Connect with us

TNI AD

Berikan Edukasi Pentingnya Toleransi,Korem 052/Wkr Gelar Komsos Dengan Komponen Masyarakat

Published

on

Korem 052 – Tangerang. Sebagai bentuk pembinaan Teritorial demi terciptanya pemahaman dan partisipasi Komponen Masyarakat dalam upaya memberikan edukasi mengenai pentingnya toleransi beragama di Wilayahnya, Korem 052/Wijayakrama menggelar Kegiatan Komunikasi Sosial yang di ikuti oleh para pemuka lintas agama dan Lembaga Swadaya masyarakat bertempat di Aula Sudirman Makorem Jln Beulevard Diponegoro no 108 Bencongan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang.Senin (24/6/2024)

Kegiatan yang dipimpin Kasiter Kasrem Kolonel Arh Harry Purnomo dimulai pada pukul 09.00.wib diikuti oleh 60 orang para tokoh lintas agama dan Ketua LSM yang berada di wilayah jajaran Korem 052/Wkr yang meliputi wilayah kodim 0502/Jakarta Utara,Kodim 0503/Jakarta Barat,Kodim 0506/Tangerang dan Kodim 0510/Tigaraksa.

Dalam sambutannya Kasiter yang membacakan sambutan Danrem 052/Wkr menyampaikan, Selaku pribadi dan Pimpinan Korem 052/Wkr, saya mengucapkan selamat datang serta terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Ibu semuanya yang dapat meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan ini.

“Tujuan dari pertemuan seperti ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara Prajurit Korem 052/Wkr dengan Komponen Masyarakat agar terjadi keeratan hubungan yang harmonis guna memberikan pemahaman, menggugah dan mengajak Komponen Masyarakat dalam rangka berpartisipasi dalam pertahanan negara, mengatasi kesulitan rakyat dan mendukung tugas pokok Korem 052/Wkr.”

“Indonesia adalah negara majemuk, didalamnya terdiri dari keanekaragaman seperti suku, bahasa, etnis, agama, budaya dan lainnya dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Di satu sisi, ini adalah modal yang sangat kuat untuk membangun bangsa yang lebih kokoh dan mandiri. Akan tetapi di sisi lain, ini bisa menjadi ancaman bagi keutuhan bangsa, bila tidak terakomodir semuanya, sebagai contoh konflik yang ditimbulkan oleh SARA ( Suku, Ras dan Antar Golongan) ini adalah salah satu bentuk ancaman bagi keutuhan NKRI.”terangnya .

“Setiap orang berhak atas kebebasan beragama atau kepercayaan sehingga tidak seorangpun boleh dipaksa untuk menganut dan memeluk agama atau kepercayaannya sendiri. Kebebasan beragama itu dijamin oleh negara lewat Konstitusi. Di Indonesia itu sendiri kebebasan beragama diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berisikan tentang Hak kebebasan dalam beragama, Dan diatur dalam Sila Pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, yang bermakna kewajiban setiap manusia di Indonesia menghormati agama dan kepercayaan orang lain, karena merupakan hak setiap orang untuk memilih, memeluk, dan mengamalkan ajaran-ajaran agamanya secara bebas tanpa mengalami gangguan dan juga tanpa mengganggu pihak lain. Maka dari itu perlu adanya pemahaman akan pentingnya nilai toleransi dalam menghadapi keberagaman dan perbedaan tersebut.”

“Namun ternyata kebebasan beragama di Indonesia belum sepenuhnya tuntas karena regulasi HAM yang sifatnya universal belum ada perbaikan konsepsi dan sistem internasional yang melekat pada regulasi tersebut. Masih terdapat ambiguitas konsepsi dan muatan didalamnya. Jadi kita sebagai tokoh masyarakat dan tokoh agama harus memberikan hak kebebasan beragama di tengah maraknya kekerasan yang mengatasnamakan agama dengan mengedukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan Toleransi.” Pintanya.

“Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak kepada seluruh komponen masyarakat yang hadir disini agar mendukung tugas pokok Korem 052/Wkr khususnya dalam pelaksanaan pembinaan Teritorial demi terciptanya pemahaman dan partisipasi Komponen Masyarakat dalam upaya memberikan edukasi mengenai pentingnya toleransi beragama.”ujarnya.

“Itulah beberapa hal pokok yang perlu saya sampaikan pada acara silaturahmi dengan para tomas, toga, toda dan todat kali ini, semoga hikmah dari pertemuan ini bermanfaat bagi kita semua guna menghadapi tantangan tugas di masa depan, kita harus bersatu padu membentuk suatu harmoni dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kokoh dan kuat di bawah naungan Pancasila yang kita junjung tinggi.”tutupnya

Sumber penrem52

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AD

Pangkostrad Dampingi KASAD Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mess Bintara dan Tamtama Kostrad

Published

on

By

Jakarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. pada acara peletakan batu pertama (Ground Breaking) pembangunan mess Bintara dan Tamtama Kostrad di Komplek Perumahan Kostrad, Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Jumat (19/7/2024).

Pembangunan Mess ini merupakan bagian dari upaya pimpinan TNI AD untuk meningkatkan fasilitas sebagai salah satu bentuk kesejahteraan bagi prajurit di lingkungan khususnya Kostrad.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. mengatakan jika terbatasnya tempat tinggal atau perumahan bagi prajurit terus menjadi perhatian serius pimpinan TNI AD. Oleh karena itu, guna meningkatkan moril dan kinerja prajurit, TNI AD akan terus melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Lebih lanjut, Kasad mengungkapkan keyakinannya bahwa upaya pembangunan perumahan seperti ini masih memungkinkan untuk terus dilakukan TNI AD. Menurut Kasad pula, poin pentingnya ada pada perencanaan dan eksekusinya yang harus dikelola dengan baik, serta tepat guna.

“Mudah-mudahan ke depan bisa step by step kita lakukan terus. Mudah – mudahan juga tahun depan itu bisa sampai 3.000 rumah prajurit kita swakelolakan. Juga renovasi 1.000 koramil dan Kaporlap (Perlengkapan Perorangan dan Lapangan) prajurit juga akan kita dukung,” tegas Kasad, seraya mengucapkan terima kasih kepada Pangkostrad beserta jajarannya.

Pembangunan mess Bintara dan Tamtama ini terletak di lahan seluas 540 m² dengan bangunan seluas 642 m², yang terdiri dari tiga lantai dengan kapasitas total 17 kamar. Masing-masing kamar berukuran 38 m², dilengkapi dengan fasilitas satu kamar tidur, ruang tamu, dapur, balkon, serta kamar mandi.

Sementara itu, Pangkostrad mengatakan jika pembangunan Mess ini merupakan tindak lanjut kebijaksanaan Bapak Kasad yang berorientasi kepada kepentingan TNI, TNI-AD khususnya Kostrad.

“Pertimbangan pembangunan Mess ini dilakukan karena keterbatasan tempat tinggal / perumahan bagi prajurit, hal ini sangat erat kaitannya terhadap moril, kesejahteraan dan semangat dalam bekerja. Melalui pembangunan Mess ini diharapkan nantinya prajurit akan mendapatkan tempat tinggal yang layak huni, sehingga akan meningkatkan moril prajurit guna menumbuhkan semangat kerja dalam melaksanaan tugas pokoknya,” kata Pangkostrad.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kasad, Pangdam Jaya dan kepada semua pihak yang telah ikut serta mendukung secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pembangunan ini, khususnya kepada PT. Arung Tangguh Jaya,” tambah Pangkostrad.

“Semoga partisipasi yang telah diberikan menjadi ladang amal dan dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi prajurit Kostrad,” pungkas Pangkostrad.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pangkostrad, Pangdam Jaya, Asrena Kasad, Aslog Kasad, dan pejabat utama di lingkungan Kostrad. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

TNI AD

Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Jadikan Semangat Menuju Indonesia Emas

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H/ 2024 M, Kodim 0505/JT mengelar doa bersama dan santunan anak yatim piatu, yang dipimpin oleh KH. M. Soleh Anwar,LC. bertempat di Masjid Jami PALAPA jln. Dr. Sumarno Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jumat (19/7/2024).

Kegiatan peringatan 1 Muharram dihadiri Para Perwira staf/Danramil, perwakilan Anggota Koramil, PNS, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0505 Koorcab Rem 051 Pd Jaya dan 30 orang Anak Yatim-piatu warga disekitar Makodim.

Penyampaian Danramil Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman, S,Sos,M,Si, mewakili Dandim 0505/JT mengatakan, Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H/2024 M yang kita laksanakan ini mengusung tema “Jadikan Semangat Muharram Untuk Perubahan Yang Lebih Baik menuju Indonesia Emas 2045”.

Peringatan 1 Muharram ini bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

“Kita sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) Koramil dan Kodim yang beragama Muslim dalam memperingati hari – hari besar islam sebagai wujud syukur kita atas rahmat, rejeki dan kesehatan yang diberikan Allah SWT, karna kita tidak pernah tau kapan kiamat kecil (kematian) datangnya. Harapan kita bersama dengan pergantian tahun baru Islam kita hijrah ambil kebaikan dengan menyayangi anak yatim-piatu serta mensedekahkan harta kita dapat sesuai dengan perintah Allah SWT.

Sementara itu Ustadz KH. M. Soleh Anwar,LC. Dalam tausiahnya mengatakan momen 1 Muharam menandakan awal baru bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia dimana Bulan pertama kalender Hijriah tersebut juga merupakan perjuangan Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah menuju Madinah sehingga kita lebih meningkatkan keimanan dan ibadah kepada Allah SWT.

Dengan masuknya bulan Muharram di tahun 2024 ini untuk kita Introspeksi diri serta evaluasi terhadap perjalanan hidup selama ini agar ke depannya keluarga besar Kodim 0505/JT menjadi ebih baik.

“Semoga tahun baru Islam ini menjadikan kita insan yang lebih baik, serta membawa berkah, keselamatan, kebahagiaan dan kesuksesan kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

TNI AD

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0501/JP Laksanakan Latihan Beladiri Taktis

Published

on

By

Jakarta Pusat_Asah kemampuan untuk pertahanan diri, Babinsa Jajaran Kodim 0501/JP melaksanakan kegiatan latihan beladiri taktis, bertempat di Makodim 0501/JP Jl. Selaparang Blok B. 11 Kav. I, Kel. Gunung Sahari Selatan, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat. Jum’at (19/7/2024).

Dandim 0501/JP Kolonel Inf Bangun I.E. Siregar, S.H., MIPOL mengatakan, Beladiri Taktis merupakan seni beladiri perpaduan dari berbagai seni bela diri yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota TNI, tak terlepas oleh para Babinsa itu sendiri.

Kolonel Inf Bangun I.E. Siregar, S.H., MIPOL mengungkapkan, latihan Beladiri Taktis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu para personel Kodim 0501/JP, sehingga dapat sebagai pendukung dalam setiap pelaksanaan tugas.

Selain itu juga latihan Beladiri Taktis ini, kami laksanakan secara bertingkat, bertahan dan berlanjut guna menjaga kebugaran serta imunitas tubuh, sehingga dapat membantu menjaga keamanan warga masyarakat”, ujar Dandim 0501/JP.

(Sumber Kodim 0501/JP)

Continue Reading

Trending