Peduli Kesehatan Pelanggan KA, KAI Daop 1 Jakarta Bagikan Ribuan Masker

Redaksi



Fokusindonesia.com, Jakarta - Di tengah masa pandemi Covid-19, transportasi Kereta Api (KA) tetap beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat. Demi mewujudkan perjalanan penumpang KA yang aman, nyaman serta sehat PT Kereta Api Indonesia (Indonesia) Daop 1 Jakarta pun berinisiatif membagi-bagikan masker kepada pengguna KA baik di Stasiun Gambir dan Pasarsenen, pada Selasa (3/11).

"Ribuan masker yang dibagikan kepada pengguna KA keberangkatan dari wilayah Daop 1 Jakarta merupakan bentuk komitmen KAI untuk menghadirkan transportasi umum yang #AmanDanNyaman, serta mendukung Program 3M di masa Adaptasi Kebiasaan Baru," jelas Eva Chairunisa, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta.

Hari ini, pembagian masker akan dilakukan pada penumpang KA 72 Bima keberangkatan 16.40 WIB dan KA 46B Argo Parahyangan keberangkatan 18.10 WIB dari Stasiun Gambir.

Dilanjutkan esok hari Rabu (4/11) pada penumpang KA 10 Argo Dwipangga keberangkatan pukul 08.00 WIB, KA 4 Argo Anggrek pukul 08.15 WIB dari Stasiun Gambir, dan KA Matarmaja 292 (keberangkatan pukul 10.30 WIB) dan KA 256A Kertajaya (keberangkatan pukul 14.10 WIB) dari Stasiun Pasarsenen.

Eva menambahkan, ribuan masker akan dibagikan, sebagai bentuk program tanggung jawab sosial perusahaan, dalam rangka memerangi COVID-19. Dan diharapkan melalui kegiatan ini Kereta Api tetap menjadi pilihan transportasi yang mengedepankan protokol kesehatan, sesuai yang dianjurkan oleh Pemerintah.

Selain itu, KAI juga mengajak penumpang KA yang mendapatkan masker saat pembagian dapat me-share foto dan pengalamannya di feed media sosial kalian dengan me-tag akun KAI121 dan sertakan hashtag #KAIPeduliPelanggan pada postingan kalian. Penumpang KA yang beruntung bisa mendapatkan 15 Goodybag Eksklusif dari KAI.

Selain itu, antisipasi lainnya terhadap penyebaran Covid-19, pelanggan KA yang ingin naik KA wajib melampirkan surat keterangan rapid test dan pengecekan suhu tubuh normal yang dilakukan secara berkala sejak dari stasiun keberangkatan dan selama perjalanan di atas KA. Pengguna KA juga diwajibkan menggunakan Faceshield saat tiba di stasiun tujuan, dan dihimbau untuk memakai baju lengan panjang.

Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika sewaktu2 diperjalanan kedapat penumpang dengan suhu tubuh 37,3 atau lebih. Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di Stasiun terdekat yg memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan

PT KAI Daop 1 juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta. Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_(Sum)


Top