Connect with us

TNI AD

Danrem 052/Wijayakrama, Membuka Latihan Lapangan Kodim 0503/JB.

Published

on

Fokusindonesia.com. Korem 052 – Tangerang.Untuk tetap menjaga kesiapan dalam penanganan konflik sosial diwilayah, Kodim 0503/JB melaksanakan kegiatan latihan Lapangan penanganan Konflik sosial yang di buka oleh Danrem 052/Wkr,Brigjen TNI Putranto Gatot SH,S.Sos.M.M.di Aula Palapa Makodim Jln.S.Parman , Kel. Tomang,Kec.Grogol Petamburan Jakarta Barat.Senin(20/11/2023).

Dalam sambutanya Danrem 052/Wkr yang membacakan sambutan Pangdam Jaya menyampaikan Latihan penanganan konflik sosial ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan kodim 05 03/jb dalam melaksanakan kodal menerapkan teknik dan taktik serta pengambilan keputusan guna membantu tugas pemerintah daerah maupun kepolisian dalam menghadapi permasalahan konflik sosial di wilayah.

Wilayah kodim 05 03/jb merupakan daerah lintasan yang menghubungkan wilayah DKI Jakarta dengan wilayah Tangerang maupun dengan daerah lintas Sumatera sekaligus berbatasan dengan pusat kegiatan pemerintahan negara sehingga keberadaannya sangat strategis. Jumlah penduduk di wilayah Jakarta Barat cukup besar dan banyak kemajemukan yang mengakibatkan sering terjadi kasus perkelahian masa antar kelompok.

“Beragam permasalahan yang kompleks tersebut meliputi agama, suku, ras dan kesenjangan sosial di masyarakat telah mendorong kelompok masyarakat untuk melakukan tindakan main hakim sendiri dan di luar kontrol apabila kondisi tersebut berhasil ditunggangi oleh kelompok kepentingan tertentu maka berpotensi menimbulkan konflik dan berkembang menjadi ancaman setingkat nasional.

“Mencermati kondisi wilayah Jakarta secara keseluruhan serta situasi politik dan keamanan dalam pemilihan umum( pemilu )serentak dan pemilihan presiden (pilpres)tahun 2024 yang masih dinamis berpotensi adanya ancaman konflik sosial.Konflik sosial bisa diciptakan dengan dukungan kondisi masyarakat yang majemuk (horizontal) dan maraknya kelompok kepentingan politik (vertikal)

“Dari latar belakang situasi dan kondisi wilayah,perkembangan situasi dan kondisi maka latihan lapangan penanganan konflik sosial memiliki arti penting bagi kodim 0503/Jb, yaitu memberikan kesempatan kepada komandan dan staf untuk meningkatkan kemampuan dalam merencanakan dan mengendalikan operasi perbantuan dalam penanganan konflik sosial serta kemampuan menerapkan taktik dan teknik operasi bagi seluruh personil satuan kodim 0503/Jb.

“Dengan demikian latihan penanganan konflik sosial kodim 0503/jb sudah sesuai dengan tema yaitu “Kodim 0503/JB melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah di wilayahnya dalam rangka mengatasi konflik sosial“.

“Sebelum mengakhiri amanat Saya ingin menekankan beberapa hal untuk menjadi pedoman selama dalam latihan. Pertama serap dan pahami materi latihan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat diterapkan dengan benar di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. kedua manfaatkan waktu yang singkat dengan sebaik-baiknya agar tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai secara maksimal.Ketiga pelihara dan kembangkan kerjasama yang baik antar unsur staf demi memperlancar jalannya kegiatan keempat tingkatkan terus disiplin dan profesionalisme guna mengoptimalkan kemampuan komandan dan perwira staf sehingga latihan penanganan konflik ini dapat berhasil guna dan berdaya guna untuk mendukung tugas kodim 0503/JB.Kelima perhatikan faktor keamanan personil maupun materiil untuk meminimalisir resiko kerugian yang tidak diinginkan” Tegasnya.

Sumber penrem52

TNI AD

Danramil Jatinegara Jadi Irup Upacara Bendera di SMA Cawang Baru

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Kodam Jaya, Jakarta timur – Mayor Arh M. Sianturi Danramil Jatinegara Didampingi Camat H. Muchtar,SE dan Kapolsek Kompol Chintya Intania,SH, menjadi Inspektur Upacara Bendera di SMA Cawang Baru bertempat di Jl. Cawang Baru No 543 Kelurahan Bidara Cina Kecamatan Jatinegara, Senin (22/07/24).

Pada kesempatan upacara Hari Senin ini Danramil Jatinegara memberikan sosialisasi pencegahan dan antisipasi tawuran serta apresiasi tentang semangat belajar para siswa-siswi gabungan SMP, SMA dan SMK Cawang Baru beserta para guru pendamping yang telah mengikuti kegiatan upacara Bendera.

Upacara pengibaran bendera merah putih ini adalah wujud nyata bahwa generasi muda sebagai penerus bangsa yang berjiwa nasional dengan penghormatan kepada bendera merah putih serta diiringi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila didalam diri para Siswa-siswi gabungan SMP, SMA dan SMK Cawang Baru.

Himbauan yang disampaikan kepada para siswa-siswi untuk tetap mentaati peraturan sekolah dengan mengikuti proses belajar mengajar, jangan mudah terpengaruh dengan ajakan yang nantinya akan merugikan diri sendiri, keluarga, orang tua dan sekolah yakni seperti tawuran, Narkoba serta pergaulan bebas.

Lanjut Danramil kepada para siswa-siswi gabungan SMP, SMA dan SMK Cawang Baru agar dalam menggunakan Handphone dengan baik, tidak mudah mengaplud berita yang belum tentu benar, karena para siswa-siswi sebagai generasi muda diharapkan terus berlomba untuk memiliki kemampuan tekhnologi dalam segala bidang, agar nantinya para siswa-siswi dapat berkarya dan mampu berprestasi dalam membangun bangsa Indonesia di masa depan.

Ucapan terima kasih dari Kepala Yayasan SMP, SMA dan SMK Cawang Baru, kegiatan upacara hari Senin ini karena para siswa-siswi mendapatkan pencerahan tentang sosialisasi pencegahan dan antisipasi tawuran antar pelajar, serta mendapatkan materi wawasan kebangsaan dengan harapan kedepan generasi muda bangsa dapat berbuat yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

Hadir pada kegiatan Sosialisasi pencegahan dan antisipasi tawuran diantaranya, Danramil Jatinegara Mayor Arh M. Sianturi, Camat Jatinegara H. Muchtar, SE, Kapolsek Jatinegara Kompol Chintya Intania, SH, Kasudin Pendidikan Nasrudin,M,Pd, Lurah Cipinang Cempedak, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Yayasan, Kepala Sekolah SMP, SMA dan SMK Cawang Baru beserta Guru Pendamping.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

TNI AD

Danbrigif 9 Kostrad Menghadiri Acara Dzikir Dan Doa Bersama Serta Santunan Kepada Yatim Piatu

Published

on

By

Jakarta. Danbrigif 9 Kostrad, Letkol Inf Dr. La Ode Muhammad Nurdin, S.Sos.,M.I.Pol Menghadiri Acara Selamat Hari tahun baru islam 1 muharram 1446H, Dzikir dan Doa bersama Serta santunan kepada anak yantim piatu yang diselenggarakan oleh Masjid NU Jember, yang bertempat di Jl. Cempedak Kreongan Atas, Kel Jember Lor, Kec Patrang, Kab Jember. Rabu (17/07/2024).

Adapun susunan acara Dzikir dan Doa bersama tersebut yakni pembacaan sholawat Nabi, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan ayat suci Al-Qur’an, Sambutan Danbrigif 9/DY/2 Kostrad, Letkol Inf Dr. La Ode Muhammad Nurdin, S.Sos.,M.I.Pol dilanjutkan Do’a dan Dzikir serta ceramah.

Letkol Inf Dr. La Ode Muhammad Nurdin, S.Sos.,M.I.Pol selaku Komandan Brigif 9/DY/2 Kostrad mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya atas diselenggarakannya kegiatan Do’a dan Dzikir serta santunan kepada yatim piatu untuk mendapatkan keberkahan dari allah swt, dan mempererat tali silahturahmi kepada masyarakat sekitar.

Rasa syukur serta rahmat kami ucapakan yang tiada henti-hentinya kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kita semua terlimpah Rahmat dan hidayahnya, Imbuhnya. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

TNI AD

Yonarhanud 16 Kostrad Menerima Kunjungan Kerja Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad

Published

on

By

Jakarta. Prajurit dan Persit satuan Yonarhanud 16 Kostrad menyambut kunjungan Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Bangun Nawoko yang didampingi Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divif 3 PG Kostrad di Kesatriaan Yonarhanud 16 Kostrad Desa Tanralili, Kecamatan Sudirman, Kabupaten Maros.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Pangdivif 3 Kostrad pada kunjungan kerja kali ini antara lain melaksanakan Jajar Kehormatan dilanjutkan Tarian Adat Maros, Demontrasi BDT Prajurit Maleo, menerima paparan laporan satuan dari Danyon Arhanud 16 Kostrad kemudian memberikan pengarahan kepada Prajurit dan Persit Yonarhanud 16 Kostrad.

Dalam amanatnya, Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Bangun Nawoko mengucapkan rasa bangga kepada prajurit Yonarhanud 16 Kostrad karena semangatnya untuk mempersiapkan kegiatan ini walaupun cuaca yang panas.

Selain itu, Pangdivif 3 Kostrad menyampaikan bahwa Prajurit dan Persit harus selalu menjaga etika dalam bermedia sosial dan Jauhi Judi Online, karena banyak permasalahan bermula dari situ.

Lebih Lanjut dalam kegiatan ini Pangdivif 3 Kostrad Meresmikan Posyandu, Penanaman Pohon Ebino, dan Peletakan Batu Pertama Klinik Yon Arhanud 16 Kostrad. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

Trending