seorang prajurit Kopaska yang handal, guna menghadapi medan tugas yang berat.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Pangkoarmada I memberikan penekanan kepada seluruh prajurit akan pentingnya peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam setiap kedinasan karena tugas kedepan semakin berat. Asah terus kemampuan yang saudara miliki, kapanpun organisasi ini, bangsa ini membutuhkan, kalian dapat menjawab dengan keberhasilan tugas dengan gemilang.

Sementara itu, Komandan Satkopaska Koarmada I Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prajurit Satkopaska Koarmada I yang telah menunjukkan loyalitas dan pengabdian kepada TNI AL khususnya Koarmada I. Berbagai tugas mulia yang telah dilakukan Prajurit Satkopaska Koarmada I dalam kurun waktu satu tahun ini diantaranya terlibat dalam SAR Lion Air di Perairan Karawang dan membantu korban bencana Tsunami Banten-Lampung. Selain itu, Prajurit Kopaska Koarmada I juga menujukkan prestasi di bidang olahraga baik di tingkat nasional maupun internasional. Tanhana Wighna Tan Sirna “Tidak Ada Rintangan Yang Tidak Dapat Diatasi”, semboyan tersebut hendaknya senantiasa terpatri dalam setiap jiwa prajurit Pasukan Katak dan sebagai pedoman hidup di dalam setiap penugasan.

Top