Connect with us

Fokus Nusantara

Berantas Buta Aksara, Satgas Yonif 143/TWEJ Lakukan Ini Di Pedalaman Papua

Published

on

Fokusindonedia.com. (Pegunungan Bintang). Dalam rangka membantu Pemerintah berantas buta aksara, Satgas Yonif 143/TWEJ bantu memberikan pengajaran kepada anak-anak daerah terisolir pedalaman Papua di Kampung Kawe, Distrik Awinbon, Kab. Pegunungan Bintang, Papua, Senin (27/02/2023).

Kampung Kawe merupakan daerah terisolir hanya dapat ditempuh melalui jalur sungai dan udara dikarenakan belum terbukanya akses jalan raya disamping itu belum terdapatnya bangunan sekolah di daerah tersebut, sehingga anak-anak tidak dapat duduk dibangku sekolah untuk belajar menuntut ilmu.

Dalam keterangan Satgas, Selasa (28/02/2023) Dansatgas Yonif 143/TWEJ Letkol Inf Ari Iswoyo Timor, S.Hub.Int., membenarkan daerah tersebut dan menerangkan bahwa dalam rangka pemberantasan buta aksara di daerah penugasan maka Satgas berkomitnen akan membantu masyarakat khususnya anak-anak Kampung Kawe agar dapat membaca, menulis dan berhitung.

“Disamping tugas pokok Satgas sebagai pengaman perbatasan RI-PNG, kami juga melaksanakan pembinaan teritorial salah satunya memberikan bantuan mengajar kepada anak-anak dalam rangka memberantas buta aksara,” ungkap Dansatgas.

Melihat kondisi anak-anak yang tidak dapat bersekolah membuat Satgas Yonif 143/TWEJ tergerak memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat untuk memberikan ilmu agar mereka dapat belajar sebagaimana anak-anak yang berada di wilayah lain. “Kondisi wilayah yang belum terdapat sarana pendidikan berupa gedung sekolah dan akses lalulintas yang sulit membuat mereka tidak dapat bersekolah,” jelas Dansatgas.

Kegiatan Gadik yang dipimpin oleh Serda Anggi Ferdinan tersebut bertujuan untuk memberi motivasi kepada mereka untuk belajar setiap hari dengan anggota Satgas sebagai tenaga pengajarnya. “Sebagai wujud komitmen Satgas turut membantu pemerintah daerah telah kami rencanakan memberi bantuan mengajar dengan meminta bantuan aparat kampung untuk menyiapkan tempat sebagai sekolah darurat,” tambah Dansatgas.

Sementara itu, disela kunjungan anggota Satgas kepada anak-anak, Kepala Kampung Kawe bapak Akiya Kamiki mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif 143/TWEJ, ia menuturkan masyarakat sangat terbantu dengan adanya pos TNI di Kampungnya yang memberi dukungan bantuan mengajar kepada anak-anak.

“Kami mengucapkan terimakasih dan bahagia sekali dengan adanya bapa TNI, masyarakat sangat terbantu terutama dibidang pendidikan karena di Kampung Kawe belum ada fasilitas pendidikan apalagi guru, sekali lagi kami sangat berterimakasih dan senang sekali,” tutur Kepala Kampung Kawe.

Autentifikasi : Pen Satgas Yonif 143/TWEJ

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fokus Nusantara

Taman Baca Satgas Yonif 143/TWEJ Disambut Gembira Masyarakat Papua

Published

on

By

Folusindonesia.com, (Keerom). Kehadiran Satgas Yonif 143/TWEJ di perbatasan Papua sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, yang mana mereka selalu berupaya membantu memberikan solusi kepada warga di wilayah penugasan.

Sebagaimana yang dilakukan anggota Pos Yuruf Satgas Yonif 143/TWEJ yang menyulap pendopo menjadi taman baca guna meningkatkan minat baca bagi anak-anak pedalaman di Pos Yuruf, Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kab. Keerom, Papua, Sabtu (20/5/2023). Demikian disampaikan Dankipur II Satgas Yonif 143/TWEJ Lettu Inf M. Supriyono dalam keterangannya.

Lettu Inf M. Supriyono mengatakan, terjalinnya hubungan komunikasi yang harmonis menjadikan warga kampung menganggap Pos adalah rumah kedua mereka, khususnya anak-anak untuk bermain dan berolahraga disaat waktu luang.

“Supaya mereka tidak hanya bermain maka Satgas berinisiatif menjadikan pendopo Pos Yuruf menjadi taman baca guna mengasah keterampilan dan menambah pengetahuan anak-anak,” ucap Dankipur II.

Kegiatan yang dimotori oleh Danpos Yuruf Satgas Yonif 143/TWEJ Lettu Inf Sukamto ini mendapat sambutan gembira dari masyarakat, mereka sangat mendukung gagasan Satgas untuk mewujudkan anak-anak Kampung Yuruf terampil membaca dan mempunyai pengetahuan yang luas.

“Warga menyambut dan mendukung gagasan Satgas untuk membantu anak-anak mereka terampil membaca walau sambil bermain,” jelas Dankipur II Satgas Yonif 143/TWEJ Lettu Inf M. Supriyono.

Sementara itu, Kepala Kampung Yuruf Bapak Marthin Pohway (53) mengucapkan terima kasih kepada anggota Pos Yuruf Satgas Yonif 143 yang telah membantu mengarahkan anak-anaknya pada kegiatan-kegiatan positif. Pihaknya meyakini dengan terampil membaca wawasan dan pengetahuan anak-anak di kampungnya menjadi berkembang dan semangat untuk bersekolah.

“Sa ucapkan terimakasih kepada Bapak TNI yang telah turut andil mencerdaskan anak-anak kami dengan menyediakan pendopo pos menjadi ruang baca anak-anak, terimakasih telah mengarahkan anak kami kepada kegiatan-kegiatan yang sangat positif sebagai bekal mereka kelak,” ujarnya.

Autentifikasi : Pen Satgas Yonif 143/TWEJ

Continue Reading

Fokus Nusantara

Danlantamal XII Kunjungi Masyarakat Perbatasan Indonesia-Malaysia

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Mempawah, TNI AL, Lantamal XII,* Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto mengunjungi masyarakat perbatasan Indonesia – Malaysia di Pendopo Villa Yusri Igas Dusun Belubu Desa Nanga Bayan Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang, Jumat (19/05/2023).

Danlantamal XII bersama dengan rombongan mengunjungi masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia dalam rangka Kunjungan Kerja dan mempererat silaturahmi bersama dengan masyarakat Sei Kelik.

Dalam kesempatan ini Danlantamal XII berkunjung bersama dengan Pangdam XII/Tpr, Kapolda Kalbar, Danlanud Supadio, Wamen LHK, dan Ka Kanwil ATR/BPN Kalbar.

Rombongan disambut hangat oleh Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko, S.Hub.Int., M.A. bersama dengan jajaran dan masyarakat setempat.

Dispen Lantamal XII

Continue Reading

Fokus Nusantara

Berantas Buta Huruf Untuk Anak Papua Gemar Membaca, Yonif R 754 Bagikan Buku Peringati Hari Buku Nasional

Published

on

By

 

Jakarta. Bertepatan tanggal 17 Mei 2023 yang merupakan Hari Buku Nasional, Yonif Raider 754/ENK/20/3 Kostrad menumbuhkan semangat baca dan membagikan puluhan buku kepada anak – anak di kampung Inamco distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Rabu (17/05/2023).

Kegiatan pembinaan Teritorial Yonif Raider 754/ENK yang di pimpin oleh Letnan Dua Inf Amirul, selain mengajak anak – anak untuk membaca buku – buku cerita namuns juga membagikan puluhan buku – buku bacaan tersebut kepada mereka.

Yolina (42) mengatakan ” kami berterimakasih kepada bapak – bapak anggota yang sudah membagikan buku bacaan kepada anak anak kami”.

Letnan Kolonel Inf Sriyono S.IP. Selaku Danyonif Raider 754/ENK Kostrad menyampaikan “Dalam Memperingati Hari Buku Nasional mari kita tumbuhkan semangat membaca dan kesadaran membaca sedari dini”. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

\

Continue Reading

Trending