Connect with us

TNI AL

7 Anggota Pramuka Saka Bahari Pangkalan TNI AL Bandung di Lepas Untuk Ikuti Event Pelantara 11 Sail Teluk Cendrawasih Tahun 2023

Published

on

7 Anggota Pramuka Saka Bahari Pangkalan TNI AL Bandung di Lepas Untuk Ikuti Event Pelantara 11 Sail Teluk Cendrawasih Tahun 2023

TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., melepas sebanyak 7 Anggota Pramuka Saka Bahari Binaan Lanal Bandung diberangkatkan menuju Kolinlamil Jakarta untuk mengikuti Event Pelantara 11 Sail Teluk Cendrawasih Tahun 2023 di Biak Papua, Rabu (08/11/2023).

Danlanal Bandung mengatakan bahwa “Sail Cendrawasih 2023” ini akan diikuti oleh perwakilan Saka Bahari dari seluruh Indonesia. Diharapkan dapat memanfaatkan waktu untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Jaga kesehatan kalian selama mengikuti kegiatan. Apabila memiliki cita-cita menjadi TNI AL jaga kesehatan dan belajar yang baik supaya nilai pelajarannya baik. Selama mengikuti pelayaran, banyak bertanya kepada personel KRI supaya kegiatan kalian mendapatkan banyak pengalaman. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Jumlah pemuda Saka Bahari 7 anggota merupakan Binaan Lanal Bandung yang berasal dari SMKN 2 Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari 4 orang (3 pria dan 1 wanita), SMKN Cikalong Kabupaten Tasikmalaya 2 orang pria, serta SMK Sangkuriang 1 Cimahi Bandung 1 orang wanita.

Route Pelantara dimulai dari Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta – Makassar – Sorong – Biak Numvor (Perkemahan) – Waropen, Kepulauan Yapen dan Sami Provinsi Papua – Sorong – Makassar – Tanjung Priok Jakarta.

(Pen Lanal Bandung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Rayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Pangkalan TNI AL Simeulue Laksanakan Penyembelihan dan Penyerahan Hewan Qurban Kepada Masyarakat

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana, S.T., M.T., M.Tr.Opsla., didampingi Ketua Cabang 8 Korcab l DJA I Ny. Meylina Oyu Mulia,
hadiri pelaksanaan penyembelihan dan penyerahan Hewan Qurban untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M oleh Panitia Kurban yang dilaksanakan di Komplek TNI AL Mako Lanal Simeulue, Senin, (17/06/2024).

Penyembelihan hewan kurban sebanyak satu ekor sapi dan tiga ekor kambing dilaksanakan disekitar Komplek Mako Lanal Simeulue yang dihadiri seluruh personel Lanal Simeulue yang selanjutnya daging kurban tersebut dibagikan kepada masyarakat disekitar Mako Lanal Simeulue.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Simeulue menyampaikan bahwa Berkurban merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah diberikan Nya kepada kita pada hari raya ini, umat Islam yang mampu dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba. Daging hewan kurban kemudian dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan terutama kepada mereka yang kurang mampu. Kegiatan ini mengajarkan nilai-nilai berbagi, kepedulian sosial, dan solidaritas terhadap sesama.

Selanjutnya Danlanal Simeulue menyampaikan, Semoga dengan semangat Hari Raya Idul Adha ini kita mampu mengatasi berbagai ujian dan cobaan, senantiasa saling berbagi dengan sesama serta menyongsong masa depan yang lebih baik dibawah pancaran nilai-nilai Islam.

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA MENGIKUTI SHALAT IDULADHA 1445 H/2024 M DI KOLAT KOARMADA I

Published

on

By

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. dan Ketua Koordinator Cabang (Korcab) III Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Ny. Neneng Harry Indarto melaksanakan Shalat Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijjah 1445 H/2024 M yang dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., dengan Imam shalat Iduladha Ustadz Farhan Imam tetap masjid Nurul Bahri dan Khotib Dr. K.H. Ahmad Zubaidi, M.A. Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat bertempat di lapangan sepak bola Kolat Koarmada I Kodamar, Jakarta Utara, Senin (17/06/2024).

Khotib dalam khotbahnya mengatakan “Sejak tadi malam terdengar gema takbir, tahlil, dan tahmid saling bersahutan memenuhi ruang angkasa raya dalam menyambut Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M. Pada momentum Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M kali ini, mengingatkan kembali ingatan kita tentang keindahan ajaran agama Islam melalui ibadah yang hanya bisa dilaksanakan saat Iduladha pada bulan Dzulhijah yakni ibadah kurban. Hikmah spiritual yang terkandung di balik disyariatkannya ibadah kurban adalah menghidupkan makna dari pengorbanan yang begitu agung yang telah dialami oleh Nabi Ibrahim Alaihis Salam (AS) tatkala Allah Subhanahu Wata’ala (SWT) memberikan ujian agar menyembelih putranya Nabi Ismail AS. Kemudian Allah SWT menggantinya dengan sembelihan yang agung, yaitu seekor domba yang secara khusus Allah SWT turunkan dari surga kepada Nabi Ibrahim AS dan memerintahkan agar menyembelihnya. Hal itu setelah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dengan sungguh-sungguh dan penuh kejujuran dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Bagi kita umat Islam dengan berkurban berarti kita sudah bersyukur atas limpahan nikmat dari Allah SWT yang telah diberikan kepada kita dalam kehidupan sehari-hari, juga sebagai pelebur kesalahan, baik karena melakukan tindak pelanggaran atas larangan-Nya, atau ketidaksempurnaan dalam menjalankan perintah-Nya”.

Selanjutnya khotib menjelaskan “Hikmah sosial yang terkandung disyariatkannya ibadah kurban adalah berbagi kebahagiaan dan menyenangkan hati para kerabat, fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan. Serta makna sosial dari itu semua adalah guna memperkokoh ikatan persaudaraan antar masing-masing individu dalam kelompok masyarakat muslim dan menanam jiwa persatuan dan kasih sayang dalam lubuk hati dan sanubari mereka. Hikmah Iduladha adalah mengajarkan kepada kita untuk meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan untuk kemanusiaan. Saling membantu dan menjaga di tengah beragam situasi sosial kemanusiaan yang sedang terjadi di sekitar kita. Oleh karena itu, peringatan Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M kali ini tidak sekedar dilihat sebagai ritual ibadah keagamaan semata, tetapi lebih dari itu menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu saling bergotong-royong membantu sesama khususnya masyarakat di sekitar kita”.

Hadir pada saat Shalat Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M adalah Laksamana TNI (Purn) Achmad Sutjipto Kasal periode 1999-2000, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M. Kasal periode 2012-2014, dan Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. Kasal periode 2020-2022 dan Panglima TNI periode 2022-2023.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

TNI AL

Lantamal I Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H dan Pemotongan Hewan Qurban

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara, Senin (17/6/2024).

Bertindak selaku Imam dan Penceramah pada pelaksanaan yakni Ustadz Untung Auliya, S.S., M.Ag., yang menyampaikan isi Hutbahnya yakni, Idul Adha dinamakan Hari Raya Haji, juga dinamakan Hari Raya Qurban karena merupakan Hari Raya yang menekankan pada arti berkorban.

Qurban itu sendiri artinya dekat, sehingga Qurban ialah menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala, diberikan kepada fuqoro’ wal masaakiin.

Selesai Shalat Idul Adha dilaksanakan ramah tamah di Gedung Yos Soedarso Mako Lantama I. Kemudian acara dilanjutkan penyerahan Hewan Qurban oleh Danlantamal I didampingi Ketua Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, sejumlah 2 ekor sapi dan 17 ekor kambing kepada Panitia Qurban di Dermaga Lantamal I Untuk dilaksanakan penyembelihan dan dibagikan kepada masyarakat sekitar Belawan, anak yatim piatu dan tukang becak, serta Phl Mako Lantamal I.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wadan, para Prjanat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal I, para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal I, Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending