Connect with us

TNI AL

SAFARI POS DANLANAL BINTAN KE POSBINPOTMAR LOBAM YANG KEBERADAANNYA DI KAWASAN PT. BINTAN INTI INDUSTRI ESTATE (BIIE)

Published

on

TNI AL, Bintan,- Danlanal Bintan Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M. Sc., didampingi Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Eko Adi Susanto dan Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Yuda Bakti melaksanakan kunjungan kerja ke Posbinpotmar Lobam dan Area Pelabuhan Kawasan Pelabuhan Industri Lobam, Bintan, Jum’at (26/05/2023).

Kedatangan Danlanal ke Posbinpotmar Lobam disambut oleh komandan Posbinpotmar Letda Laut (T) Toto Yulianto dan personel Posbinpotmar Lobam yang didampingi oleh General Manager PT. Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) Aditya Laksamana, HOT Port Hery Iksanul Huda, Chief Security M. Gumri, Executive BDV Rahmananda.

Dalam kunjungannya tersebut, Danlanal Bintan mengucapkan terima kasih kepada pihak PT. BIIE yang telah menerima kedatangannya serta telah di fasilitasinya keberadaan Posbinpotmar di area PR BIIE.

Selanjutnya Danlanal Bintan melaksanakan pengecekan kondisi Pos TNI AL yang berada dibawah jajaran Lanal Bintan serta memberikan motivasi dan semangat kepada pengawak Posbinpotmar Lobam dalam menjalankan tugas pokoknya.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan juga menyampaikan beberapa hal terkait dimana PT. BIE sebagai salah satu Obyek Vital Nasional (Obvitnas) yang wajib diamankan, hal ini sesuai dengan salah satu dari 14 tugas TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yakni melaksanakan pengamanan obyek vital nasional, oleh karena itu peran TNI AL telah diwujudkan dengan adanya Pos Binpotmar Lobam sebagai mata telinga sekaligus melaksanakan patroli keamanan serta pembinaan potensi maritim di kawasan yang tentunya bersinergi dengan Instansi maritim lainnya baik dari KSOP, Pol Airud, KPLP, Pemerintah, Swasta dan masyarakat di wilayah kerja Lanal Bintan sehingga tugas pokok dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan pimpinan.

(Pen Lanal Bintan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

KASAL KUNJUNGI INDUSTRI PERTAHANAN STRATEGIS DI CHINA

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 29 April 2024 —— Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali berkesempatan mengunjungi beberapa industri pertahanan strategis China, antara lain Jiangnan Shipyard di Shanghai, Wuchang Shipyard di Wuhan, pembuatan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) di Baotou dan exhibition centre di Beijing, pekan lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal mendapatkan penjelasan tentang kemampuan industri pertahanan strategis China antara lain Destroyer kelas 052D, kapal selam S26, pesawat Maritime Patrol Aircraft, helikopter Anti Kapal Selam (AKS), Unmanned Aerial Vehicle (UAV) maupun rudal dan meriam anti udara.

Kunjungan ke beberapa industri pertahanan strategis ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Kasal di China setelah sebelumnya mengikuti kegiatan 19th Western Pacific Naval Symposium (WPNS) yang diselenggarakan di Qingdao, China, pada tanggal 21 – 25 April 2024 lalu.

Kegiatan WPNS tersebut diikuti oleh 29 pimpinan Angkatan Laut dari negara-negara WPNS seperti, Amerika Serikat, Australia, Bangladesh, Belanda, Brunei Darussalam, Chile, Ekuador, Fiji, India, Indonesia, Jepang, Kamboja, Kanada, Kolombia, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, ⁠New Zealand, Pakistan, Papua Nugini, Perancis, Peru, Rusia, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Tonga, United Kingdom dan ⁠Vietnam.

WPNS merupakan forum dua tahunan yang beranggotakan Angkatan Laut negara-negara di kawasan Pasifik Barat dan sekitarnya, di mana pada tahun ini WPNS mengambil tema “Ocean With a Shared Future”.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

TNI AL

Danlantamal I Membuka Acara RAT Puskopal Tahun Buku 2023

Published

on

By

TNI AL, Belawan, 29 April 2024,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., memimpin Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Puskopal Belawan Tahun Buku 2023, bertempat di Ruang VIP Belawan Seafood, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara, yg berlangsung Kamis lalu (25/4).

Danlantamal I selaku Pembina, dalam amanatnya sekaligus membuka RAT menyampaikan bahwa nama Puskopal Belawan akan diganti nantinya dengan nama Puskopal Lantamal I, sesuai Nomenklatur Lantamal I, kepada pengurus baru diharapkan kedepan Puskopal Belawan bisa mengembangkan usaha dan lebih baik lagi dengan apa yang telah dicapai oleh kepengurusan yang lama, agar bisa berkontribusi untuk anggota, dalam hal ini melalui Primkopal dan bermanfaat demi kepentingan organisasi. Ucapan terima kasih kepada pengurus lama yang telah menjalankan Puskopal dengan baik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Keinkopal Laksamana Muda TNI Urip Bambang Widjanarko, diwakili Kolonel Laut (S) Yoddy Marantika, Wadan Lantamal I, Ketua Puskopal Belawan, Kolonel Laut (S) Irwan Kurniawan, para PJU, Kadis dan Kasatker Lantamal I, perwakilan Kadiskop Provinsi Sumut Andre Sebayang, Ketua Dekopin Sumatera Utara Zulkifli Utama, serta perwakilan Koperasi dari TNI AD, AU, Kepolisian, serta Pengurus Koperasi Lanal jajaran Lantamal I.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

Siapkan Latihan SAR di Laut, Lantamal XII Berikan Pembekalan Terhadap Pelaku

Published

on

By

Pontianak, TNI AL, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII memberikan pembekalan kepada pelaku yang akan melaksanakan Latihan SAR di Laut dengan pemateri dari Basarnas Pontianak dan Diskes Lantamal XII di Gedung Malahayati Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Senin (29/04/2024).

Pada kesempatan ini Letkol Laut (P) Putu Bagus Harianto selaku Wakil Ketua KPL Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di Laut Wilayah Kerja Koarmada I TA. 2024 membuka pembekalan dengan harapan para pelaku dapat menerima ilmu yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam latihan SAR yang akan dilaksanakan di wilayah kerja Lantamal XII khususnya di Kota Pontianak.

“Saya harapkan semuanya bisa memahami bagaimana kegiatan SAR di lapangan, bagaimana cara penanganan korban di lapangan, kemudian terkait medis bagaimana cara penanganan medis. Walaupun bukan orang medis, diharapkan bisa memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan di laut. Sehingga pada saat pelaksanaan, kegiatan dapat berjalan dengan baik,” tegasnya.

Kemudian Koordinator tim Basarnas Pontianak Bapak Leo Umbara bersama tim Basarnas menjelaskan apa yang harus dikuasai untuk dapat melakukan evakuasi korban, cara mengevakuasi korban dan hal-hal penting yang harus dipedomani selama melaksanakan latihan pencarian dan penyelamatan di laut.

Di akhir kesempatan, Letda Laut (K) dr. Jimmy Rianto bersama tim Diskes Lantamal XII memberikan materi dan praktik bagaimana pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan di laut dalam melaksanakan SAR.

Dispen Lantamal XII

Continue Reading

Trending