Connect with us

Nasional

Cegah Kerawanan Banjir, Satgas Yonarmed 1 Kostrad Bantu Warga Dirikan Tanggul Sungai

Published

on

Fokusindonesia.com, Ambon — Pos Lokki yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad melaksanakan kegiatan membantu warga dalam membuat tanggul untuk mencegah banjir di Desa Lokki, Kec. Huamual, Kab. Seram Bagian Barat (SBB).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M. dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Satgas, Desa Waiheru, Kec. Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon, Maluku, Senin (22/05/2023).

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut selain untuk mencegah banjir juga untuk melindungi lokasi sumber air di Desa Lokki yang digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari. “Dengan waktu sisa penugasan yang ada, kami Satgas Yonarmed 1 Kostrad akan selalu hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi. Semoga apa yang dilakukan Satgas dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan terciptanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” ungkap Dansatgas.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu membuat tanggul dari tumpukan karung yang berisikan bebatuan dan tanggul disusun sepanjang titik yang menjadi langganan banjir. Tidak hanya melindungi rumah warga dari banjir, tetapi kegiatan ini juga sebagai bentuk upaya melindungi lokasi sumber air yang ada.

Bapak Joshua Latusia selaku pejabat Desa Lokki mengaku sangat senang dan mengapresiasi yang dilakukan oleh anggota pos Satgas untuk selalu hadir dan membantu kesulitan warga disini. “Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI khususnya Bapak-bapak dari Kostrad. Semoga Bapak-bapak TNI senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan selama bertugas. TNI AD selalu ada dihati rakyat !,” pungkasnya.

Autentikasi: Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Pangdam Jaya Terima Kunjungan Kepala PT Jasa Raharja Cabang DKI Jakarta.

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Kodam Jaya-Cililitan Jakarta Timur. Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan menerima kunjungan Kepala PT Jasa Raharja  cabang DKI Jakarta Bapak Suhardi beserta jajarannya, bertempat di Ruang Tamu Pangdam Jaya Makodam Jaya Jl Mayjen Sutoyo No.5 Cililitan Jakarta Timur pada Kamis (25/05/2023).

Kedatangan kepala PT Jasa Raharja cabang DKI Jakarta beserta jajarannya disambut baik oleh Pangdam Jaya. Pangdam berharap dari kunjjungan silaturahim ini dapat terjalin kerjasama yang baik antara Kodam Jaya dengan PT Jasa Raharja Jakarta.

Lebih lanjut Pangdam sampaikan, Jasa Raharja terus berkoordinasi dan bersinergi dengan stakeholder lainnya untuk melaksanakan program-program pencegahan kecelakaan agar dapat menekan angka kecelakaan di Jakarta khususnya.

Acara yang diakhiri dengan saling bertukar cinderamata ini juga dihadiri oleh Asops Kasdam Jaya, Asintel Kasdam Jaya serta Staf PT Jasa Raharja cabang DKI Jakarta.

Continue Reading

Nasional

Jelang Pergantian Gapeka, Divre I SU Imbau Pengguna Jalan Berhati-hati dan Tingkatkan Disipilin di Pelintasan Sebidang

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jelang perubahan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) tahun 2021 menjadi Gapeka 2023 yang akan berlaku mulai 1 Juni 2023 mendatang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara melakukan kegiatan sosialisasi keselamatan di dua titik pelintasan sebidang, yaitu JPL 02 KM 0+690 Jl. Perintis Kemerdekaan dan JPL 02 KM 1+380 Jl. Yos Sudarso, Medan, Kamis (25/5).

Dalam kegiatan sosialisasi keselamatan ini, PT KAI Divre I SU menggandeng Komunitas Pecinta Kereta Api Divre I Railfans, Insan Pecinta Kereta Api (IPKA) Sumut dan pihak keamanan. Adapun sosialiasi keselamatan dilakukan dengan membagikan stiker dan membentangkan spanduk yang berisi informasi dan imbauan terkait larangan menerobos palang pintu pelintasan serta agar pengguna jalan mengutamakan keselamatan bersama di pelintasan sebidang.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap masyarakat semakin waspada saat melintas di pelintasan sebidang, karena adanya perubahan jadwal kereta api yang melintas dengan diberlakukannya Gapeka 2023. Mari kita tingkatkan disipilin di pelintasan sebidang dengan menaati aturan lalu lintas dan mengutamakan perjalanan KA saat pintu pelintasan sudah ditutup dan sirine berbunyi. Sebab, pelanggaran lalu lintas di pelintasan sebidang tidak saja merugikan pengendara jalan tetapi juga perjalanan kereta api,” jelas Anwar Solikhin, Manager Humas Divre I SU.

Perlu diketahui perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan yang dibuat sebidang. Perlintasan sebidang tersebut muncul dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat menggunakan kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api. Tingginya mobilitas masyarakat dan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas memicu timbulnya permasalahan yaitu terjadinya kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang.

Sesuai Undang Undang No.23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 94 menyatakan bahwa, “(1) Untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup; (2) Penutupan perlintasan sebidang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah.”

Divre I SU mencatat terdapat 121 perlintasan sebidang yang resmi dan 275 perlintasan sebidang yang tidak resmi. Sedangkan perlintasan tidak sebidang baik berupa flyover maupun underpass berjumlah 34.

Selama tahun 2022 di wilayah Divre I SU telah terjadi 36 kali kecelakaan di pelintasan sebidang, dengan jumlah korban 10 meninggal dunia dan 26 luka-luka. Sedangkan pada tahun 2023, sejak bulan Januari tercatat 17 kejadian kecelakaan di pelintasan sebidang dengan korban meninggal dunia 2 orang dan korban luka-luka sebanyak 15 orang.

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan pada perlintasan juga kerap terjadi lantaran tidak sedikit para pengendara yang tetap melaju meskipun sudah ada peringatan melalui sejumlah rambu yang terdapat pada perlintasan resmi.

Padahal tertulis di Undang Undang No. 22 Tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114 menyatakan bahwa; “Pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib: Berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai di tutup dan atau ada isyarat lain; Mendahulukan kereta api, dan; Memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.”

“Sosialisasi di pelintasan sebidang ini tak hanya sampai disini saja. Kami berkomitmen bahwa agenda sosialisasi ini akan terus berkelanjutan secara bertahap di lokasi lain. Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mewujudkan keselamatan di pelintasan sebidang. Karena ini bukan hanya tugas KAI dan Pemerintah saja, tapi juga masyarakat pengguna jalan,” tutup Anwar.

Salam,
Anwar Solikhin
Manager Humas Divre I SU

Continue Reading

Hankam

Menhan Prabowo Bertemu PM Malaysia Anwar Ibrahim, Bicara Hubungan Bilateral dan Regional

Published

on

By

Malaysia – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, di sela-sela kegiatan The 16th Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2023 (LIMA 2023), di Malaysia, pada Selasa malam (23/5/2023).

“Alhamdulillah kemarin malam saya dapat bersilaturahmi dengan Yang Amat Berhormat Perdana Menteri Malaysia Dato’ Seri Anwar Ibrahim di Langkawi Malaysia,” kata Menhan Prabowo.

Pertemuan tersebut, menurut Perdana Menteri Malaysia membahas isu-isu penting yang menjadi kepentingan bersama termasuk hubungan bilateral kedua negara.

“Meski jadwal yang padat pada Pameran Maritim dan Aeroangkasa Antarabangsa Langkawi (LIMA ’23), saya sempat ketemu Menteri Pertahanan Indonesia Bapak Prabowo Subianto dalam satu sesi ngobrol santai,” ujar Anwar Ibrahim.

“Semoga hubungan kedua negara sahabat ini terus terjalin erat dan erat,” lanjut Anwar Ibrahim. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Continue Reading

Trending