Connect with us

TNI AD

Courtesy Call Pangkostrad dan Singapore Army 3rd Division Commander

Published

on

Fokusindonesia.com, Jakarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. melaksanakan Courtesy Call bersama Singapore Army 3rd Division Commander yang dipimpin oleh Pangdiv 3 Angkatan Darat Singapura Brigadir Jenderal Cai Dexian di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Dalam kegiatan ini, Brigadir Jenderal Cai Dexian didampingi oleh Military Expert Tujuh Melvin Gan, Atase Pertahanan Singapura dan Kolonel David Kwek, Atase Darat Singapura.

Setibanya di Makostrad, Pangdiv 3 Angkatan Darat Singapura disambut oleh Asops Kaskostrad dan Dandenma Kostrad, hormat jajar dari Regu Jaga, , mengunjungi museum Darma Bhakti Kostrad, penandatangan buku tamu, melaksanakan foto bersama dilanjutkan dengan Courtessy Call di ruang Executive Longe.

Dalam sambutannya, Pangkostrad menyampaikan jika ini merupakan sebuah kebanggaan bagi keluarga besar Kostrad, khususnya saya sebagai Pangkostrad untuk mengadakan acara pertemuan ini dengan Singapore Army 3rd Division Commander, Brigadier General Cai Dexian Beserta Rombongan.

Pangkostrad menjelaskan jika Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, disingkat Kostrad merupakan komando utama operasi di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai komando utama pembinaan di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad, yang dalam pelaksanaan tugasnya satuan kostrad terbagi menjadi 3 Divisi Infanteri. antara lain Divisi Infanteri 1 berada di Jawa Barat, Divisi Infanteri 2 berada di Jawa Timur dan Divisi Infanteri 3 berada di Sulawesi Selatan.

“Kostrad memiliki tugas pokok menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan tingkat strategis sesuai dengan kebijakan panglima tni, dan sebagai komando utama pembinaan bertugas membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasad,” kata Pangkostrad.

“Dalam melaksanakan tugas pokoknya kostrad menyelenggarakan fungsi-fungsi yang terdiri dari fungsi utama yaitu melaksanakan pertempuran di darat yang dilakukan dengan omp dan atau omsp serta fungsi organik militer yaitu melaksanakan kegiatan di bidang intelijen, operasi, personel, logistik, teritorial, perencanaan, serta pengawasan dan pemeriksaan dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad,” tambah Pangkostrad.

Selain itu, Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. mengatakan bahwa kostrad telah beberapa kali menyelenggarakan kerjasama militer melalui latihan bersama dengan negara sahabat. Pada bulan Agustus 2023 lalu, Kostrad telah melaksanakan latihan bersama dengan Angkatan Darat Singapura, dengan dilaksanakannya latihan bersama Safkar INDOPURA 35/2023 pada tanggal 20 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2023 di Singapura.

“Kostrad mengirim tujuh personel untuk mengikuti latihan bersama tersebut, dalam latihan bersama tersebut prajurit Kostrad dapat melaksanakan latihan tim pertempuran tingkat brigade dan batalyon motoris/mekanis yang didukung oleh Alutsista. Kegiatan latihan bersama tersebut merupakan suatu pengalaman berharga bagi prajurit Kostrad yang terlibat,” ujar Pangkostrad.

“Terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas kesempatan prajurit Kostrad dapat melaksanakan latihan bersama Safkar INDOPURA 35/2023. Saya berharap kerjasama antara Kostrad dengan Singapura dapat terus diselenggarakan kedepannya dan menjadi suatu upaya strategis untuk mempererat dan memperkuat hubungan bilateral aspek pertahanan,” pungkas Pangkostrad.

Sementara itu, Pangdiv 3 Angkatan Darat Singapura Brigadir Jenderal Cai Dexian mengatakan jika dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta staf.

Setelah Courtessy Call selesai, kegiatan diakhiri dengan pertukaran Cinderamata.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Staf Kostrad Mayjen TNIMuhammad Saleh Mustafa, Irkostrad Mayor Jenderal TNI Mochamad Reza Utama, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad dan para Asisten Kaskostrad. (Penkostrad)

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AD

Dorong Untuk Peduli Lingkungan, Babinsa Koramil 01/Kranji Ajak Warga Karya Bakti Bersihkan Saluran Air

Published

on

By

Kodam Jaya, Kota Bekasi – Di Jalan H. Iliyas Rt.001,002 & 003/Rw.012, Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, semangat gotong royong personil Babinsa Koramil-01/Kranji Kodim 0507/Bekasi bersama warga menghasilkan aksi nyata dalam membersihkan lingkungan dan saluran air. Senin (27/5/2024)

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh H.Bahrudin SH,Msi (Lurah Jakamulya), Arja Wijaya(Sekel Jakamulya), Personil Koramil 01/Kranji, Ibu Royani (Ketua Rw.012), Aparat kelurahan Jakamulya, anggota Linmas Jakamulya, Mitra Jaya Koramil 01/Kranji bersama Warga Rt.001,002,003 /Rw.012 Kelurahan Jakamulya tersebut mendapatkan apresiasi dari Letkol Inf C.Anam, S.sos. selaku Danramil 01/Kranji.

“Saya selaku Danramil 01/Kranji mengucapkan terima kasih atas kehadiran warga dalam melaksanakan karya bakti, semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kelurahan Jakamulya , ” ujar Letkol Inf Anam.

Sasaran utama dari karya bakti ini adalah membersihkan lingkungan dan saluran air sepanjang 100 meter.

Menurut Letkol Inf Anam, kegiatan ini tidak hanya tentang kebersihan lingkungan, tetapi juga tentang kesehatan masyarakat.

“Mari kita semua bersama-sama ikut menjaga dan melestarikan lingkungan dan sekitar rumah masing-masing maupun fasilitas umum lainnya, yang sudah menjadi tanggung jawab kita bersama, ” tambahnya.

Lebih lanjut, dengan membersihkan parit, aliran air yang menampung air hujan akan menjadi lancar, mencegah genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk penyebab DBD.

Terlihat warga bersama Babinsa bahu membahu membersihkan lingkungan yang berada di Rt.001, 002 & 003 Rw.12. Selain itu para Babinsa juga turun langsung ke dalam saluran air untuk membersihkan rumput, sampah-sampah dan pohon liar yang berada di sekitar saluran air dan gorong-gorong.

H.Bahrudin SH,Msi selaku Lurah Jakamulya, juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini. “Saya selaku Lurah bersama masyarakat sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bapak Babinsa yang selama ini selalu aktif di wilayah binaannya, dan memberikan motivasi kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, ” ucapnya.

Kegiatan karya bakti ini diharapkan akan terus dibudayakan di Kelurahan Jakamulya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat secara berkelanjutan.

(Sumber Kodim 0507/Bekasi)

Continue Reading

TNI AD

Benahi Homeyo Yang Aman, Koops Habema Bersama Masyarakat Inisiasi Pendirian Sekolah Lapangan

Published

on

By

Jakarta. Setelah kembali ke kampung halamannya dari tempat pengungsian selama 3 minggu, warga masyarakat Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, mendapatkan situasi tempat tinggalnya kembali aman dan kondusif. Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA yang telah menempatkan Aparat Satuan Tugas Teritorial (Satgaster) Kodim Persiapan Intan Jaya di lokasi, terus berusaha membantu kesulitan masyarakat Homeyo, khususnya dalam pelayanan dasar kebutuhan masyarakat, termasuk didalamnya sarana pendidikan bagi anak-anak.

Awalnya, sebelum terjadi aksi pembakaran oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap bangunan SDN Inpres Pogapa, Distrik Homeyo, pada hari Rabu 1/5/2024, anak-anak warga Homeyo dan sekitarnya menjalankan proses belajar mengajar di bangunan sekolah tersebut. Akibat aksi pembakaran oleh OPM tersebut, kini bangunan fisik SDN Inpres Pogapa telah rata dengan tanah, dan tersisa puing-puing material bangunan. Kondisi ini tentunya menyulitkan anak-anak dan para guru untuk menjalankan proses pembelajaran kurikulum pendidikan sekolah.

Melihat kesulitan tersebut, Satgaster KOOPS HABEMA tidak tinggal diam dan mengajak para warga untuk bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan sekolah guna mendirikan Sekolah Lapangan di wilayah Homeyo. Inisiatif KOOPS HABEMA tersebut disambut dengan sangat baik oleh para warga yang terbukti dengan berbondong-bondong datang membantu para Prajurit TNI yang berusaha membersihkan lokasi kebakaran. Upaya untuk mendirikan Sekolah Lapangan ini dipelopori oleh para Prajurit KOOPS HABEMA sebagai upaya melanjutkan proses belajar mengajar yang sempat terhenti sekian lama akibat ulah OPM mengganggu keamanan dan situasi kondusif Homeyo. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

TNI AD

Satgas Yonif 432 Kostrad Borong Hasil Tanam Warga Distrik Dal, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Published

on

By

Jakarta. Satgas Yonif 432 Kostrad menggelar kegiatan ROSITA (Borong Hasil Tanam) di Distrik Dal sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat setempat. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Satgas terhadap peningkatan perekonomian lokal melalui pembelian langsung hasil pertanian warga. Rabu (22/05/2024).

Dansatgas Yonif 432 Kostrad Letkol Inf Zulfikar Akbar Helmi, S.E, menyampaikan bahwa kegiatan borong hasil tanam ini dilakukan secara rutin di setiap distrik yang menjadi wilayah tugas mereka. Salah satunya adalah Distrik Dal, di mana para prajurit didorong untuk membeli langsung hasil pertanian masyarakat tanpa melakukan tawar-menawar harga.

“Hampir di setiap pos kami tekankan kepada prajurit apabila membutuhkan bahan makanan seperti sayur-sayuran, langsung beli dari masyarakat. Kalau bisa diborong semuanya sesuai kebutuhan, jangan tawar-menawar harga, langsung beli,” ujar Dansatgas.

Kegiatan di Distrik Dal ini dipimpin oleh Letda Inf Bayu Tri Nugroho, S.Tr.(Han) yang tidak hanya memborong hasil tanam warga tetapi juga melaksanakan patroli keamanan di sekitar distrik.

Para warga Distrik Dal mengucapkan rasa terima kasih atas inisiatif Satgas Yonif 432/WSJ ini. Mereka merasa terbantu karena hasil pertanian mereka dapat terjual dengan baik, sehingga meningkatkan semangat mereka untuk terus berkebun dan bercocok tanam.

Dengan adanya kegiatan ROSITA ini, diharapkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Distrik Dal dapat terus meningkat, serta tercipta hubungan yang harmonis antara TNI dan warga setempat. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

Trending