PEMENANG SAYEMBARA DESAIN MASJID APUNG ANCOL DIUMUMKAN

Redaksi



Fokusindonesia.com, Jakarta, 21 November 2019 - Sayembara Gagasan Desain Masjid Apung yang diselenggarakan oleh Taman Impian Jaya Ancol bekerjasama dengan PT Tempo Inti Media dan Ikatan Arsitek Indonesia sudah mencapai fase puncak. Pengumuman pemenang sekaligus malam penghargaan diselenggarakan di Gedung North Art Space, Pasar Seni Ancol pada Kamis, 21 November 2019.

Setelah pendaftaran dibuka pada 25 September hingga ditutup pada 25 Oktober 2019, tercatat berhasil mengumpulkan sebanyak 122 karya. Peserta pun berasal dari berbagai kota di Indonesia bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri.

Dari seluruh karya yang masuk, 8 karya berhasil lolos sebagai finalis. Semua finalis berkesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan dewan juri. Dari 8 finalis, hanya akan terpilih 1 pemenang utama yang akan mendapatkan hadiah senilai 60 juta rupiah. Sementara itu juara 2 akan mendapatkan hadiah senilai 20 juta rupiah serta juara 3 & 4 masing-masing akan membawa pulang hadiah 15 juta rupiah.

Hadir dalam acara ini yaitu Febrina Intan selaku Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Meiky Sofyansyah selaku Direktur PT Tempo Inti Media Tbk dan juga Budi Setyarso selaku Pemimpin Redaksi Koran Tempo. Selain itu hadir pula ketiga dewan juri yaitu Ir. H. Achmad Noerzaman, Ir. Tateng K. Sjajasudarma serta Ir. Puguh Harijono

Program sayembara gagasan desain ini merupakan merupakan program kerjasama Ancol dengan Tempo dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan para arsitek untuk menuangkan karyanya khusus pada arsitektur masjid. Nantinya desain yang terpilih akan menjadi acuan Ancol untuk mengembangkan atau pun membangun masjid apung baru di kemudian hari.

Berbeda dengan sayembara gagasan desain, sebelumnya Ancol juga telah melakukan pemancangan tiang pertama pembangunan Masjid Apung Ancol di Kawasan Pantai Ria Ancol. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu, 9 November 2019. Dihadiri oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan serta Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla. Arsitek Andra Matin menjadi konsultan desain pada Masjid Apung Ancol .(Sum)

Top