Connect with us

Bakamla RI

Bakamla RI Berhasil Evakuasi Kebakaran KM Alexindo 8 di Batam

Published

on

Batam, Rabu 21 Februari 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) — Bakamla RI melalui unsurnya yakni, KN Ular Laut-405 dan Catamaran 508 menyelamatkan Kebakaran yang terjadi pada KM. Alexindo 8 berbendera Indonesia, milik Perusahaan Alexindo Yakin Prima. Kejadian berlangsung di Perairan Labuh Jangkar Tanjung Pinggir, Batam, pada Rabu (21/2/2024).

Mulanya, Catamaran 508 yang sedang melaksanakan Patroli Garda Nusa II disekitar Perairan Selat Singapura, mendapatkan informasi dari Vessel Traffic Service (VTS) bahwa telah terjadi insiden kebakaran pada KM. Alexindo 8 pukul 14.30 WIB.

Berdasarkan hasil keterangan yang diberikan oleh Nakhoda KM. Alexindo 8 Joko Sampir, kebakaran terjadi karena konsleting arus listrik di dapur yang langsung diketahui oleh koki. Melihat hal itu, koki tersebut segera berteriak kebakaran dan segera seluruh crew kapal membawa APAR. Namun dikarenakan api terlalu cepat menyebar, crew kapal tidak bisa mengatasi kebakaran tersebut. Sehingga, KKM mematikan mesin genset dan menutup pintu kamar mesin, kemudian seluruh crew keluar kapal.

Kapten kapal segera menghubungi kapal terdekat yakni Catamaran 508 milik Bakamla RI. Mengetahui hal tersebut, pihak Bakamla RI segera menuju Koordinat 01° 09 592 N 103°57 096 E, untuk mengevakuasi kapal tersebut. Pukul 14.55 WIB, Catamaran 508 tiba dilokasi kejadian dan langsung mengevakuasi ABK dari KM. Alexindo 8 untuk diberikan pertolongan.

Hasil evakuasi terdapat korban berjumlah 15 orang, dengan 1 orang mengalami luka bakar ringan dan tidak ada korban jiwa. Pada pukul 15.25 WIB, Catamaran 508 menuju Dermaga 99 untuk dilakukan evakuasi lanjutan. Setibanya di Dermaga Bintang 99 pada pukul 15.40 WIB, korban di evakuasi di atas Kapal Polisi Parikesit dan dilakukan pertolongan pertama oleh personel Bakamla RI pada korban yang mengalami luka bakar ringan.

Pemadaman dilakukan oleh KN Ular Laut-405 milik Bakamla RI, KRI Bubara-868 milik TNI AL, dan TB Megamas Sky. Pada patroli keselamatan ini, pihak yang terlibat meliputi Bakamla RI, TNI AL, Polri, dan Basarnas. (Humas Bakamla RI)

Autentikasi: Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.
Foto-foto: Humas Bakamla RI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bakamla RI

Enam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Bakamla RI Diserahterimakan

Published

on

By

Jakarta, 18 April 2024 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla. memimpin Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pimpinan Tinggi Pratama Bakamla RI yang turut disaksikan oleh jajaran Pejabat Eselon I dan II Bakamla RI. Kegiatan berlangsung di Aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/24).

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Bakamla RI Nomor 101 Tanggal 4 April Tahun 2024, 6 (enam) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II.a Bakamla RI diserahterimakan. Jabatan tersebut antara lain Inspektur, Direktur Strategi Keamanan Laut, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Direktur Penelitian dan Pengembangan, Direktur Latihan, dan Kepala Biro Umum Bakamla RI.

Pelantikan dimulai dengan Sertijab Inspektur Bakamla RI dari Laksma Bakamla Mulyono kepada Kolonel Bakamla Dr. Burhanuddin, dilanjutkan dengan Sertijab Direktur Strategi Keamanan Laut Bakamla RI dari Laksma Bakamla A.M. Susanto kepada Laksma Bakamla Budi Santosa, S.E., M.M., CRMP., CHRMP., Sertijab Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla RI dari Laksma Bakamla I Gusti Putu Aswan Chandra, M.M., CHRMP., M.Tr.Opsla., kepada Kolonel Bakamla Ermawan Susilo, S.E., M.Si.

Sertijab berlanjut ke jabatan Direktur Penelitian dan Pengembangan Bakamla RI dari Laksma Bakamla Budi Santosa, S.E., M.M., CRMP., CHRMP., kepada Laksma Bakamla I Gusti Putu Aswan Chandra, M.M., CHRMP., M.Tr.Opsla., dilanjutkan dengan Sertijab Direktur Latihan Bakamla RI dari Laksma Bakamla Bambang Trijanto kepada Laksma Bakamla Dafit Santoso. Sertijab diakhiri dengan penyerahan jabatan Kepala Biro Umum Bakamla RI dari Laksma Bakamla Andi Rahmat kepada Kolonel Bakamla Baedhowi Oktafidia.

Di waktu yang bersamaan, Sertijab juga berlangsung di jajaran Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bakamla RI, yang dipimpin oleh Ny. Yuanita Irvansyah.

Acara dilanjutkan dengan sesi Lepas Sambut Pejabat Bakamla RI. Dalam kesempatan ini, Kepala Bakamla RI menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pejabat Tinggi yang lama atas pengabdian dan kinerja terbaik yang diberikan selama mengemban tugas di Bakamla RI. Serta harapan baik dan ucapan selamat bertugas kepada pimpinan baru sebagai bagian dari keluarga besar Bakamla RI. Diharap dari adanya pergantian pejabat ini, dapat memberikan pembaruan dan melanjutkan kinerja positif dari pejabat sebelumnya.(Humas Bakamla RI)

Autentifikasi: Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.
Foto-foto: Humas Bakamla RI

Continue Reading

Bakamla RI

RESMI! Bakamla RI Terima Hibah Tanah dari Nias Selatan

Published

on

By

Jakarta, Rabu 03 April 2024 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Bakamla RI menerima hibah tanah dengan luas 13.560 m2 dan 2 (dua) bangunan seluas 400 m2 dan 168 m2 dari Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Hibah tersebut secara resmi diterima oleh Bakamla RI melalui Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima, di Aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, pada Rabu (03/04/2024).

Membuka acara, Sestama Bakamla RI Laksda TNI T.E. Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han)., menyampaikan sambutannya, “Saya yakin dengan adanya kerja sama dan sinergitas ini, maka diharapkan terciptanya kolaborasi yang harmonis dalam memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan di Kabupaten Nias Selatan. Selain itu juga, untuk peningkatan kapasitas masyarakat pesisir agar ikut serta berpartisipasi dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan laut.”

Kegiatan selanjutnya yakni Penandatanganan NPHD oleh Kepala Biro Sarana dan Prasarana Bakamla RI Laksma Bakamla Rudi Parulian Simorangkir, S.E., dan Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H.

Lebih lanjut, hibah yang berlokasi di Orahili Hiligito ini rencananya akan dibangun kantor Sistem Peringatan Dini (SPD) Bakamla RI untuk mendukung terciptanya keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia, khususnya di Nias Selatan.

Turut hadir Deputi Jakstra Bakamla RI Laksda Bakamla Dr. Gregorius Agung W.D., M.Tr. (Han)., Deputi Inhuker Bakamla RI Dr. Samuel H. Kowaas, M.Sc., CSBA., Deputi Opslat Bakamla RI Andi Abdul Aziz, S.H., M.M., Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, S.H., M.H., Ketua DRPD Nias Selatan Elisati Halawa, S.T. (Humas Bakamla RI)

Autentikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S. Pd
Foto-foto : Humas Bakamla RI

Continue Reading

Bakamla RI

Jelang Idul Fitri, Pangkalan Bakamla Batam Bagikan Sembako untuk Nelayan

Published

on

By

Batam, Kamis 4 April 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) —Kepala Pangkalan Bakamla Batam, Kolonel Bakamla I Nyoman Armenthia, beserta seluruh personel Pangkalan Bakamla Batam turut berbagi kebahagiaan dan kepedulian dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H. Dalam semangat berbagi ini, puluhan paket sembako disalurkan kepada para nelayan kecil di sekitar pangkalan tersebut. Selain itu, paket sembako juga diberikan kepada ibu-ibu dan para janda yang berada di beberapa lokasi, seperti Pulau Lence, Tembesi, dan Pulau Panjang Barat. Kepala Pangkalan Bakamla Batam juga melakukan kunjungan sosial (Kunsos) ke kediaman salah satu personel yang sedang mengalami musibah. Batam, Kamis (4/4/2024)

Kepala Pangkalan Bakamla Batam menyampaikan harapannya bahwa keberadaan pangkalan tersebut tidak hanya menjalankan tugas dan fungsinya, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Dengan berbagi di Bulan Ramadhan, Pangkalan Bakamla Batam berupaya menebarkan kebahagiaan dan kepedulian kepada sesama, menciptakan ikatan yang kuat di antara masyarakat lokal.

Lebih lanjut, pada tanggal 2 April 2024, Kolonel Bakamla I Nyoman Armenthia beserta istri, Nyonya Kadek Nyoman, dan Istri Komandan KN. Bintang Laut, Nyonya Dili Andi melaksanakan kunsos ke kediaman salah satu personil Pangkalan Bakamla Batam, Kapten Bakamla Donal, S.T. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian terhadap keluarga personel yang memiliki anggota keluarga yang mengalami Global Development Delay (GDD). Kunsos juga menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan solidaritas di lingkungan keluarga besar Pangkalan Bakamla Batam, serta menunjukkan kepedulian dan perhatian pimpinan terhadap jajaran personelnya. (Humas Bakamla RI)

Autentifikasi: Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.
Foto-foto: Humas Bakamla RI

Continue Reading

Trending