Keberhasilan Perusahaan Group Enesis Dalam Mengimplementasikan Program Sistem SAP ERP

Redaksi

Fokusindonesia.com,Jakarta - Guna menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan dan kebutuhan rumah tangga. PT Enesis Group mengimplementasikan program SAP ERP system. Hal tersebut dikupas dalam diskusi dengan tema "Kisah Sukses Implementasi Program SAP" oleh Enesis Group.

"Tujuannya guna menyoroti penerapan program System Application and Product in Data Processing (SAP) yang terintegrasi di seluruh fungsi di Enesis Group," ujar COO Enesis Group Budiman Goh usai diskusi, di The Westin Jakarta, Padang Room, Level 1, Jl H. R. Rasuna Said Kuningan Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Budiman Goh menuturkan, dengan terimplementasinya data dengan cepat dan tepat waktu (6 bulan) kami dapat meningkatkan integrasi perencanaan sehingga meningkatkan efektivitas pelaksanaan operasional. “Seluruh jajaran dapat memiliki akses atas informasi yang akurat dan tepat waktu," katanya.


Sehingga diharapkannya, sehingga memudahkan Group dalam pengambilan keputusan, hal ini juga dapat menjangkau distributor dan kami integrasikan data-data. Ketika masuk perencanaan menjadi akurat. "Systemnya real time, kita bisa menggunakan interprase menggunakan data mereka,"harapnya.

Budiman mengatakan data-data yang disajikan tersebut akurat, pada internal maupun dieksternal. Nah, mengenai tahapannya, katanya, sampai dua bulan ini akan selesai. Memang diakuinya, di awal dilakukan secara bertahap dibagian tertentu, by fungsi.

"Ada yang masih dalam perbaikan kecil, di data base sedikit perbaikan, dilakukan di bulan pertama dan untuk pendampingan," ujarnya. Tantangan kedepan, lanjutnya, bagaimana mengintegrasikan yang di luar masuk kedalam system.


"This is just begining, perjalanan awal kedepan menggunakan system terintegrasi, PR kita masih banyak. Yang mana kepala guritanya sudah ada, tinggal tangannya agar bisa menjangkau lebih jauh. Menerjemahkan experience,"ungkapnya.

Namun demikian, menurutnya, perjalanan masih panjang. Yang mana SAP adalah market leader di software Enterprise Resource Planning (ERP) di dunia dan telah membantu berbagai macam ukuran perusahaan di berbagai macam industri.

Dengan reputasi SAP terimplementasi di lebih dari 400 ribu perusahaan di dunia, kami memutuskan untuk menggunakan program SAP. "Dengan menggandeng SAP sebagai partner strategis adalah langkah strategis mengintregasikan proses end to end dari pembelian hingga penjualan secara tepat waktu dan akurat.

"Kami senang menjadi bagian dari perayaan Go-live Enesis SAP S/4 HANA (ERP), SAP Analytics cloud (SAC) dan SAP business Planing and Consolidation (BPC). Dengan memilih SAP, Enesis sedang dalam perjalanan untuk menjadi perusahaan yang cerdas. Sebagai pemain terkemuka di industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) kami menantikan perjalanan transformasi digital Enesis karena telah meningkatkan produktifitas dan operasi yang akan mengarah pada pengalaman karyawan dan pelanggan yang lebih baik,"ujar Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia dalam kesempatan yang sama.

Dalam road map nanti prioritas dijalankan pergudangan yang efisien. Sejauh ini on the track. Dengan pertumbuhannya nasional dan harus punya pasar baru ekspor dan mengembangkan multi chanel farmasi masuk ke toko obat.

"Data base kami tercepat di dunia, di era industri 4.0 untuk memproses data yang real time. Enesis melakukan one step menjadi intelegent proses. Semuanya pun harus tranparan dan terbuka. Dari situ kami berkembang, dan mencapai status kami sekarang ini dan diback office, ini era kompetisi memperbaiki ekonomi,"ujar Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro,.

SAP katanya, telah menguasai 73 persen transaksi di dunia yang menyentuh pada system SAP. “Itu cara dunia kami menyentuh pangsa pasar,” ungkapnya. President Director PT Soltius Indonesia Ketut S. Kamayana menuturkan dalam waktu enam bulan ini kerja sama yang baik dilakukan oleh seluruh tim Enesis. Tim bersama-sama menentukan apa yang menjadi prioritas.

"Kami tidak akan berhenti sampai di sini. Ini bisnis solution dengan menggunakan teknologi tercanggih SAP," tandasnya. Lebih dari 20 tahun, katanya, pihaknya memegang NSP dan bisnis di retail, farmasi, dll. Salah satu alasan kami mendelivery ontime, dan membawa experience.

"Salah satu hal yang penting. Kami berharap perkembangan kedepan dapat berkontribusi menyumbangkan ide dan konsep yang membawa value kedepannya. Dengan target ke depan kita ingin Go Publik,"tutur dia.

Sementara itu, Budiman mengungkapkan pihaknya berkomitmen mengembangkan inovatif, memperluas baik secara global maupun lokal. "Kami berkomitmen memanfaatkan portofolio solusi yang inovatif guna memberikan nilai maksimal pada pelanggan kami," tutur Ketut.(Sum)

Top
Warning: unlink(error_log): No such file or directory in /home/beritanu/public_html/fokusindonesia.com/media1_baru.php on line 487