Connect with us

Pendidikan

Acara Ciputra Film Festival 2024 Dimeriahkan Kreativitas Anak SLB Tunas Kasih

Published

on

Fokusindonesia.com, Surabaya, 3 Juni 2024. Ciputra Film Festival (CFF) 2024 kembali menggelar acara tahunan untuk ketiga kalinya. Acara diramaikan dengan kehadiran puluhan anak dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunas Kasih yang mengasah kemampuan kreativitasnya melukis tas. Kegiatan berlangsung di Atrium Ciputra World Mall Surabaya, kemarin.

Mengambil tema ‘Unseen’ atau ‘Tidak Terlihat’, CFF 2024 juga menghadirkan pelukis muda berbakat, Vincent Prijadi Purnomo dari Vinautism Gallery yang akan memperagakan proses melukisnya secara langsung dan memberikan wawasan mendalam tentang kreativitasnya yang luar biasa.

Selama kegiatan berlangsung para peserta dapat menikmati karya Vincent Prijadi Purnomo dan berkesempatan untuk bertukar pikiran bagaimana berekspresi yang tidak mengenal batas.

Menurut Festival Director CFF 2024, Rosihan Amril Farouqi mengatakan kehadiran Vincent dan partisipasi dari anak-anak dari SLB Tunas Kasih diharapkan dapat memberikan inspirasi serta memperlihatkan bahwa kreativitas tidak mengenal batas. “CFF 2024 tidak hanya menjadi ajang apresiasi film, tetapi juga merayakan kreativitas tanpa batas, termasuk dari para penyandang disabilitas”, ujar Rosihan Amril Farouqi.

Dengan menyelenggarakan kegiatan ini, Ciputra Film Festival telah mendukung inklusi dan memberikan platform bagi individu dengan kebutuhan khusus untuk menampilkan bakat dan kreativitas mereka sesuai dengan tema yang diusung.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pendidikan

Pakar Pengelolaan Dana BOS Berbagi Pengalaman di Acara Silaturahmi FORKAM”

Published

on

Fokusindonesia.com, Jakarta – Yayasan Forum Komunikasi Antar Media (FORKAM) mengadakan acara silaturahmi dalam tema ‘Bedah Modus Penyelewengan Dana BOS di Sekolah’ di Jatinegara Food Station, Jakarta Timur pada Senin, 25 Maret 2024.

Ketua Yayasan FORKAM, Harry Amiruddin menyampaikan bahwa mereka bersyukur dapat mengadakan acara silaturahmi ini. “Alhamdulillah, hari ini kita dapat silaturahmi dalam Bedah Modus Penyelewengan Dana BOS di Sekolah dengan inisiator …, yang biasa dipanggil Bang Rizal,” ujarnya di Jakarta Timur pada, Senin 25 Maret 2024.

Dalam acara ini, (nama sebelah harry dan sebagai apa), yang biasa dipanggil Bang Rizal, akan menjelaskan permasalahan terkait dana BOS di sekolah. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat belajar dari yang lebih berpengalaman, tidak hanya untuk kepentingan sekolah, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat. Diharapkan juga rekan media dapat menambah wawasan mengenai masalah pendidikan.

Harry berharap bahwa dalam kegiatan ini ke depannya, mereka dapat bersilaturahmi dengan baik dan bersinergi dalam segala hal yang dilakukan, demi kepentingan bersama, masyarakat, dan lain-lain.

Mengingat dana BOS merupakan dana terbesar dalam pendidikan, baik dari APBN maupun APBD, maka patut diduga ada potensi penyalahgunaan atau penyelewengan. Hal ini perlu mendapat perhatian dan pengawasan yang ketat dari pihak-pihak terkait, seperti pemerintah, lembaga pengawas, dan masyarakat, untuk memastikan dana tersebut digunakan secara transparan dan akuntabel demi peningkatan kualitas pendidikan.(sumi)

Continue Reading

Pendidikan

Pameran Pendidikan IIETE 2024 Resmi Dibuka Hingga 25 Februari, Targetkan 25 Ribu Pengunjung di JCC

Published

on

Fokusindonesia.com, Jakarta – Pameran pendidikan internasional, Indonesia International Education Training Expo & Conference (IIETE) Resmi dibuka pada tanggal 22 Februari 2024 di Hall B, Jakarta Convention Centre (JCC). Dengan tema Never Stop Learning, pameran ini akan berlangsung selama 4 hari hingga 25 Februari 2024.

Pada pembukaan IIETE 2024, hadir beberapa tokoh penting seperti Yayat Hendayana dari Sekretariat Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi RI, HM Sukur Sakka dari PT Wahyu Promo Citra, Prof. Dr. Nur Hasan dari Forum Rektor Indonesia, serta perwakilan dari Bank Syariah Indonesia dan duta besar negara-negara sahabat.

Dalam sambutannya, Yayat menyatakan penghargaannya terhadap PT Wahyu Promo Citra (WPCitra) atas konsistensinya dalam menyelenggarakan pameran pendidikan setiap tahun. Terutama, IIETE tahun ini merupakan yang ke-32 kalinya diselenggarakan, setelah mengalami penundaan pada tahun 2021 karena pandemi.

Menurut Yayat, pameran ini menunjukkan peran penting sektor swasta dalam menyebarkan informasi tentang berbagai jenjang pendidikan tinggi, mulai dari diploma, sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), program profesi, kelas prakerja, kelas internasional, program pelatihan, hingga program kedinasan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Tidak hanya itu, IIETE 2024 juga menyajikan beragam informasi beasiswa di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tentunya, stimulasi beasiswa ini menjadi bukti dukungan penuh lembaga pendidikan untuk memperluas pemerataan pendidikan di tanah air,” ujarnya di JCC pada Kamis, 22 Februari 2024.

Pada IIETE 2024, terdapat 100 peserta pameran yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta favorit di Indonesia serta luar negeri, lembaga kursus, pendidikan digital, industri yang mendukung pendidikan, dan lembaga pendidikan dari dalam dan luar negeri.

Beberapa universitas ternama yang berpartisipasi dalam IIETE 2024 meliputi Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin, Politeknik Keuangan Negara STAN, Poltekkes Kesehatan, Universitas Atma Jaya, Universitas Terbuka, Bina Nusantara, Mercu Buana, LSPR, dan lainnya.

Sedangkan untuk kampus luar negeri yaitu Rusia (Kazan Federal University, Novosibirsk State Technical University (NETI), MarGU( Mari State University), MEPH! (National Research Nuclear University ) 5. HSE university 6. HSE University – Saint Petersburg, Australia (Torrens University, Central Oveensiand University), Singapore (James Cook University Singapore, Future Ready Academy, Embry Riddle Aeronautical University), Korea (Silla University, Donga University, University, Sejong University), Hongkong (Vocational Training Coundil), India (Ratna Sagar, PLTD), Jerman (Goethe Institute Indonesien), Inggris (AcceptEd Limited), Thailand (Mahidol University), dan Spanyol (Campus Spain).

Menurut Wakil Direktur WPCitra, Satrio Sukur, IIETE 2024 bukan hanya sebagai tempat untuk mendapatkan informasi mengenai pendidikan tinggi, tetapi juga sebagai ajang yang memberikan inspirasi kepada semua pihak terkait untuk melakukan inovasi dan mempercepat perubahan dalam dunia pendidikan. “Untuk itu, selama 4 hari penyelenggaraan, ditampilkan berbagai seminar, workshop, dan sharing session yang mengulas isu-isu terkini yang relevan dengan kemajuan industri pendidikan,” tuturnya di lokasi yang sama.

Selain menggelar kompetisi coding yang dikenal sebagai Indonesia Coding Competition, dalam IIETE tahun ini, PT Wahyu Promo Citra (WPCitra) juga berkolaborasi dengan Dunia Robot Indonesia untuk menyelenggarakan kompetisi robot berskala nasional yang dikenal sebagai “Indonesia Robotic Competition (INAROC)” untuk siswa SMP/MTs dan SMA/MAN/SMK.

Online Scholarship Competition (OSC) adalah kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diadakan oleh Surya Edukasi Bangsa Foundation dan Medcom.id. Sejak 2015, OSC telah memberikan sebanyak 3.350 beasiswa untuk tingkat S1 dan S2 di 21 kampus favorit di berbagai kota di Indonesia. Perguruan tinggi seperti UGM, Binus University, Universitas Budi Luhur, Bina Sarana, Nusa Mandiri, dan Cyber University juga menyediakan informasi beasiswa bagi calon mahasiswa. Jika Anda berminat untuk kuliah dan bekerja di Jerman, Goethe Institut juga menawarkan konsultasi gratis.

Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk memperoleh voucher, diskon, hadiah, dan doorprize dari berbagai pameran. Contohnya, PT. Zeras menawarkan doorprize berupa 1 unit HP Samsung. Selain itu, BTW Edutech memberikan voucher dan potongan harga hingga 9046, sementara Hacktiv8 menawarkan harga khusus Early Special Price untuk Program Bootcamp & Gratis Online Course kepada pengunjung di booth mereka.

Tidak hanya itu, ada juga diskon khusus dari Elite Academy bagi pengunjung yang mendaftar program edukasi menjadi Cloud Engineer di sana selama pameran. Selain itu, Indonesia Banking School memberikan kesempatan kepada mahasiswa semester lima untuk berkunjung ke Bank Indonesia serta menjalani program magang selama 4 bulan pada semester 7 di lembaga keuangan Indonesia.

Wahyu Promo Citra akan terus memperluas kemitraan dengan pemerintah melalui Ditjen Dikti dan Dinas Pendidikan Tinggi DKI Jakarta sebagai penyelenggara IIETE 2024. Mereka juga berkomitmen untuk menyajikan beragam exhibitor guna memberikan lebih banyak opsi dan acara yang sesuai dengan perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia. “Optimis IIETE 2024 akan menarik perhatian setidaknya 25 ribu pengunjung. Pameran ini rutin diselenggarakan setiap tahun pada bulan Februari, dengan kunjungan lebih dari 25 ribu orang dari berbagai lapisan masyarakat, terutama siswa kelas 12 SMA/SMK/MA, orang tua, guru, mahasiswa, akademisi, dan para profesional,” ujarnya.

Wahyu Promo Citra, didirikan pada tahun 1988, adalah salah satu penyelenggara pameran dan konferensi yang terkemuka di Indonesia. Dengan pengalaman selama 34 tahun, Wahyu Promo Citra telah terbukti profesional dan dapat diandalkan dalam mengelola berbagai acara pameran dan konferensi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Beberapa pameran yang menjadi ciri khas dari Wahyu Promo Citra termasuk Gebyar Wisata Nusantara (GWN), Agr»food Expo & Forum, INA Sport, Indogreen Environment Forestry, Indonesia Building Mechanical Electrica, INACHEM, Pekan Raya Sulsel, dan Halal Fair Series.(waris)

Continue Reading

Pendidikan

Kasum TNI Mewakili Panglima TNI Buka Pendidikan Reguler Ke-LII Sesko TNI Tahun Anggaran 2024

Published

on

By

(Puspen TNI). Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M., mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Reguler Ke- LII Sesko TNI Tahun Anggaran 2024, bertempat di Aula Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat, Selasa (06/02/2024).

Dalam amanat tertulisnya, yang dibacakan Kasum TNI, Panglima TNI mengucapkan selamat kepada para Perwira Siswa TNI-Polri dan Perwira Siswa Negara sahabat yang telah terpilih untuk mengikuti Pendidikan Reguler Ke- LII Sesko TNI Tahun Anggaran 2024. “Kehadiran Perwira Siswa dari Polri tentunya akan semakin memperkuat sinergitas dan soliditas TNI-Polri untuk mengawal pembangunan nasional di masa mendatang,” ucapnya.

Selain itu, kebersamaan dengan Perwira Siswa dari Negara sahabat akan memberikan manfaat berupa pertukaran ilmu pengetahuan dan pengalaman kemiliteran serta pengenalan budaya bangsa Indonesia. Hal tersebut dapat mempererat hubungan militer dan kerja sama Indonesia dengan negara-negara sahabat.

Selanjutnya Panglima TNI mengingatkan bahwa Sesko TNI sebagai lembaga pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan untuk meningkatkan kualitas Perwira Menengah TNI dan memegang peran strategis dalam pembangunan kekuatan di Indonesia. Untuk itu, Sesko TNI harus terus bertransformasi agar dapat mengkaji dan mengembangkan doktrin serta strategi perang guna menghadapi perang yang multi dimensional.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah transformasi kurikulum pendidikan dan untuk menghasilkan komponen pendidikan yang berkualitas dan adaptif. “Mulai tahun 2024 ini, Sesko TNI akan menerapkan perubahan kurikulum yang sudah diselaraskan dengan sistem pendidikan nasional dan kerangka kualifikasi nasional Indonesia,” ujarnya.

Panglima TNI berharap agar kurikulum tersebut dikemas dalam waktu program studi strategi perang yang diharapkan bisa mejawab terhadap ancaman perang kedepan yang semakin kompleks. “Saya berharap Sesko TNI akan berinovasi dan berimprovisasi dalam menyampaikan materi dan ilmu pengetahuan pada para Perwira Siswa,” tegasnya.

Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI memberikan penekanan kepada para Perwira Siswa sebagai berikut: Pertama, terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena segala sesuatu yang terjadi hanya atas ridho-Nya. Jadikan momentum pendidikan Sesko TNI untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dengan niat ibadah, loyal, tulus, dan ikhlas. Kedua, dikondisikan ini dengan penuh disiplin, dedikasi serta kesungguhan, sehingga benar-benar memperoleh pencerahan intelektual dan spiritual untuk menyongsong penugasan sebagai TNI yang PRIMA. Ketiga, pupuk dan perteguh komitmen sinergitas dan kolaborasi TNI-Polri serta kementerian atau Lembaga lain yang berbasis Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, guna menghadapi dinamika lingkungan dan disrupsi berbagai bidang yang akan datang.

Pendidikan Reguler Ke- LII Sesko TNI Tahun Anggaran 2024 di iikuti oleh 188 Perwira Siswa (Pasis) terdiri dari: 163 orang berpangkat Kolonel (TNI AD 74 Pasis, TNI AL 51 Pasis, TNI AU 38 Pasis), dan Pasis Polri 19 orang berpangkat Kombes serta Pasis Mancanegara 6 orang (Australia, Brunei Darussalam, India, Malaysia, Saudi Arabia, dan Singapura).

Pendidikan dilaksanakan selama 10 bulan atau 43 minggu dimulai tanggal 6 Februari 2024 dan berakhir tanggal 26 November 2024, dengan menempuh program belajar sebanyak 46 SKS atau 1.936 pelajaran. Aspek penilaian peserta didik sesuai dengan Tripola Dasar Pendidikan TNI yaitu penilaian pada aspek sikap dan perilaku, aspek pengetahuan dan keterampilan serta aspek kesegaran jasmani dan kegiatan (Kuliah Kerja Luar Negeri, Kuliah Kerja Dalam Negeri, Kunjungan Objek Strategis/Vital Nasional, Seminar, dan Olah Yudha).

tniprima

tnipatriotnkri

nkrihargamati

tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi

Continue Reading

Trending