Connect with us

Bakamla RI

Bakamla RI dan BNN Berantas Narkotika Melalui Jalur Laut

Published

on

Jakarta, Senin 8 Januari 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., beserta jajaran menyambut kehadiran tamu kehormatan yakni, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen. Pol Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si., beserta jajaran di Aula Ary Hasibuan, Mabes Bakamla RI, pada Senin (8/1/2024).

Pertemuan diawali dengan sambutan Kepala BNN dan perkenalan masing-masing jajaran dari kedua instansi. Dalam pertemuan tersebut, terdapat pembahasan mengenai kondisi saat ini di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia, serta Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (RAN P4GN).

Lebih dalam mengenai RAN P4GN, turut disinggung mengenai ancaman penyelundupan narkotika melalui jalur laut beserta Patroli Nasional sebagai salah satu solusi ancaman tersebut. Kedua pucuk pimpinan juga sepakat untuk selalu mengecek para personel masing-masing agar bersih dari narkotika dengan mengadakan pemeriksaan tes urine sewaktu-waktu.

Dengan adanya pertemuan ini, kedua belah pihak berharap, kedepannya lebih mempererat hubungan kerja sama yang lebih kuat lagi untuk memberantas ancaman yang terjadi di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia, dan selalu menjaga kondisi laut tetap aman, khususnya dibidang penyelundupan narkotika.

Diakhir pertemuan, Kepala Bakamla RI mengucapkan terima kasih atas kesediaan Kepala BNN beserta jajaran untuk berkunjung ke Mabes Bakamla RI dan ditutup dengan sesi foto bersama. (Humas Bakamla RI)

Autentikasi : Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Yuhanes Antara, S.Pd
Foto-foto : Humas Bakamla RI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bakamla RI

Bakamla RI Jemput 16 Nelayan Indonesia Yang Ditangkap Malaysia

Published

on

By

Batam, 11 Juli 2024 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Bakamla RI melalui aset patroli KN Pulau Nipah-321 menjemput 16 nelayan Indonesia yang ditangkap Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM). Serah terima dilaksanakan di perairan Malaysia, Tanjung Setapa, Kamis (11/7/2024).

Mulanya, 16 nelayan tersebut ditangkap oleh APMM pada (25/4) karena diduga telah memasuki perairan Malaysia untuk menangkap ikan secara illegal. Kemudian pada (24/6), Pengadilan Johor telah melakukan persidangan terhadap kasus tuduhan penangkapan ikan illegal yang dilakukan 16 nelayan tersebut. Dalam persidangan, Hakim memutuskan membebaskan 16 nelayan atas dugaan penangkapan ikan secara illegal di wilayah Malaysia.

Berkaitan dengan pembebasan 16 nelayan dimaksud, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru berkoordinasi dengan Bakamla RI dan APMM guna memfasilitasi pemulangan menuju batas laut terluar Malaysia, untuk diserah terimakan kepada otoritas terkait di Indonesia.

Dalam prosesnya, Bakamla RI mengerahkan KN Pulau Nipah 321 untuk memfasilitasi pemulangan menuju Dermaga Batu Ampar, Batam. Proses serah terima melibatkan 3 belah pihak yaitu, Bakamla RI, KJRI Johor Bahru, dan APMM. Masing – masing diwakili oleh Kepala Zona Bakamla Barat Laksamana Pertama Bakamla Bambang Trijanto, Konsul Jenderal RI Johor Bahru Sigit S. Widiyanto, dan Timbalan Pengarah Operasi Negeri Johor Kepten Maritim Kama Azri Bin Kamil.

Setibanya, Bakamla RI menyerahkan 16 nelayan tersebut kepada Dinas Kelautan Perikanan Prov. Kepulauan Riau untuk di data dan dipulangkan kedaerahnya masing – masing. Turut hadir dalam kegiatan ini, Tim Monitoring dan Evaluasi Patroli Bersama yang dipimpin oleh Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Basri Mustari, serta Forkopimda Kepulauan Riau. (Humas Bakamla RI)

Autentifikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd
Foto-foto : Humas Bakamla RI

Continue Reading

Bakamla RI

Stasiun Bakamla Bali Berhasil Temukan Korban Terjatuh dari Tebing Saat Berfoto

Published

on

By

Karangasem, 02 Juli 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) — Pada hari kedua operasi pencarian dan penyelamatan (SAR), Personel Stasiun Bakamla Bali berkolaborasi dengan tim SAR Gabungan berhasil menemukan JB (22), warga yang terjatuh dari tebing Bias Tugel, Padangbai, Kabupaten Karangasem, dalam kondisi meninggal dunia di Perairan Karangasem, Selasa (2/7/2024)

Kegiatan pencarian dimulai pada pukul 07.00 WITA dengan penyiapan peralatan dan briefing oleh Tim SAR Gabungan. Pada pukul 07.21 WITA, Search and Rescue Unit SRU 1 melaksanakan pencarian sortie pertama di area yang telah ditentukan. Hingga pukul 12.05 WITA, Tim SAR Gabungan kembali ke Pelabuhan Padangbai dengan hasil sementara masih nihil.

Pencarian dilanjutkan pada pukul 14.30 WITA dengan sortie kedua. Pada pukul 18.00 WITA, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan target pada koordinat 8°32’12.63″S – 115°30’38.10″E dalam kondisi meninggal dunia. Korban segera dievakuasi menggunakan ambulans menuju RSUD Karangasem untuk proses lebih lanjut. Johan Bagus Susanto 22 tahun adalah seorang karyawan Depo Pertamina Manggis.

Setelah korban ditemukan dan dievakuasi, pada pukul 18.45 WITA Tim SAR Gabungan melaksanakan evaluasi. Operasi SAR resmi dinyatakan selesai, dan semua unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing dengan ucapan terima kasih atas partisipasi dalam tugas kemanusiaan ini.

Operasi SAR ini melibatkan berbagai unsur dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, Pos TNI AL Padangbai, Polsek Padangbai, Polair Polres Karangasem, Bakamla Bali, dan instansi terkait lainnya. Alat utama yang digunakan dalam operasi ini termasuk Rubber Boat Pos SAR Karangasem, Speedboat Polair Polres Karangasem, dan alat-alat pendukung seperti drone thermal, alat komunikasi, dan ambulans dari RSUD Karangasem.

Operasi pencarian ini juga mempertimbangkan kondisi cuaca di area pencarian yang cerah berawan dengan arus menuju barat daya dan tinggi gelombang antara 1 hingga 2 meter. Meskipun operasi SAR ini berakhir dengan ditemukannya korban dalam kondisi meninggal dunia, sinergi dan kerja keras seluruh tim yang terlibat sangat diapresiasi.(Humas Bakamla RI)

Autentifikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S. Pd
Foto-foto : Humas Bakamla RI

Continue Reading

Bakamla RI

Bakamla RI Geledah Tiga Kapal Tambang Pasir Ilegal di Perairan Karimun

Published

on

By

Tanjung Balai Karimun, 28 Juni 2024 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Bakamla RI melalui KN Bintang Laut-401 melaksanaan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap tiga kapal yang di curigai sedang melakukan aktifitas ilegal. Pemeriksaan dilakukan di sekitar Perairan Pulau Babi, Tanjung Balai Karimun (TBK), Jumat (28/6/2024).

Kronologinya, pada pukul 08.30 WIB, KN Bintang Laut-401 yang sedang melaksanakan patroli, mendapatkan kontak radar dengan jarak 0.8 NM pada posisi 00°58′ 315″ N – 103°22 ‘464″ E. Menanggapi hal tersebut, ABK KN Bintang Laut-401 memantau menggunakan teropong, dan terlihat visual kapal KM Nurul Yakin Baru, KM HARY, dan KM Cinta Damai sedang melaksanakan aktifitas penambangan pasir.

Dengan adanya aktifitas ilegal tersebut, Komandan KN Bintang Laut-401 Letkol Bakamla Andi Christy Mahendra, segera menugaskan ABK KN Bintang Laut-401 untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan sekoci. Pada pukul 09.00 WIB, tim pemeriksa telah sampai pada lokasi radar, dan memberi perintah untuk segera memberhentikan aktifitas penambangan. Sebanyak 9 ABK (3 ABK termasuk Nahkoda pada masing-masing kapal) turut dilaksanakan pemeriksaan.

Hasil pemeriksaan yang didapat, KM Cinta Damai berhasil mengangkut sebanyak kurang lebih 30 ton pasir laut dengan bantuan KM Nurul Yakin yang merupakan kapal penambang pasir. Sedangkan KM HARY masih kosong, karena menunggu giliran muat. Ketiga kapal berbendera Indonesia tersebut diduga telah melanggar Pasal 16A JO 16 Ayat (2) Undang-Undang RI No 6 Tahun 2023 Tentang Penetapan Undang-Undang RI No 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang Serta Pasal 23 Ayat (1) JO Pasal 10 Ayat (1) PP No 26 Tahun 2023 Tentang Pengelolaan Sedimentasi di Laut.

Pelanggaran tersebut diberikan karena melaksanakan kegiatan penambangan pasir laut diluar area, yang tertuang dalam Surat Menteri KKP perihal persetujuan kegiatan pemanfaatan ruang laut No: B.1060/MEN-KP/VII/2023. Serta, Surat Keputusan Gubernur Kepulauan Riau NO: 347/1Ga.13/DPMPTSP/6/20 Tentang Izin Pertambangan Rakyat (IPL) Pasir Laut Perkumpulan Rezeki Anak Melayu.

Setelah melaksanakan pemeriksaan, ketiga kapal tersebut di bawa menuju Dermaga Pangkalan Bakamla Batam untuk ditindaklanjuti. (Humas Bakamla RI)

Autentikasi: Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.
Foto-foto: Humas Bakamla RI

Continue Reading

Trending