Connect with us

TNI AL

Danlantamal II : Pertempuran Laut Teluk Sibolga Merupakan Bentuk Patriot Seorang Jalasena

Published

on

TNI AL, Sibolga,- Masih dalam kegiatan Kunjungan Kerja, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Syufenri, S.Sos., M.Si., beserta rombongan menghadiri acara “Mengenang Pertempuran Teluk Sibolga 10-12 Mei 1947” yang dihadiri oleh Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Robiyanto, S.H., M.Tr. Hanla., dan Forkopimda Sibolga-Tapteng, Selasa (11/06/2024).

Walaupun tanggal dan waktunya sudah berlalu beberapa hari, jika kita tepatkan dengan waktu saat ini, akan tetapi tidak mengurangi rasa khidmatnya acara ini. Acara dalam rangka memperingati Pertempuran Laut Teluk Sibolga merupakan pertempuran antara Angkatan Laut Belanda dan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pada tanggal 10 dan 12 Mei 1947 di Teluk Sibolga.

Pertempuran ini menjadi salah satu perang ikonik di era Revolusi Kemerdekaan Indonesia. Pertempuran diawali oleh Patroli Kapal Penghancur HRMS Banckert JT-1 milik Belanda yang memasuki wilayah Teluk Tapian Nauli dan menghambat kapal dagang Singapore yang memang pada kala itu Pelabuhan Sibolga menjadi lokasi lalu lintas kapal ekspor dan impor.

Setelah diberi peringatan dan tidak juga digubris, Letnan Oswald Siahaan memimpin pasukan untuk mengusir kapal tersebut. Namun ditengah jalan tiba-tiba kapal milik Letnan Oswald Siahaan malah dikepung dan ditembaki sehingga terjadi adu tembak dan mundur karena jumlah yang tidak sebanding.

12 Mei 1947 Residen Tapanuli memerintah penyerbuan bersenjata terhadap Kapal Perang Belanda. Tidak tinggal diam Kapal Belanda membalas serangan sehingga mengakibatkan pos-pos ALRI, perumahan dan pelabuhan hancur. Meskipun begitu ALRI tetap berhasil memukul mundur walaupun menimbulkan beberapa korban jiwa dari ALRI.

Setelah pemutaran video pertempuran Laut tersebut, Danlantamal II Padang menyampaikan untuk selalu mempertahankan keutuhan negara, tingkatkan kesadaran bela negara serta semangat juang dan dedikasi kepada NKRI.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda Sibolga-Tapteng, Keluarga Lettu ALRI (Purn) Oswald Siahaan dan Prajurit Lanal Sibolga.

(Pen Lanal Sibolga)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Komandan Lanal Dumai Sambut Kedatangan KRI Dewa Ruci Bersama Rombongan MBJR 2024 di Kota Dumai

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Bertempat di Dermaga C Pelindo l, Jalan Datuk Laksamana Kota Dumai, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel bersama dengan Walikota Dumai H. Paisal S.KM., MARS., bersama unsur Forkopimda kota Dumai sambut kedatangan KRI Dewa Ruci, Minggu (16/6/2024).

Kedatangan KRI Dewaruci di Kota Dumai merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi Kota Dumai untuk memperkenalkan kepada dunia kekayaan budaya, sejarah, dan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kota Dumai.

“Selamat datang di Kota Dumai. Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah dan masyarakat Kota Dumai, KRI Dewa Ruci bersama rombongan MBJR 2024 hadir di Kota Dumai.” Sapa walikota Dumai dalam sambutannya.

Tujuan pelayaran KRI Dewa Ruci bersama rombongan Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024 ini disamping untuk memperkenalkan kembali kejayaan maritim bangsa Indonesia juga untuk melestarikan budaya dan tradisi jalur rempah, serta memperkuat hubungan diplomasi antar negara tetangga, dan meningkatkan promosi pariwisata maritim Indonesia.

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI AL

Patroli Mobile Dalam Rangka Antisipasi Malam Minggu Di Wilayah Tanah Abang

Published

on

By

Jakarta Pusat – Polsek Metro Tanah Abang di Pimpin Oleh Padal Iptu Hartoyo melaksanakan Patroli Mobile Kewilayahan di Wilayah Hukum Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Sabtu (15/6/2024).

Patroli dilaksanakan secara mobile ke jalan-jalan dan pemukiman warga dalam rangka antisipasi kejahatan jalanan malam hari sampai dini serta melakukan himbauan-himbauan dan antisipasi tawuran warga, narkoba, curas, curat dan curanmor.

Selesai patroli mobile personel ditempatkan di titik-titik rawan kejahatan hal ini sebagai wujud kepedulian Polri kepada masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman ini merupakan malam minggu malam panjang, ujar Hartoyo.

Apabila ada hal-hal mencurigakan dan memerlukan petugas kepolisian segera hubungi Bhabinkamtibmas, Polsek Metro Tanah Abang dan Call Center 110.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Continue Reading

TNI AL

Produk Seminar PKB Juang Menjadi Bekal Pasis dan Serdik Dipenugasan Yang Akan Datang

Published

on

By

Bandung,- Pekan Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan TA. 2024 ditutup oleh Komandan Sesko TNI Marsdya TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr.(Han)., CHRMP., yang bertindak selaku Irup pada Upacara Penutupan PKB Kejuangan Sesko TNI, Sespimti Polri, Sesko Angkatan, dan Sespimmen Polri TA. 2024, bertempat di Auditorium Yos Soedarso Seskoal Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2024).

Sebelum upacara penutupan, kegiatan diawali dengan pemaparan makalah gabungan Sesko TNI dan Sespimti Polri yang disampaikan oleh Kolonel Inf Romel Jangga Wardhana., S.E., M.I.Pol., M.Han., Kombes Pol Jean Calvin Simanjuntak, S.I.K., M.H., Kolonel Laut (P) Dr. Dickry Rizanny Nurdiansyah, PSC(J)., MMDS., Kolonel Pnb Dr. Anton Pallaguna, S.E., M.M.O.A.S., dan Kombes Pol Dr. Didik Novi Rohmanto, S.I.K., M.H., dengan moderator Agita Mahlika News Anchor TV One. Yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan makalah gabungan Sesko Angkatan dan Sespimmen Polri. Naskah perumusan selanjutnya diserahkan oleh Ketua Perumus Sesko TNI kepada Kasesmpim Polri, dan Ketua Perumus Sespimti Polri kepada Dansesko TNI.

Dalam sambutannnya, Dansesko TNI selaku Irup pada Penutupan PKB Juang TA. 2024, menyampaikan pelaksanaan seminar jadikan bekal konsep strategis yang sudah kita bahas untuk memecahkan masalah aktual sebagai sumbangsih terbaik demi kepentingan bangsa dan negara serta yang lebih penting terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, tetap jaga Sinergitas TNI-Polri guna Mewujudkan Pertahanan dan Keamanan yang Tangguh untuk Indonesia Maju.

Dansesko TNI menambahkan bahwa sinergitas dan solidaritas TNI-Polri akan selalu terpupuk dan saling menguatkan. Dengan adanya perkembangan dinamika baik perkembangan lainnya seperti Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA) atau perkembangan lingkungan strategis, solidaritas TNI-Polri tetap tinggi dan tetap kuat.

Selanjutnya Dansesko TNI menegaskan pula, produk Seminar PKB Juang menjadi bekal Pasis dan Serdik yang dapat diimplementasikan pada saat berdinas di lapangan, serta dapat diaplikasikan sehingga Sinergitas TNI-Polri siap mewujudkan Pertahanan dan Keamanan yang tangguh untuk Indonesia Maju.

Sementara itu, dalam sambutan penutupannya, Dansesko TNI menyampaikan ucapan selamat kepada Seskoal sebagai juara pertama, serta kepada Tim Sesko TNI sebagai juara kedua, Seskoad juara ketiga, Sespimmen Polri juara keempat, Seskoau juara kelima dan Sespimti Polri juara keenam. Selanjutnya ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Komandan Seskoal selaku tuan rumah dan kepada seluruh panitia dan pendukung penyelenggaraan PKB Juang 2024, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik, tertib, aman, dan lancar.

Kegiatan dihadiri oleh Kasespimti Polri, Wadan Sesko TNI, para Komandan Sesko Angkatan, Kasespimmen Polri, Wadan Sesko Angkatan, para Direktur Sesko TNI dan Direktur Sesko Angkatan, Dankorsis Seskoad, serta para undangan lainnya.

(Penhumas Sesko TNI)

Continue Reading

Trending