Dorong Digitalisasi sektor energy, IYKRA bersama pemimpin industri bekerjasama lewat Circle of Data

Redaksi




Fokusindonesia.com, Jakarta, 12 Agustus 2020 Circle of Data Leaders adalah acara eksklusif bagi para pemimpin perusahaan dari Sektor Energi untuk bertemu dengan para ahli energi dan profesional data. Bertemakan Reinforcing the Sector Energy: Operasional Excellence With Data Analyncs, membahas tentang tantangan dan prospek masa depan Energi serta mencari tahu peran teknologi data dalam mendukung Industri. Diselenggarakan oleh IYKRA, acara ini diadakan live streaming melalui Zoom Conference.

Melalui Circle of Leaders, IYKRA sebagai perusahaan yang berfokus pada Technology & Talent Development di area data-business innovanon memperkenalkan keunggulan operasionai dengan Big Data Analyncs pada sektor energi. Mengundang pakar industri dan profesional data untuk berdiskusi dan membuat inovasi baru guna mengoptimalkan digitalisasi sektor energi bersama, Amien Sunaryadi, President Commissioner of PT PLN Persero, Jaffee Arizon Suardin, Deputy of Business Planning of SKK Mugas, Agus Abdullah, Geodwipa Cloud Compunng, Dorman Purba, Energy Consultant of The World Bank, Randy Condronegoro, Senior Risk and Insurance Supt, PetroChina International, Yunita Dyah, Senior Reservoir Engineer at Premier Oil, Epo Kusumah, Lecturer of Universitas Pertamina dan masih banyak speakers hebat Iainnya.

“Circle of Data Leaders merupakan salah satu misi kami (IYKRA) untuk memperkenalkan pentingnya mengimplementasikan teknologi data untuk mengembangkan dan memajukan industri di era digital saat ini. Sebagai event perdana, harapannya kami (IYKRA) dapat menjadikan acara ini sebagai acara rutin yang dapat menghasilkan inisiasi-inisiasi nyata dalam berbagai sektor industri. Jadi, tidak hanya untuk sektor energi saja, Melainkan, bisa menggapai industri Iain seperti manufaktur, perbankan dan sektor Iainnya,” ungkap CEO IYKRA, Fajar Jaman.

Circle of Data Leaders, mengumpulkan dan menghubungkan Pemimpin Data dari sektor industri tertentu dengan data dan pakar industri untuk membahas tentang peran teknologi data dalam mengatasi masalah bisnis saat ini dan mempersiapkan tren bisnis masa depan. Dengan bantuan teknologi dan kompetensi metodis Big Data Analytics, penyedia energi dan operator jaringan dapat memperoleh pengetahuan baru dari data reaI-time, sensor jaringan, dan geodata. Minyak dan Gas sebagai industri terbesar di sektor ini tidak terkecuali mempernmbangkan tren ini.

”Perusahaan minyak dan gas terus menghadapi sejumlah tantangan khusus industri, termasuk kurangnya visibilltas ke dalam proses operasional yang kompleks, kesulitan peningkatan kinerja, manajemen siklus hidup peralatan, kom pleksitas |ogisnk, dan pemenuhan peraturan lingkungan. Maka dari itu, sudah saatnya kita membuat strategi pengembangan industri dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi data mengikuti tren era digital yang sedang berjalan teknologi dan kompetensi metodis Big Data Analytics, penyedia energi dan operator jaringan dapat memperoleh pengetahuan baru dari data real-nme, sensorjaringan, dan geodata. Minyak dan Gas sebagai industri terbesar di sektor Ini tudak terkecuali mempertimbangkan tren ini.

“Perusahaan minyak dan gas terus menghadapi sejumlah tantangan khusus industri, termasuk kurangnya visibilltas ke dalam proses operasional yang kompleks, kesulitan peningkatan kinerja, manajemen siklus hidup peralatan, kompleksitas logisnk, dan pemenuhan peraturan lingkungan. Maka dari itu, sudah saatnya kita membuat strategi pengembangan industri dengan
mengoptimalkan pemanfaatan teknologi data mengikuti tren era digital yang sedang berjalan ini," jelas Amien Sunaryadi selaku President Commisioner, PT PLN Persero.

Dalam acara Circle of Data Leaders, IYKRA menunjukkan tahap demi tahap tentang bagaimana AI dan Teknologi Data dapat memecahkan tantangan bisnis energi. Dengan penjelasan dan pemaparan pemanfaatan Big Data Analytics yang dapat membuat improvisasi untuk menjawab tantangan sektor energi bagaimana mengolah data seismik, mengopnmalkan proses
pengeboran, meningkatkan teknik reservoir, analmk sensor untuk keamanan logistik, meningkatkan manajemen aset hingga peramalan permintaan dan penawaran.

"Dalam menanggapi tantangan-tantangan tersebut, ini perlu kerja keras. Diperlukan transformasi digitalisasi lndustri Minyak dan Gas di Indonesia sehingga bisa terpantau secara realtime dan online semua kegiatan operasional hulu migas yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan implementasi Big Data Analyncs ini, harapannya dapat menghasilkan optimalisasi perencanaan fasilitas, support pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat serta analisis yang menyeluruh sehingga beruwng kepada target optimasi produksi dan ehsiensi biaya." ujar Jaffee Arizon Suardin yang merupakan Deputy of Business Planning, SKK Migas.

Circle of Data Leaders melibatkan stakeholders publik yang berkompeten untuk pemaparan dan penjelasan kondisi dan kebutuhan industri sektor energi, sehingga kita dapat mengangkat topik bahasan yang relevan, aktual dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Circle of Data Leaders kali ini turut didukung oleh Strategic Partners diantaranya Himpunan Ahli Geohsika Indonesia (HAGI) dan Data Science IndoneSIa (DSI), dan juga didukung oleh beberapa Community Partners diantaranya SPE Ballkpapan Secnon, Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), SPWLA, AAPG dan JSC. (Sum)



Top