Klingking Fun Pesta Discon Nasional Anti Golput

Redaksi


Program ini dirancang untuk menaikkan tingkat partisipasi pemilih dan meminimalkan angka Golput. Lebih dari 250 brand dan gerai ternama ikut berpartisipasi.

Jakarta, Fokusindonesia.com - Menyambut dan merayakan pesta demokrasi-yang digadang-gadang media internasional akan menjadi salah satu pemilihan umum terbesar di dunia-ratusan pengusaha didukung Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Jaringan 107 Radio Peduli Pemilu, menggelar KlingKing FunPesta Diskon Anti Golput.

lni adalah program pemberian diskon khusus untuk para warga pemilih yang telah mencoblos di TPS=TPS di seluruh Indonesia pada tanggal 17 April besok. Besaran diskon blsa mencapai 50% dengan berbagai bentuknya. Program ini melibatkan lebih dari 250 brand dan jaringan retail temama, mulai dari toko online, fashion, makanan-minuman, sinema, dan banyak lainnya. Beberapa di antaranya adalah: Tokopedia, Sago, Seibu, Wacoal, Sushi Tel, Alfamart, Cinema XXL ACE Hardware, Electronic City, dan banyak lainnya.

Tokoh pengusaha nasional yang telah terlibat dalam hampir semua pemilu di negeri ini sejak 1971, Sofjan Wanandi, menyatakan pemilu Ini mencatat sejarah baru dalam hal partisipasi aktif pengusaha.

"Perlu dicatat, baru di pemilu ini saya melihat para pengusaha berbondong-bondong tampil terbuka mendukung dan berpartisipasi aktif. lni bagus sekali untuk demokrasi. Pengusaha harus berani mengambil sikap di masa-masa nasib Bangsa dan Negara ditentukan. Jangan malu-malu kucing Iagi. lni sudah bukan jamannya. Indonesia harus terus kita Jaga agar terus menjadisalah satu negara demokrasi terbesar di dunia," kata Sofjan dalam jumpa pers di Hotel 15 Luwansa, Jakarta, Senin 15 April 2019. "Setelah pemilu, pengusaha harus terus aktif ikut memastikan supaya Merah-Putih, Pancasila, Bhinneka Tunggal lka, dan UUD 1945 sudahlah final dan tidak boleh diutak-atik lagi.

Sejalan dengan Sofjan, Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan, "Kematangan berdemokrasi sebuah negara salah satunya diukur dari partisipasi warga negaranya dalam pemilihan umum. Perlu cara-cara kreatif untuk ikut mendorong hal ini. Pemilu serentak 17 April 2019 ini harus diwamai kegembiraan dan menebar banyak manfaat bagi warga negara dan juga dunia usaha." Kata Triawan, "Semoga program KlingKing Fun dapat memeriahkan pesta demokrasi terbesar ini."

Menteri Kominfo Rudiantara menyambut baik dan mendukung inisiatif KlingKing Fun sebagai salah satu program untuk melakukan sosialisasi pemilu dan meningkatkan partisipasi politik masyarakat.

"Selama ini, Indonesia diakui sebagai salah satu negara demokrasi terbesar. Yang ditunjukkan dengan tingkat partisipasi pemilihnya yang tinggl. Untuk itu, jajaran Kominfo bekerja sama dengan semua media nasional dengan berbagai platform, termasuk TV-TV nasional, terus melakukan sosialisasi secara nasional agar jumlah pemilih bisa kita tingkatkan lagi pada penyelenggaraan Pilpres dan Pileg serentak di tahun 2019 ini. KlingKing Fun merupakan inisiatif dan terobosan yang sangat baik dan telah kami integrasikan ke dalam program sosialisasi Pemilu 2019 secara nasional.

Perihal teknis pelaksanaan KlingKing Fun,tokoh pengusaha perempuan nasional, Shinta Kamdani, menjelaskan brand partners yang tergabung dalam program Klingking Fun, berasal dari brand lokal maupun internasional. "Lebih dari 250 brand telah bergabung dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah karena program ini tidak hanya digelar di Jakarta. Di beberapa daerah, brandbrand lokal juga ikut berpartisipasi," kata Shinta. ”Kami terus-terang kewalahan, tapi
juga sangat bergembira melihat teman-teman
pengusaha begitu antusias mendukung KlingKing Fun."

Suryadi Sasmita, pengusaha nasional pemilik brand Wacoal, juga menjelaskan balm: KlingKing Fun bersifat netral untuk semua warga pemilih. "Lewat Klingking Fun, kaml ingin memberikan

kegembiraan bagi masyarakat pada Pemilu 2019. Jadl dapat kami pastikan Klingking Fun tidak ada urusannya dengan harus memilih slapa atau partai apa. Klingking Fun murni Inisiatif pengusaha untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih Pemilu kemudian bergembira bersama-sama kduarga dan sahabat untuk memanfaatkan berbagai diskon yang ada."

"Caranya mudah, tinggal tunjukkan atau foto jari yang dicelup tinta biru tanda sudah modes. Pemilih langsung bisa mendapatkan diskon, voucher, dan banyak promo lainnya, Shinta Kamdani menambahkan.

Pesta diskon Pemilu Klingking Fun menyasar 192 juta pemllih yang tercatat di Daftar Pemerintah Tempat Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019. Tingkat partisipasi pemerintah di pemilu pemilu Indonesia di Era Reformasi tergolong sangat tinggi: 84% pada Pemilu 2004, 71% pada Pemilu 2009, dan 74% pada Pemilu 2014 lalu. KPU menargetkan tingkat partisipasi pada Pemuu 2019 mencapai 77.5%.

"Mudah-mudahan dengan adanya KIingKing Fun ini, tin hingga mencapai 80%,"kata Sofjan, optimistis. Angkat partisipasi pemilih bisa kita tingkatkan dan di hadiri oleh jajaran pengusaha nasional sbb:

Adhi Lukman, Ketua Umum GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Seluruh Indonesia)

Fetty Kwartati, DPP Hippindo (Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia)

Tutum Rahanta, Wakll Ketua Umum Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia)

Sanny lskandar, Ketua Umum HKl (Himpunan Kawasan lndustri)

Anne Patricia Sutanto, Wakil Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia Dll

(Sum)

Top