Connect with us

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI ACARA SOEDIRMAN AWARDS 2023

Published

on

Fokusindonesia.com, TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri acara Soedirman Awards 2023 dalam rangka pemberian penghargaan kepada prajurit TNI teladan yang membumi, inovatif, berdedikasi dan di barisan terdepan menjaga wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dihadiri Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Vero Yudo Margono bertempat di Balai Samudera Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (13/11/2023).

Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan “Ini adalah acara pertama dan perdana penganugerahan Soedirman Awards kepada prajurit-prajurit TNI yang berprestasi dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 jati diri TNI adalah sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Jati diri TNI senantiasa tercermin dalam pola pikir dan pola tindak prajurit TNI sekaligus sebagai landasan moral dan pedoman bagi prajurit TNI yang tertuang dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Jati diri TNI juga menjadi kekuatan pemersatu prajurit yang berasal dari berbagai latar belakang daerah, suku, ras, golongan dan agama. Prajurit TNI harus selalu mengutamakan kepentingan rakyat dan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan”.

Selanjutnya Panglima TNI menjelaskan “Sebagai prajurit TNI secara umum dituntut memiliki profesionalisme yang tinggi dalam bidang kemiliteran dalam rangka menjalankan tugas sesuai dengan job description masing-masing. Namun khusus bagi prajurit TNI profesionalisme dalam bidang kemiliteran tidaklah cukup, seorang prajurit TNI harus memiliki kemauan yang kuat untuk bekerja lebih keras terutama guna membantu mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya. Saya selalu menekankan di mana pun prajurit TNI berada harus bermanfaat bagi masyarakat. Penyelenggaraan Soedirman Awards tahun 2023 ini terinspirasi dari nama besar Jenderal Soedirman tokoh pemberani dan tabah yang menjadi tauladan bagi seluruh prajurit TNI dalam melaksanakan tugasnya”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Panglima TNI menegaskan “Kata-kata Jenderal Soedirman yang sesuai dengan jati diri TNI adalah kami Tentara Republik Indonesia akan timbul dan tenggelam bersama negara. Jenderal Soedirman mengajarkan kita untuk selalu membumi, taat beribadah, loyal, dekat dengan anak buah, dedikasi tinggi kepada negara, di mana pun berada dan bertugas selalu memiliki manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Sebagai bentuk apresiasi kepada prajurit TNI yang memiliki semangat dan mengikuti tauladan Jenderal Soedirman serta sebagai motivasi untuk prajurit TNI lainnya atas contoh dan inspirasi yang telah dilakukan sekaligus penyampaian laporan langsung kepada masyarakat umum atas kinerja TNI yang telah dilaksanakan, TNI menyelenggarakan Soedirman Awards ini untuk memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas apa yang telah dilakukan para prajurit TNI. Teruslah berbuat yang terbaik dan profesional guna membantu mengatasi kesulitan rakyat”.

Prajurit TNI Teladan yang menerima penghargaan Soedirman Awards 2023 kategori tentara berdedikasi yang menitikberatkan dedikasi ekstra yang diberikan oleh prajurit TNI baik dalam pengabdian selama bertugas maupun pengabdian ekstra di luar tugas utamanya sebagai abdi negara adalah Sertu Fadli Canu (TNI AD), Mayor Laut (P) Nabil (TNI AL), dan Serka Meldi Wahyudi (TNI AU); kategori tentara inovatif yang menitikberatkan prajurit TNI yang telah menorehkan pikiran dan inovasinya dalam menjalankan tugas sebagai prajurit TNI bisa berupa kebijakan ataupun program dan dirasakan oleh lingkungan kerjanya serta masyarakat adalah Koptu Anronikus Tampani (TNI AD), Letkol Laut (P) Ricky Tacomariyanto (TNI AL), dan Letkol Tek G. Siringoringo (TNI AU); dan kategori tentara penjaga wilayah NKRI yang menitikberatkan prajurit TNI yang telah berjuang, mengabdi dan berdedikasi tinggi kepada masyarakat yang berada di wilayah terluar NKRI adalah Mayor Inf Sabar Marihot Simanjuntak (TNI AD), Letda Laut (S) Semuel Wambrauw (TNI AL), dan Letkol Pnb Bambang Apriyanto (TNI AU).

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Teladani Sikap dan Perilaku Nabi Ibrahim A.S, Lanal Sabang Selenggarakan Qurban

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., ikut serta merayakan Hari Raya Idul Adha bersama Prajurit Lanal Sabang, bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (17/6/2024).

Hari Raya Idul Adha atau yang familiar disebut dengan Hari Raya Qurban merupakan salah satu point dalam bermuamalah kepada Allah SWT, datangnya Hari Raya Qurban memberikan kebahagiaan bagi seluruh umat Islam diseluruh dunia, tak terkecuali umat Islam yang ada di Indonesia.

Perayaan Hari Raya Qurban di Kota Sabang dan momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M Tahun ini terasa sangat spesial dikarenakan Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., beserta keluarga dapat berkumpul bersama Prajurit Lanal Sabang sekaligus halal bihalal guna mempererat silaturahmi serta membangun hubungan harmonis.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanal (Danlanal) Sabang memberikan contoh dan teladan kepada Prajurit dengan ikut serta berqurban 1 (satu) Ekor Sapi jenis Brahma dan 1 (satu) Ekor Kambing, juga turut serta memotong hewan qurban yang sudah diniatkan karena Allah SWT.

Sebagaimana Nabi Ibrahim A.S memberikan tauladan dengan melakukan perintah Allah SWT (Qurban) tidak lain kecuali diniatkan untuk Taqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT.

Turut hadir dalam kegiatan sebagai berikut, Komandan Lanal Sabang, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab I DJA I, Perwira Staf, Bintara, Tamtama, PNS, dan P3K Lanal Sabang.

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI AL

Lantamal XII melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H / 2024 dan Pemotongan Hewan Kurban di Mako Satrol

Published

on

By

Pontianak, TNI AL- Lantamal XII – Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan bersama Ketua Korcab XII DJA 1 dan keluarga besar Lantamal XII serta masyarakat sekitar melaksanaan Shalat Idul Adha1445 H / 2024 yang dipimpin Ust Ahmad Abdul Bari S.HI berlangsung khidmat di Lapangan Apel Satrol Lantamal XII, Jl. Yos Sudarso No.1 Pontianak, Kalbar. Senin (17/06/2024).

Setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha, Ust Ahmad Abdul Bari S.HI dalam khotbahnya menyampaikan bahwa pelaksanaan sholat Idul Adha tidak akan terlepas dengan sejarah Nabi Ibrahim AS yang diperinntahkan Allah SWT untuk menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail AS. Peristiwa tersebut itulah yamg menjadi tolak ukur perintah untuk berkurban (hewan) yang dilakukan oleh umat Nabi Muhammad SAW hingga saat ini.

Sesuai petunjuk Nabi Muhammad SAW bagi yang mampu untuk berkurban agar dapat meraih derajat ketaqwaan, dimana kurban merupakan wujud ketaatan kepada perintah Allah SWT dan besar pahalanya karena pada satu helai bulunya Allah SWT akan beri 10 kebaikan, 10 penghapusan dosa, 10 pengangkatan derajat dan barang siapa yang menyenangkan hati orang mukmin, Allah SWT akan ciptakan 70 ribu malaikat yang memohon ampunan untuknya sampai hari kiamat.

Selain itu berkurban merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap sesama, serta sarana untuk mempererat hubungan sosial dalam masyarakat, sekaligus sebagai tanda syukur atas nikmat Allah SWT, oleh karena itu berkurban juga dapat menjadi motivasi bagi kita untuk berbagi kebahagian dengan orang-orang sekitar kita yang tidak mampu.

Selesai pelaksanakan sholat Idul Adha dilanjutkan acara ramah tamah di Gedung Malahayati dan dilanjutkan penyembelihan hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi dan 14 ekor kambing di halaman belakang Satrol Lantamal XII. Hewan kurban yang akan disembelih berasal dari berbagai pihak termasuk DanlantamaL XII, Asintel Danlantamal XII, Asops Danlantamal XII, Dansatrol Lantamal XII, beberapa para Kadis dan Kasatker Lantamal XII dan keluarga Lantamal XII.

Sementara itu, dari panitia kurban telah menyalurkan hewan kurban 1 ekor kambing dan 45 kg daging ke panti asuhan Al – Haq, Sungai Rengas, Kubu Raya. Letkol Laut (K) Herry Sugiarto, Pabanren Spers Lantamal XII selaku panitia kurban menjelaskan bahwa pendistribusian hewan kurban akan diutamakan kepada keluarga besar Lantamal XII dan masyarakat sekitar, diharapkan dapat membawa berkah bagi masyarakat penerima serta memperkuat tali silaturahmi antara keluarga besar Lantamal XII, panti asuhan dan masyarakat sekitar. (Dispen Lantamal XII)

Continue Reading

TNI AL

Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H, Lanal Dumai Serahkan Hewan Kurban Ke Masjid Baitut Thoyyibin

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Setelah melaksanakan rangkaian ibadah Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M yang dilaksanakan di Mako Lanal Dumai, Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab I DJAI Ny. Gressy Hamel melaksanakan penyerahan Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445H/2024 M kepada Panitia Kurban yang dilaksanakan di Masjid Baitut Thoyyibin Komplek TNI AL Dumai, Jalan Pattimura, Laksamana, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Senin (17/06/2024).

Penyerahan dan penyembelihan Hewan Kurban dilaksanakan di Masjid Baitut Thoyyibin dihadiri Perwira Rohani Lettu Laut (T) Agung Dwi Yandik, Panitia Kurban, Tokoh Agama, serta masyarakat sekitar Komplek TNI AL Jalan Patimura Dumai.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Dumai menyampaikan bahwa Berkurban merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah diberikan Nya kepada kita.

Lebih lanjut Danlanal menyampaikan, semoga dengan semangat Hari Raya Idul Adha ini kita mampu mengatasi berbagai ujian dan cobaan, senantiasa saling berbagi dengan sesama serta menyongsong masa depan yang lebih baik dibawah pancaran nilai-nilai Islam.

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

Trending