Metrodata Solution Day 2019: PT Metrodata Electronics Tbk Hadirkan Solusi Big Data & Secured DevOps

Redaksi



Fokusindonesia.com, Jakarta - PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata) hari ini (15/8) menggelar Metrodata Solution Day (MSD) 2019 yang ke 16 kalinya.

Ini sebuah ajang ajang pertemuan akbar bagi user teknologi informasi (Tl) di Indonesia dengan merangkul seluruh pemain Tl terbesar di dunia dalam satu panggung.

Melalui topik Big Data & Secured DevOps: Center of Your Digital Transformation, dalam dua tahun terakhir Metrodata melihat perkembangan kebutuhan pelanggan dalam Big Data dan Data Visualization (Analytics) semakin meningkat yang berdampak pada nilai bisnis yang semakin besar.

Oleh karenanya, MSD 2019 membuat terobosan baru dengan menggandeng empat komunitas untuk memberikan wawasan lebih tentang Big data dan Secured DevOps saat ini.

Mereka adalah komunitas DevOps Indonesia, Data Science Indonesia, Cyber Defense Indonesia dan DevSecOps Indonesia.

"Melalui spesialisasi dari masing-masing komunitas, mereka akan hadir di track sessions memberikan topik Big Data & Secure DevOps untuk berdiskusi dan berdialog dengan prinsipal dan pelanggan," kata Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk di Jakarta, Kamis (15/8).

Selain itu, MSD 2019 juga menghadirkan Customer Talks sebagai sesi berbagi insipirasi atas penerapan terkini solusi Big Data dengan nara sumber Vira Shanty, ChiefData Officer OVO dan Kaspar Situmorang, Executive Vice President Digital Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Sedangkan untuk topik Secured DevOps menghadirkan nara sumber Kristian Oktavianus (Ch. Dona), CEO CyberMANTRA Perkasa Sumberarta dan Frenky Guslove, Digital Banking Technical Chapter Lead BTPN.

"Strategi diversifikasi segmen bisnis dan produk yang diterapkan Metrodata sejak beberapa tahun lalu menjadi salah satu penunjang terbesar positifnya kinerja di semester I tahun 2019," jelas Susanto.

Tidak hanya terhadap diversifikasi produk namun juga terhadap segmen bisnisnya. Di awal tahun 2019, kata Susanto, pihaknya memutuskan untuk melakukan konsolidasi bisnis dan membentuk unit bisnis baru yaitu Big Data & Analytics yang di dalamnya terdiri dari Business Intelligence, Data Management, Big Data, Machine Learning, Enterprise Performance Management dan Social Media & Sentiment Analytics.

"Dengan konsolidasi kompetensi di grup Metrodata ini, kami akan lebih solid dan lebih matang dalam memberikan solusi yang lengkap kepada para pelanggan kami karena didukung oleh unit bisnis Big Data & Analytics yang terpusat," tutur Susanto.

Untuk memastikan bahwa solusi yang ditawarkan memiliki daya jual tinggi, Metrodata sudah menerapkan beberapa solusi seperti Cloudera, Talend, Qlik, SAP Business Objects, dan Microsoft Power BI untuk solusi Big Data & Analytics baik yang on premise maupun berbasis cloud. Serta solusi DevOps dengan Red Hat Openshift dan Pivotal.(Sum)

Top