Connect with us

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI APEL GELAR PASUKAN SATGASLA PAM KTT KE-43 ASEAN TAHUN 2023

Published

on

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri apel gelar pasukan satuan tugas laut pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (Satgasla Pam KTT) ke-43 Asean tahun 2023 yang dipimpin Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Achmad Wibisono, S.E., CHRMP. bertempat di dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (30/08/2023).

Pangkoarmada I dalam sambutannya mengatakan “Satgasla pengamanan merupakan bagian dari tugas TNI dalam melaksanakan operasi militer selain perang (OMSP) yang diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Koarmada I selaku komando utama (Kotama) operasi TNI telah mendapatkan kepercayaan tugas mulia dari pimpinan TNI untuk turut ambil bagian dalam pengamanan KTT ke-43 Asean tahun 2023 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 s.d. 9 September 2023. Oleh karena itu, Koarmada I harus mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai area of responsibility yang telah ditentukan, sektor tanggung jawab harus aman dari ancaman dan gangguan yang dapat mengganggu kelancaran jalannya pelaksanaan KTT ke-43 Asean tahun 2023”.

Selanjutnya Pangkoarmada I menjelaskan “Koarmada I telah menyiapkan personel, unsur-unsur KRI, heli, dan sea reader Satkopaska serta pangkalan-pangkalan di bawah jajaran Lantamal III Jakarta.untuk melaksanakan pengamanan laut dan pelabuhan secara maksimal guna mendukung kesiapan unsur-unsur selama operasi pengamanan laut berlangsung. Oleh karena itu, kerja sama di seluruh lapisan harus terjalin dengan baik dan melaksanakan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam mendukung kelancaran operasi pengamanan laut. Kewaspadaan di laut tidak bisa dianggap remeh dan harus benar-benar ditingkatkan terhadap ancaman yang sedang berkembang saat ini mengingat besarnya gelaran KTT ke-43 Asean tahun 2023”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Pangkoarmada I memberikan penekanan kepada seluruh personel dan unsur yang terlibat dalam Satgas pengamanan “Pertama, laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab, jangan ragu-ragu dalam bertindak pada situasi apapun dengan tetap berpedoman kepada prosedur dan aturan yang berlaku. Kedua, laksanakan selalu check and recheck terhadap seluruh personel maupun material yang terlibat. Ketiga, laksanakan koordinasi dan kerja sama secara intensif, baik dengan satuan sendiri maupun dengan komando samping serta instansi terkait lainnya dengan komando pengendalian (Kodal) sesuai garis komando masing-masing. Keempat, antisipasi kemungkinan peningkatan eskalasi yang mengharuskan dilaksanakannya escape bagi peserta KTT ke-43 Asean tahun 2023. Kelima, antisipasi kemungkinan terjadinya cuaca yang signifikan dengan selalu mengutamakan keselamatan personel dan material guna mewujudkan zero accident”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

KTT WWF 2024 SUKSES, KRI BANJARMASIN-592 TIBA DI KOLINLAMIL

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 27 Mei 2024 ——- Usai melaksanakan tahapan pull out untuk kembali ke Kesatuan masing-masing dalam rangka pergeseran personel dan materiil Pengamanan VVIP Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 Tahun 2024, salah satu unsur Kolinlamil KRI Banjarmasin-592 dibawah pimpinan Komandan KRI Kolonel Laut (P) Yohanes Berchmans Cahyono H. S.E., M.Sos, tiba di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Minggu (26/5).

Kapal Perang jenis Landing Platform Dock (LPD) yang sehari-harinya berada dibawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer 2 Surabaya ini usai merapat di Dermaga Mako Kolinlamil, KRI Banjarmasin-592 langsung menurunkan personel dan material yang dipergunakan dalam Pengamanan VVIP KTT WWF ke-10 Tahun 2024.Diawali dengan Safety Briefing guna mendetailkan teknis debarkasi setiap material yang akan keluar dari tankdeck KRI Banjarmasin-592 yang dimana memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Proses debarkasi personel dan materiil dari satuan-satuan TNI ini diantaranya dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Satuan Komunikasi dan Elektronika (Satkomlek), Pusinformar dan Kogabwilhan II.

Satu per satu sampai dengan material dan personel terakhir keluar melalui Side Ramph KRI, dengan mengikuti prosedur keamanan yang disampaikan oleh Perwira KRI Banjarmasin-592 berjalan aman dan lancar. Dengan demikian usai sudah semua Rangkaian Pelayaran KRI Banjarmasin-592 dalam mendukung PAM KTT WWF Tahun 2024.(Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

LATIHAN DALAM DINAS MESIN PENDINGIN AC RESMI DIBUKA DI KOLINLAMIL

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 27 Mei 2024 ——- Latihan Dalam Dinas (LDD) mesin pendingin AC dibuka secara resmi oleh Kolonel Laut (KH) Khoirul Anam, S.Pd., CRMP. Kepala Dinas Administrasi Personl Kolinlamil (Kadisminpers) di ruang rapat Disminpers Kolinlamil, Jakarta, Senin (27/5).

LDD mesin pendingin AC akan berlangsung selama 5 hari, satu hari pengenalan dan teori di ruangan, empat hari praktek lapangan dilaksanakan di awning Lapangan Mako M. Silam. Kegiatan tersebut diikuti 20 peserta dari perwakilan masing masing Satker di Kolinlamil. Materi yang akan diberikan antara lain: kelistrikan, media pendingin, pengetahuan mesin pendingin, alat alat mesin pendingin, sistem kontrol, cara kerja mesin pendingin, cara mengatasi mesin pendingin, perawatan mesin pendingin.
Tujuan dari LDD ini adalah memberikan pembekalan dan pengetahuan tentang mesin pendingin AC, sehingga bila ada kerusakan ringan bisa memperbaiki sendiri dan tahu cara pemeliharaan AC supaya awet dalam pemakaian.(Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

ASPOTMAR PANGKOLINLAMIL; MENJUNJUNG TINGGI PERINTAH KEDINASAN DAN MEMILIKI DISIPLIN, DEDIKASI SERTA LOYALITAS

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 27 Mei 2024 ——- Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo menjadi Inspektur Upacara Bendera hari Senin (27/5), bertempat di Lapangan Moeljono Silam Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang diikuti seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil. “Hal tersebut menunjukkan suatu bentuk implementasi komitmen dan kesadaran kita akan kecintaan, serta kebanggaan sebagai prajurit dan PNS Kolinlamil yang senantiasa menjunjung tinggi perintah kedinasan dan memiliki disiplin, dedikasi dan loyalitas serta semangat dalam melaksanakan kedinasan maupun setiap event kegiatan, khususnya dalam mengawali kegiatan maupun aktivitas yang akan dilaksanakan pada minggu ini”. Tegas Aspotmar diawal amanatnya.
Dalam upacara tersebut, Aspotmar menjelaskan mengenai tugas dan tanggungjawab Spotmar yaitu melaksanakan pembinaan potensi maritim melalui Bintahwil, Bin SDM maritim, Binkomsos dan hal kekhususan yang membedakan dengan kotama lain, yaitu sesuai perpres 66 tahun 2019 tentang susunan dan organisasi TNI pada pasal 152 menyatakan kolinlamil disamping sebagai kotama operasi sebagaimana yang dimaksud pada pasal adapun 62 juga berfungsi sebagai kotama pembinaan salah satunya sebagai pembina potensi Anglanas.
Diakhir amanatnya Aspotmar Pangkolinlamil memberikan beberapa penekanan yang perlu mendapat perhatian bagi prajurit dan PNS yang tentunya merupakan penekanan Pimpinan TNI/TNI AL yakni, Sebagai insan beragama marilah kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta rasa syukur kita kepada tuhan YME. Tingkatkan disiplin, moralitas, mentalitas dan profesionalisme baik secara pribadi, dikedinasan didalam keluarga maupun lingkungan sekitar. Ciptakan suasana kerja yang harmonis dan penuh kekeluargaan serta tetap membina fisik agar kesehatan tetap terjaga. Hindari hal-hal negatif atau bentuk kegiatan yang dilarang oleh agama maupun kedinasan yang nantinya akan berdampak dan merugikan kepada diri sendiri, keluarga maupun dinas. Tingkatkan kewaspadaan, kepedulian, keamanan dan keselamatan di dalam lingkup pelaksanaan tugas, kehidupan pribadi dan keluarga maupun lingkungan sekitar.Tingkatkan kompetensi secara sehat (pengetahuan, skill), senantiasa berinovasi dan tumbuhkan sistem kinerja yang baik, jangan pernah menyerah, jangan berpuas diri dengan apa yang telah anda dapatkan tetapi teruslah berkarya, tetaplah semangat untuk kepentingan pribadi dan kemajuan organisasi.(Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

Trending