Connect with us

TNI AD

Danrem 052/Wijayakrama,Buka Kegiatan Latihan Posko 1 Kodim 0503/JB.

Published

on

Korem 052 – Tangerang.Untuk tetap menjaga kesiapan operasional sebagai aparatur kewilayahan, Kodim 0503 menggelar kegiatan latihan posko 1 yang di buka oleh Danrem 052/Wkr,Brigjen TNI Putranto Gatot SH,S.Sos.,M.M. bertempat di Aula Makodim 0503/JB.jln Letjen S.parman no 3. Tomang, kec Grogol Petamburan, Jakarta Barat .Selasa (7/11/2023)

Pangdam Jaya dalam amanatnya yang di bacakan oleh Danrem 052/Wkr menyampaikan Indonesia adalah negara yang Bhineka (majemuk) antara lain dalam hal agama, budaya dan hubungan sosial masyarakatnya.
Masyarakat majemuk yang tersusun oleh perbedaan- perbedaan identitas sosial, seperti identitas keagamaan, etnis, profesi, dan kelompok sosial yang mendefinisikan diri secara unik dan berbeda dari kelompok lain. Hal tersebut menciptakan konsekuensi-konsekuensi terhadap beberapa hal penting dalam kehidupan sosial seperti stabilitas, harmonisasi sosial dan persaingan identitas dalam hubungan sosial sosial masyarakat khususnya di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Kodim 0503/JB memiliki wilayah yang strategis menghubungkan wilayah DKI Jakarta dengan wilayah Tangerang maupun dengan daerah lintas Sumatera. Kondisi demografi wilayah Kodim 0503/JB yang padat dan heterogen kerap kali terjadi perselisihan dan konflik sosial diantara masyarakatnya.Beberapa masyarakat yang terlibat dalam konflik tersebut perlu diantisipasi dengan langkah-langkah cegah dini dan preventif guna menghindari eskalasi yang lebih besar khususnya dalam menghadapi kontestasi Pemilu tahun 2024.Oleh karena latar belakang tersebut, tema dari Latihan Posko I Kodim 0503/JB adalah Kodim 0503/JB Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah di Wilayahnya Dalam Rangka Mengatasi Konflik Sosial. “terangnya.

“Latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim dalam merencanakan suatu operasi meliputi hal-hal keterpaduan, kerja sama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan serta dalam teknik olah yudha dan pengintegrasian semua kemampuan Satuan yang dimiliki. Selain itu, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko serta komando dan pengendalian (Kodal) operasi guna membantu tugas Pemerintah Daerah dan Kepolisian dalam menghadapi permasalahan konflik sosial khususnya di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.”

“Ada beberapa sasaran yang ingin dicapai pada latihan ini. Pertama, Mampu melaksanakan Kodal pada suatu kegiatan proses perencanaan dan persiapan operasi. Kedua, melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan staf dalam mekanisme suatu Posko. Ketiga, Mampu melaksanakan Kodal dan menerapkan teknik serta taktik dalam pelaksanaan operasi penanganan konflik sosial.Keempat, Mampu melaksanakan koordinasi kerjasama terpadu pada proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan suatu operasi bersama Pemerintah Daerah dan Kepolisian dalam operasi penanganan konflik sosial. Kelima, Mampu member-dayakan semua kemampuan satuan secara terintegrasi dan olah yudha. Keenam, Mampu melaksanakan fungsi Komando dan Staf. Ketujuh, Mampu merencanakan dukungan administrasi terhadap pelaksanaan operasi penanganan konflik sosial. Kedelapan, Mampu melaksanakan tata tulis militer.”ungkapnya .

“Sebelum mengakhiri amanat ini, ada beberapa penekanan yang menjadi pedoman selama latihan :
Pertama. Laksanakan latihan dengan serius dilandasi semangat dedikasi, kedisiplinan dan rasa tanggung jawab yang tinggi.
Kedua. Ikuti instruksi atau arahan penyelenggara, agar latihan berjalan sesuai alur materi yang telah disusun.
Ketiga. Hilangkan keraguan dalam bertindak dengan mengembangkan kejelian dalam pengamatan dan pola pikir yang kreatif serta inovatif.
Keempat. Jaga faktor keamanan, baik personel maupun materiil.
Kepada para pengawas dan pengendali serta penilai, arahkan dan kendalikan peserta dan sesuai skenario latihan dengan baik serta melakukan penilaian secara objektif.”Pesanya.

Sumber penrem52

TNI AD

Rayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H Kodim 0501/JP Bagikan Hewan Qurban Kepada Warga

Published

on

By

Jakarta Pusat_Sambut perayaan Idul Adha 1445 H tahun 2024, Kodim 0501/JP bagikan hewan kepada warga masyarakat, bertempat di Makodim 0501/JP Jl. Selaparang Gunung Sahari Utara Kemayoran, Jakarta Pusat. Senin (17/6/2024).

Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Bangun I.E. Siregar, S.H., MIPOL. Mengatakan kegiatan ini merupakan wujud dari nilai ketaatan, pengorbanan, kebersamaan, dan kepedulian yang di wujudkan dengan berbagi kepada sesama.

Kolonel Inf Bangun I.E. Siregar, S.H., MIPOL. menambahkan dalam pelaksanaan kegiatan ini kami berharap daging kurban ini dapat memberikan manfaat dan membantu meringankan beban warga yang membutuhkan, sehingga penyalurannya bisa tepat sasaran”, imbuhnya.

Ada sebanyak 100 warga penerima hewan qurban kali ini, yang secara langsung di serahkan oleh Perwira Seksi Personalia Mayor Inf Endra Krismanto, semoga momen Idul Adha 1445 H dapat mencontohkan dan memberikan tauladan tentang pengorbanan dan keikhlasan dalam berbagi adalah inti dari perayaan Idul Adha”, tutup Dandim 0501/JP

(Sumber Kodim 0501/JP)

Continue Reading

TNI AD

Menjaga Lingkungan Bersih, Babinsa Balimester Bersama Warga Kerja Bakti

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Menjaga Kebersihan lingkungan, Babinsa Sertu Hermawanto, Serda Andryansah bersama warga Balimester bersihkan saluran air di lingkungan RT.02/03 Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara, Senin (17/06/24).

Pembersihan lingkungan ini dilakukan seusai Sholat Idul Adha 1445 H ini, Babinsa bersama warga RT.02/03 Balimester bertujuan untuk membersihkan sampah daun dan plastik yang menumpuk disekitar lingkungan warga.

Pada kegiatan kerja bakti tersebut Danramil Mayor Arh M. Sianturi mengatakan, bahwa kerja bakti pembersihan di wilayah RW.03 Balimester ini dilakukan oleh Babinsa Sertu Hermawanto, Serda Andryansah bersama warga setempat merupakan wujud nyata kepedulian Babinsa Balimester dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Dengan diadakannya kerja bakti yang baik dari berbagai unsur, baik dari warga dan Tiga pilar Kelurahan Balimester, kegiatan kerja bakti pembersihan saluran air dan pengangkutan sampah di wilayah binaannya, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan juga meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, ungkapnya.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

TNI AD

Peringati Hari Raya Idul Adha,Korem 052/Wijayakrama Gelar Shalat Ied dan penyembelihan hewan kurban

Published

on

By

Korem 052 – Tangerang. Dengan mengambil tema “Semangat berqurban untuk ketaatan dan kepedulian kepada sesama” Korem 052/Wkr gelar peringatan hari raya Idul Adha dengan melaksanakan shalat Ied di Masjid Jami Al-Hidayah dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban bertempat di Komplek Rumdis Korem 052/Wkr, Desa Legok,Kec Legok Kabupaten Tangerang. Senin (17/6/2024)

Dalam peringatan hari raya Idul Adha kali ini Korem 052/Wkr menerima 10 ekor sapi dan 14 ekor kambing.Penyerahan hewan Qurban dilakukan secara simbolis oleh Kasrem 052/Wkr, Kol. Inf Bram Pramudia ,S.E. kepada Kabintal, Lettu Arh Armyn Hari selaku ketua panitia. Sedangkan untuk pendistribusian daging korban di peruntukan bagi Yayasan Yatim Piatu,pondok Pesantren dan Warga di sekitar Rumdis Korem 052/Wkr.

Dalam sambutannya Kasrem yang membacakan sambutan Danrem 052/Wkr menyampaikan Berkenaan dengan hari raya idul Adha ini secara pribadi dan atas nama komandan Korem 052 wijayakrama saya mengucapkan “selamat hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 Hijriyah 2024 Masehi”.

“Kita dapat memaklumi bersama bahwa hari raya qurban atau hari raya idul Adha adalah sebuah hari di mana kita memperingati peristiwa penyembelihan nabi Ismail AS putra nabi Ibrahim AS dalam rangka menguji sampai di mana ukuran ketakwaan nabi Ibrahim AS kepada Tuhan, atas kehendak Tuhan juga nabi Ibrahim AS menyembelih putranya nabi Ismail AS kemudian atas kekuasaannya nabi Ismail AS diganti dengan seekor domba.Dari kisah tersebut kita dapat mengambil sebuah hikmah yang baik bahwa setiap manusia hendaklah rela berqurban baik dengan harta benda , jiwa raga jika diperlukan baik itu untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara serta khususnya bagi agama kita.”terangnya.

“Yang menjadi pertanyaan di sini adalah apakah kita sudah mengukur kadar rasa pengorbanan pada diri kita masing-masing? Apakah kita sudah siap kehilangan harta dan tenaga kita jika ada seseorang yang memerlukan pertolongan kita? Apakah kita sudah siap untuk berqurban apabila bangsa dan negara membutuhkannya? Apakah kita sudah siap untuk kehilangan harta dan tenaga apabila agama kita membutuhkan? Tentu jawaban semua pertanyaan tersebut hanya terletak di dalam hati kita masing-masing.”

“Tetapi apabila yang kita lakukan dengan berqurban menyembelih binatang ternak ini adalah salah satu wujud perbuatan amal dan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. “Ujarnya.

“Jika kita mau melihat secara nyata dalam kehidupan masyarakat masih banyak saudara-saudara kita yang tidak mampu memberi daging untuk dikonsumsi. Karena harganya relatif mahal dan dengan melakukan qurban ini kita mencoba berbagi dengan saudara-saudara kita tersebut agar mereka juga dapat merasakan kenikmatan daging tersebut seperti yang telah kita rasakan dan tentu saja hal ini adalah sebuah amal perbuatan baik yang akan mendapatkan imbalan di akhirat kelak.”

“Dengan berqurban kita dapat mengambil hikmah dari hari raya Idul qurban yaitu sifat keteladanan kerelaan dan ketakwaan nabi Ibrahim AS dan Ismail AS .Nilai ketakwaan beliau kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang begitu tinggi beliau rela mengorbankan harta yang paling berharga dalam kehidupan untuk menyembelih nabi Ismail AS sebagai kurban.”

“Demikian halnya tentang masalah qurban ini kita tidak hanya dituntut untuk berqurban hanya dalam hari raya idul Adha saja, tetapi dalam kehidupan keseharian Kita juga harus selalu melakukan jika kita mampu dan ada yang membutuhkan. Jadi dengan hari raya Idul Adha ini mari kita tingkatkan nilai keimanan dan ketakwaan kita kepada Tuhan yang maha esa. Jalankan semua perintah Allah subhanahu wata’ala dengan keimanan dan keikhlasan serta tinggalkan jauh-jauh segala yang menjadi larangannya insya Allah amal baik saudara diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.”

“Sebelum mengakhiri amanat ini sekali lagi saya mengajak seluruh warga Korem 052/Wkr untuk selalu meneladani pengorbanan nabi Ibrahim AS dan mari kita memetik makna berqurban untuk senantiasa peduli terhadap nasib orang lain yang mungkin perlu uluran bantuan kita semua.”tutupnya

Sumber penrem52

Continue Reading

Trending