Connect with us

TNI AL

Barter Sayur, Pasukan Pandawa Kostrad Gerakkan Roda Perekonomian Warga Keneyam

Published

on

Jakarta. Kedekatan masyarakat dengan Pos Kotis selama ini sangat berarti dan menimbulkan hubungan kekeluargaan yang erat, sehingga menghasilkan hubungan saling menguntungkan antara masyarakat dengan Pasukan Pandawa Kostrad.

Serangan teritorial yang selama ini dilancarkan Bang Alex kepada masyarakat Keneyam semakin nyata hasilnya, kedekatan pun semakin erat, seperti yang terjadi hari ini masyarakat datang mengantar hasil buminya ke Pos Kotis, Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, Sabtu (11/11/2023).

Dansatgas Mobile Yonif 411 Kostrad Letkol Inf Subandi, S.E.,M.I.P., menuturkan, kehadiran Pasukan Pandawa di daerah penugasan harus berdampak positif membantu meningkatkan perekonomian warga dan mensejahterakan masyarakat.

“Pertama awal datang kita jarang menemukan masyarakat yang datang ke pos, apalagi antar sayur tapi kini masyarkat yang datang sendiri ke pos kami untuk membagi hasil buminya”, terang Bang Alex sapaan Komandan Pasukan Pandawa Kostrad.

Sulitnya menjual hasil kebun merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh masyarakat, khususnya yang dialami masyarakat DIstrik Keneyam, Kabupaten Nduga. Jarak yang cukup jauh dari pasar dan rendahnya daya beli masyarakat menjadi kendala yang sulit dihadapi.

Melihat kondisi tersebut, tidak jarang Pasukan Pandawa memberikan solusi dengan memborong hasil buminya atau menukar bahan makanan yang dimiliki dengan hasil kebun yang dibawa oleh masyarakat.

Hal ini dilakukan agar roda perekonomian masyarakat Keneyam tetap berputar. Apabila hasil kebunnya tidak terjual, maka masyarakat akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga keberadaan Pos TNI menjadi solusi bagi masyarakat dalam menjual hasil kebunnya.

Melalui metode barter tersebut terwujud hubungan yang saling menguntungkan, dimana masyarakat tidak perlu pergi ke pasar untuk menjual hasil kebunnya dan cukup mendatangi Pos TNI. Demikian juga bagi anggota di Pos bisa mendapatkan sayuran yang masih segar dari masyarakat. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlantamal I Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Sumatera Utara

Published

on

By

TNI AL, Belawan, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni, dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, bertempat di Sasana Bakti Praja Kemendagri, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan bahwa Agus Fatoni pantas menjadi Pj. Gubernur Sumut. Menurutnya, Agus memiliki pengalaman yang mumpuni, apalagi Agus pernah dua kali menjadi Pj. Gubernur, yakni di Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan. Agus juga merupakan seorang Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Pada kesempatan tersebut, Tito juga melantik Hassanudin yang sebelumnya menjabat Pj. Gubernur Sumut menjadi Pj. Gubernur Nusa Tenggara Barat. Bersama dengan Agus Fatoni dan Hassanudin, Elen Setiadi juga dilantik sebagai Pj. Gubernur Sumatera Selatan. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan Ny. Tyas Agus Fatoni sebagai Pj. Ketua TP PKK Sumut oleh Ketua TP PKK Ny. Tri Tito Karnavian.

(Dispen Lanrmal I)

Continue Reading

TNI AL

Wadan Lantamal I Hadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Event

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., yang diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., beserta Forkopimda Sumatera Utara menghadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Event yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo melalui vicon, bertempat di Ruang Vicon Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan bahwa objek wisata di Indonesia sangat bagus, yang paling baik adalah mendatangkan wisatawan mancanegara dalam jumlah yang besar, salah satu caranya ialah menggelar banyak event berskala internasional mulai dari konser dan event olahraga sehingga kemudahan perizinan perlu dilakukan.

Kegiatan dihadiri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Olahraga Dito Ariotedjo, Menkominfo Budi Ari, dan Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

KETUA KORCAB III DJA I MENGUNJUNGI PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DALAM RANGKA MENYAMBUT HUT KE-78 JALASENASTRI

Published

on

By

Ketua Korcab III DJA I, Ny. Neneng Harry Indarto mendampingi Kasi sosial Pengurus Pusat Jalasenastri Ny Aviani Akmal mengunjungi kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Jalasenastri Ke-78 tahun 2024 bertempat di Lapangan RT 09 RW 01 Komplek TNI AL Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Senin (24/06/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut : Wadan Lantamal III beserta PJU dan Kasatker Lantamal III. Turut serta Ur Sosial PP Jalasenastri,
Pengurus Korcab III DJA I, Ibu Ketua RW 01,
Ibu Ketua RT 09 dan Pengurus RT 09.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dilanjutkan dengan penyuluhan kriteria lingkungan rumah Sehat, serta pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan asam urat kepada warga.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga kunjungan ke Posyandu RT 09 RW 01.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

Trending