Connect with us

MABES TNI

Bantu Atasi Kesulitan Air di Banten dan Jabar, Menhan Prabowo Resmikan 15 Titik Sumur Bor Bantuan Kemhan-Unhan

Published

on

Fokusindonesia.com, Banten – Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Prabowo Subianto kembali meresmikan 15 titik proyek air bersih bantuan tim Kemhan dan tim Universitas Pertahanan RI di Provinsi Jawa Barat dan Banten yang dipusatkan di Desa Pamubulan, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu (19/11/2023).

Proyek pengeboran sumur dan pipanisasi tersebut tersebar di enam Kabupaten yaitu Bogor, Kuningan, dan Sukabumi (Provinsi Jawa Barat) serta Lebak, Pandeglang dan Tangerang (Provinsi Banten).

Titik sumur bor yang diresmikan ini adalah dalam rangka realisasi dari riset para ahli di Unhan dan pengabdian kepada masyarakat. Bantuan sumur bor ini ditujukan untuk wilayah yang sering mengalami kekeringan saat musim kemarau panjang sehingga kekurangan air bersih seperti di wilayah Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Sebelumnya Menhan Prabowo telah meresmikan bantuan proyek sumur bor di sejumlah daerah yang sering mengalami kekeringan yaitu di Pulau Moa, Sumbawa, NTB, dan Kabupaten Gunungkidul. Sampai saat ini ada 88 titik air yang sudah keluar dan 44 titik sedang dalam proses pengerjaan.

Artinya Satgas Air Unhan RI yang dibentuk dan menerima tugas dari Menhan Prabowo akan segera menyelesaikan 132 titik proyek air bersih bagi masyarakat yang mengalami kesulitan air yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

Satgas Air Unhan RI akan terus memetakan daerah-daerah yang mengalami kesulitan air dan memberikan bantuan sumur bor beserta pipanisasi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para ahli dan pakar dari Unhan RI. Ini adalah prestasi. Ini bentuk pengabdian kita. Kalau rakyat susah kita tidak boleh diam,” kata Menhan Prabowo dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut Menhan Prabowo juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh unsur yang telah bekerja keras sehingga proyek bantuan air Unhan RI tersebut dapat terwujud dengan baik.

Sampai saat ini pengeboran berhasil 100 persen. Tidak ada titik pengeboran yang gagal mengeluarkan air. Ini artinya Satgas Air Unhan RI memang memiliki pakar dan peralatan yang sangat mumpuni dan telah teruji kemampuannya.

Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Unhan RI Letjen TNI Jonni Mahroza, Ph.D., Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Erwin Jatmiko dan sejumlah pejabat Pemda setempat. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

MABES TNI

Dankoopssus TNI Tutup Latihan Aksi Khusus Koopssus TNI Tahun 2024

Published

on

By

(Puspen TNI). Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI Mayjen TNI Suhardi, S.I.P., menutup rangkaian Latihan Aksi Khusus Koopssus TNI TA. 2024. Latihan pembebasan sandera ini menunjukkan kesiapan pasukan khusus TNI dalam melaksanakan operasi-operasi khusus secara terintegrasi dan profesional yang diselenggarakan di PT. Pertamina Trans Kontinental, Jl. Yos Sudarso No. 32, Plumpang, Jakarta Utara. Sabtu (13/7/2024).

Dalam amanatnya, Dankoopssus TNI menyampaikan bahwa Latihan Aksi Khusus Koopssus TNI TA. 2024 merupakan wujud sinergisitas Tri Matra TNI dalam hal ini adalah satuan khusus TNI dan satuan-satuan TNI yang tergabung, diwujudkan dalam rangka untuk melihat kesiapsiagaan kita dalam melaksanakan tugas-tugas khusus secara terpadu, terintegrasi dan profesional serta terwujudnya interoperability antar satuan serta instansi diluar TNI.

“Harus selalu diingat, tidak ada prajurit yang profesional yang dibentuk tanpa latihan, hanya prajurit yang dilatih dan terlatih dengan baik yang akan mampu melaksanakan tugas dengan maksimal, oleh karena itu jangan bosan untuk berlatih, berlatih dan terus berlatih karena yakin dan percayalah latihan yang kita lakukan secara terus menerus akan meningkatkan kesiapsiagaan kita,” tutur Mayjen TNI Suhardi.

Menutup sambutannya, Dankoopssus TNI berpesan agar menguatkan rasa soliditas 3 (tiga) kekuatan pasukan khusus sehingga dapat mencapai keberhasilan yang gemilang. “Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman pernah berkata bahwa janganlah berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya. Sebab, sebatang lidi tidak berarti apa-apa, tapi dalam satu ikatan sapu, akan mampu menyapu segala-galanya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam latihan tersebut diantaranya Asops Panglima TNI Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., Liasion Officer Corporate Security Laksda TNI Bambang Eko Palgunadi, S.T., M.A., Wadan Koopssus TNI Brigjen TNI (Mar) Feryanto Pardamean Marpaung, para pejabat tinggi TNI serta para petinggi PT. Pertamina Persero dan PT. Pertamina Trans Kontinental.

tniprima

tnipatriotnkri

nkrihargamati

tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi

Continue Reading

MABES TNI

Kodim 1710/Mimika Terima Piala Lomba Saka Bhayangkara 3 Yang Diraih Pramuka Saka Wira Kartika

Published

on

By

Timika – Kodim 1710/Mimika menerima piala lomba perkemahan Pramuka Saka Bhayangkara 3 yang diraih adik-adik penggalang dari Pramuka Saka Wira Kartika. Acara penyerahan dipimpin langsung oleh Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, bertempat di Pendopo Darmawangsa Makodim Jl. Agimuga Mile 32 Distrik Kuala Kencana, Kab. Mimika. Jumat (12/07/2024).

Dalam sambutannya, Dandim 1710/Mimika mengucapkan terima kasih kepada adik-adik penggalang Pramuka Saka Wira Kartika atas prestasi yang telah diraih serta kepada para pembina yang telah ikhlas melatih adik-adiknya sehingga mendapatkan juara 3 tingkat penggalang.

“Selaku Kamabi Saka, saya mengucapkan terima kasih kepada adik-adik Pramuka Saka Wira Kartika atas prestasi yang telah kalian raih, hal itu juga berkat keikhlasan dari para pembina kalian dalam melatih dan memberikan ilmunya. Saya minta kepada adik-adik jangan terlena dengan prestasi menjadi juara 3 yang saat ini kalian raih, adik-adik harus tetap rajin berlatih dan belajar sehingga kedepan akan mendapatkan juara yang lebih kecil angkanya dari saat ini,” kata Dandim.

Pada kesempatan tersebut, Dandim juga menanyakan cita-cita dari beberapa adik-adik saka dimana sebagian besar dari mereka ingin menjadi Polisi dan Tentara, sehingga beliau meminta selalu menjaga fisiknya mulai dari sekarang dengan tidak merokok,mengkonsumsi miras serta rajin berolah raga.

Autentikasi: Pen Kodim 1710/Mimika
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Continue Reading

TNI AL

Sambut HUT Ke-78 Jalasenastri Tahun 2024, Jalasenastri Korcab I DJA I Laksanakan Bakti Sosial di Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Darul Mukhlisin

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Jalasenastri Korcab I DJA I, melaksanakan Bakti Sosial dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-78 Jalasenastri, dipimpin Ketua Jalasenastri Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, bertempat di Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Darul Mukhlisin, Jalan Pulau Rimau Cingwan, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Sumatera Utara, Jum’at (12/7/2024).

Pada kegiatan ini, Jalasenastri Korcab I DJA I berkesempatan memberikan sembako dan tali asih bagi santri yang berada di Pesantren tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Korcab I DJA I menyampaikan bahwa adapun maksud kegiatan tersebut untuk bersilahturahmi dan berbagi kebahagiaan, semoga melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kesuksesan bagi seluruh pengurus dan anak-anak Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Darul Mukhlisin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I dan Babinpotmar Lantamal I.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending