KRI TELUK HADING DUKUNG SATGAS PAMTAS WILBAR SANDAR PONTIANAK

Redaksi



Fokusindonesia.com, Jakarta, 1 Desember 2019 - Satya Wira Jala Dharma. KRI Teluk Hading 538 yang melaksanakan tugas operasi angkutan laut militer, mendebarkasikan prajurit Yonif 133 Yudha Sakti di pelabuhan Dwikora, Pontianak, Sabtu (30/11). Pasukan ini akan melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia.

Sesaat setelah sandar di pelabuhan Dwikora, dilaksanakan proses debarkasi langsung dilaksanakan. Komandan KRI Teluk Hading 538 Letkol Laut (P) Roni, M.Tr. Hanla memerintahkan prajuritnya untuk melaksanakan debarkasi personel dan materiil Satgas pasukan dari Kodam I Bukit Barisan ini. Senada dengan Komandan KRI, Letkol Inf Endik Hendra Sandi Komandan Yonif 133 Yudha Sakti juga memerintahkan prajuritnya untuk membantu proses debarkasi material satgas perbatasan ini.

Menurut Komandan KRI Letkol Laut (P) Roni, M.Tr. Hanla, selama pelayaran berjalan lancar. Cuaca sangat mendukung. Kemudian kondisi prajurit KRI maupun pasukan yang diangkut semua dalam keadaan kondisi baik dan sehat.

“Kondisi pasukan selama dalam pelayaran dalam keadan baik, demikian juga cuaca sangat mendukung. Moril prajurit/pasukan selama dikapal tinggi sebagai motivasi untuk melaksanakan tugas,” jelas komandan KRI.

Sementara itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., mengatakan pergeseran pasukan ke seluruh wilayah Nusantara merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina tunggal sistem Angkutan Laut militer. Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah perbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran pasukan, material dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI.

“Kapal perang Kolinlamil selalu siap untuk mendukung pergeseran pasukan dan material ke seluruh wilayah NKRI dalam rangka operasi militer. Sudah menjadi tugas pokoknya untuk mendukung operasi angkutan laut militer sesuai perintah Panglima TNI” jelas Panglima Kolinlamil.

KRI Teluk Hading 538 adalah salah satu kapal perang TNI Angkatan Laut jenis LST yang aktif dalam melaksanakan tugas operasi Serpas di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta. (Dispen Kolinlamil).

Top