Lebaran Betawi Yang Ke 12 Akan Digelar Di Monas

Redaksi

Jakarta, Fokusindonesia.com - Di tengah derasnya arus globalisasi dan perubahan zaman, bertahan dengan tradisi dan kebudayaan yang diwariskan sejak masa leluhur bukan perkara mudah, dari tanah leluhurnya itu, masih mampu bertahan dengan menggelar Lebaran Betawi yang rutin diadakan setiap tahun.

Badan Musyawarah (Bamus) Organisasi Masyarakat Betawi Sebagaimana disampaikan Ketua Panitia Lebaran Betawi 2019, ada tiga pesta besar masyarakat asli ibu kota itu, yaitu Lebaran Idul Fitri, Lebaran Idul Adha, dan Lebaran Betawi

Sejak 2008 ada tiga pesta besar masyarakat asli ibu kota itu, yaitu Lebaran Idul Fitri, Lebaran Idul Adha, dan Lebaran Betawi Jakarta Lebaran Betawi 2019 Akan digelar di Monumen Nasional (Monas) Ketua panitia Acara Eky Pitung Yang sempat di wawancarai Media mengatakan : Tradisi orang Betawi ini adalah satu tradisi orang Betawi kalau Betawi itu satu minggu setelah hari raya Idul Fitri biasanya di setiap setiap wilayah daerah itu saling kunjung mengunjungi itu namanya lebaran orang Betawi bisa dibilang lebaran Rantangan

Satu agenda keunggulan Bamus Betawi dari dana hibah yang setiap tahun untuk nama Orang Betawi ini menjadi program unggulan di dalam program unggulan ini ada perbedaan mengenai peningkatan ya dari satu sampai ke-11 ini bukan berarti tidak bagus, bagus semua menjadi unggulan nya adalah hantaran itu dari 5 Walikota di dari 5 Walikota suka lantaran ke gubernur dan ketua umum baru kali ini ada tambahan unggulannya karena kita menyangkut ada Perda dan Pergub pelestarian budaya Betawi Perda Nomor 4 pergubnya 229, Tentang pelestarian budaya Betawi yang sudah dilegalkan!

Artinya selama ini memungkinkan budaya tahu itu apa cuman ceremony Mandiri apa semua ini sekarang udah resmi diakuin lah bahwa melestarikan budaya Betawi itu sudah menjadi hukum itu menjadi udah ada payung hukumnya itu rangkaiannya menurun sampai ke tingkat kecamatan kantor lurah ornamen Betawi sudah berkembang tuh sejak dari tahun 2015 ke sini udah munculnya Pergub ini 2016.

Dalam agenda Lebaran Betawi ini kita ingin melibatkan mereka selama ini 1 sampai 11 Kecamatan Kecamatan nya nggak terlibat penuh jadi hanya walikota-walikota itu ya Nah ini sekarang kita ajak mereka karena mereka adalah juga ikut melestarikan di tingkat kecamatan nya dengan acara lembar betawi 44 Kecamatan.

Ini nanti kita bikin ada istilah Betawi yang udah hampir punah dengan bahasanya istilahnya sorendo rendo kalau orang tahu itu bilang sarendo rendo tuh gerombolan tapi bukan yang negatif Kayak misalnya bukan kalau orang rame-rame nih kumpulan mau datang ke satu rumah begitu itu ramai-ramai kumpul-kumpul Nah itu disebutnya itu Sarendo rendo ama orang Betawi dulu datang Serindo rindo deh gitu rame-rame itu kita jadikan Serindo rindo budaya Betawi, 44 Kecamatan ini nanti karnaval entah itu mereka mau pokoknya wajib mereka berbusana Betawi wajib Juga misalnya di dalam Kecamatan nya kan Hampir rata-rata ada RPTRA.


Mereka juga ada pesilat pesilat ngajar silat itu mereka suruh ikut jadi karnaval ini yang kita jadikan icon unggulan lagi selain antaran di Lebaran Betawi jadi kita istilahkan sarendo rendo budaya Betawi ini 44 Kecamatan mulai dari jam 6 pagi di bundaran HI start nya sampai ke Monas pokoknya carfreeday itu dimanfaatkan Insya Allah pak gubernur akan memberikan informasi bahwa khusus tanggal itu 7 Juli nanti. kan lima enam tujuh 7 Juli nya ini warga masyarakat Jakarta jadi penonton dulu jadi itu jalan dikosongin carfreeday khusus untuk budaya Betawi ini juga pertemuan kami dari Bamus Betawi.

Carfreeday itu ada 1 dalam 1 bulan bisa 1 kali khusus untuk buat orang Betawi karena dalam anggaran budaya festival budaya sepanjang tahun akan mau kita apa sih semacam dimulainya mulailah di situ nanti di carfreeday itu nanti akan ada penampilan budaya Betawi Kusus dari kecamatan-kecamatan. bentuknya karena apa sebenernya sih kita tuh karnaval gitu ya tapi atau pawai rindu rindu ini ya apa kita ketahui tahu rumah adat yang masing-masing punya span masing-masing tapi itu bentuk investasi yaitu rumah adat benar-benar dibangun rumah artis yg jadi nanti akan Ramai bener kalau mau lihat tumplek blek nih orang Betawi ya di situ jadi kita se-jabodetabek."ujarnya

Tangal 5,6.7 Jumatnya itu kita ada semacam Maulid ya artinya ada salah itu ulama-ulama pengurus bamus apa semua kita doa untuk bangsa untuk negeri gitu ya untuk acara itu itu bang Jumatnya atau Sabtu pagi sudah kita mulai acara acara semacam kolosal silat silat silat tradisi Betawi ada turun 300 silat betawi se-jabotabek lalu Ada festival lombaan lombakan lomba bikin kembang," Jelasnya (Sum)

Top