Connect with us

Ragam Berita

Digelar Agustus, Muslim EduFest 2023 Hadirkan Ratusan Lembaga Pendidikan Islam Dunia

Published

on

Fokusindonesia.com, Jakarta –  Animo masyarakat muslim terhadap pendidikan Islam di Indonesia terus bengwrah. Hal itu terkhat dari banyaknya jumlah lembaga pendidikan Islam dan jumlah peserta didik yang ada di tanah air,

. Berdasarkan data pada 2020, pendidikan Islam di Indonesia memiliki 350.059 lembaga dengan jumlah peserta didik sebanyak 29.335.506 orang. Capaian tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki lembaga pendidikan Islam terbanyak di dunia.

Tak bisa dipungkiri, krisis moralitas pada anak dan remaja seperti kasus kekerasan yang dilakukan oleh seorang anak kepada teman sebaya dan pergaulan bebas yang berdampak pada hal-hal tak dunginkan masih senng terjadi belakangan ini. Maraknya penilaku yang tidak sesuai dengan nilainilai ketimuran menjadikan pendidikan Islam sebagai solusi karena menekankan pada pendidikan berdasarkan akhlakul karimah Nabi Muhammad SAW.

Meski potensi lembaga pendidikan indonesia menunjukkan tren positif, sayangnya pengetahuan masyarakat terhadap pendidikan Islam yang berkualitas masih kurang. Bahkan tak sedikit diantara orang tua yang tidak mengetahui dan bingung dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan Islam yang berkualitas. Minimnya wadah informasi lembaga pendidikan Islam yang kredibel, menjadi salah satu penyebabnya.

Menjawab kegelisahan tersebut, PT Satu Tujuan Event (Satue Events) berkolaborasi dengan Lima Events dan Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMI) menyelenggarakan Muslim EduFest 2023, yang rencananya menjadi konjungsi dalam satu rangkaian dari Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Musim Lifefest), sebuah pameran terbesar industn gaya hidup syariah dan halal di Indonesia, mencakup semua sektor industri gaya hidup syariah dan halal, diperhitungkan saat ini. Tahun ini menandai pelaksanaan Muslim Lifefest yang ketiga setelah sebelumnya terselenggara pada 2019 dan 2022. Dan, untuk pertarna kalinya Muslim Edufest dihadirkan bersamaan.

Selain sebagai sarana informasi lembaga pendidikan Islam yang komprehensif, Muslim Edufest juga diselenggarakan sebagai bentuk dukungan penyelenggara terhadap cita-cita pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat pendidikan Islam di dunia. Hal ini seperti disampaikan Presiden

Joko Widodo saat datang dalam peresmian pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia pada 2018. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo optimis Indonesia yang berpenduduk ” musim terbesar di dunia dapat menjadi rujukan peradaban Islam duma di masa mendatang. “Muslim Edufest sap mendukung pernerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat pendidikan Islam di dunia. Dengan berkolaborasi bersama BMMI, kami berharap Musim Edufest dapat mernberikan ruang bagi masyarakat untuk mengenal pendidikan Islam secara holistik.” jelas Direktur PT Satu Tujuan Event, Bambang Setiawan.

Muslim Edufest 2023 akan digelar selama 3 hari pada 25-27 Agustus 2023 (8-10 Shafar 1445 H) di ICE BSD City, Tangerang. Sebanyak 176 exhibitor dari berbagai sektor, mulai dari lembaga pendidikan nasional dan internasional, buku, perlengkapan sekolah, lembaga keuangan islam, lembaga pernerintahan, konsultan pendidikan bahkan hingga travel siap memeriahkan gelaran ini. Diharapkan setidaknya, lebih dari 30 ribu pengunjung yang terdiri orang tua dan calon siswa, pimpinan sekolah dan yayasan pendidikan, pemerhati pendidikan, guru & pengajar hingga konsultan pendidikan bisa saling bersilaturahmi.

Sebagai pameran pendidikan terbesar di Indonesia, Muslim Edufest 2023 menampilkan ratusan sekolah berbasis Islam dari tingkat SD, SMP, SMA, boarding school, pondok pesantren, sekolah tahfidz hingga perguruan tinggi. Bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam proses belajar mengajar tak perlu khawatir karena informasi seputar homeschooling yang mengusung pendidikan islam juga tersedia di sini.

Tidak hanya berasal dari dalam negeri, sejumlah lembaga pendidikan mancanegara seperti Malaysia, Yordania, Madinah dan sejumlah negara Timur Tengah juga berpartisipasi di pameran ini. Mereka memanfaatkan peluang Muslim Edufest sebagai sarana efektif untuk memperluas pasar dan berjejaring dengan sejurnlah tembaga pendidikan di Indonesia.

Meski mengusung unsur agama, Muslim Edufest tetap menjadikan teknologi sebagai basis pengembangan dalam menjawab kebutuhan pasar global yang semakin dinamis. Muslim Edufest akan menjadi miniatur dari lembaga pendidikan Islam yang telah dilengkapi dengan kemampuan penguasaan dan pengajaran teknologi yang mumpuni.

Muslim Edufest 2023 semakin semarak karena juga diisi dengan berbagai rangkaian acara menarik. Event akbar ini bakal menghadirkan beragam konferensi pendidikan, workshop, informasi beasiswa serta alumni sharing & mentoring. Selain itu, ada pula kompetisi internasional yang dapat diikuti oleh para siswa.

“Muslim Edufest diharapkan menjadi barometer kemajuan lembaga pendidikan Islam di Indonesia sehingga dapat melahirkan generasi Our’ani yang bermental kuat dan berdaya saing global di masa mendatang.” jelas Ustadz Ali Saman, Ketua Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMI).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ragam Berita

Pertamina Tampilkan Inovasi Energi Hijau dalam IIMS 2024

Published

on

By

Jakarta, 15 Februari 2024 – Pertamina, sebagai perusahaan energi nasional, kembali berpartisipasi dalam Indonesia International Motor Show 2024 (IIMS 2024). Dalam pameran ini, Pertamina menghadirkan sebuah booth dengan tema “Green and Performance”.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara resmi membuka pameran otomotif terkemuka, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, yang akan berlangsung mulai tanggal 15 hingga 25 Februari 2024. Acara pembukaan turut dihadiri oleh sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Pertamina menampilkan produk-produk unggulan yang menekankan kinerja tinggi dan hasil kerjasama global, termasuk kolaborasi dengan pembalap terkenal Valentino Rossi untuk ajang World Endurance Championship dan menampilkan juga simulator untuk tim yang didukung Pertamina, yaitu VR46, dalam ajang MotoGP.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso, mengatakan Pertamina terus menunjukkan komitmen dalam menghadapi transisi energi dengan salah satunya dengan penggunaan bahan bakar gas.

“Melalui booth ini, Pertamina menampilkan kendaraan, contohnya mobil taksi, yang menggunakan bahan bakar gas sebagai bagian dari upaya mendukung energi transisi. Perusahaan juga memperlihatkan konsep stasiun pengisian baterai swapping, sebagai bagian dari program transisi energi Pertamina.” Kata Fadjar.

Fadjar menambahkan, di satu sisi Pertamina masih menampilkan produk unggulan dengan kualitas tinggi berbahan bakar fosil untuk memastikan ketahanan energi, di sisi lain, Pertamina mendorong perkembangan energi baru terbarukan dan berperan dalam industri hijau.

“Pertamina memperlihatkan keterlibatan aktifnya dalam mendukung industri otomotif yang berkelanjutan. Perusahaan berkomitmen untuk terus menjadi pionir dalam menciptakan energi yang ramah lingkungan. Pertamina berharap kehadirannya dalam IIMS 2024 dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan industri otomotif dan mendorong kesadaran akan pentingnya transisi energi di Indonesia,” tutupnya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina

Continue Reading

Ragam Berita

Warga Kartasura akan mengelar Sadranan Padusan Ati Bersama KH.Ahmad Muwafiq.

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Kartasura – Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan warga Kartasura akan mengadakan acara tahunan yaitu tradisi sadranan di petilasan Keraton Kartasura yaitu pada hari Sabtu tanggal 02 Maret 2024.bersama KH. Ahmad Muwafiq S.Ag dari Yogyakarta.

Menurut Gus Nuril Huda ketua panitia acara mengatakan

” Sadranan pada dasarnya adalah rangkaian kegiatan yang di laksanakan di bulan Sya’ban atau ruwah menurut orang Jawa terdiri dari besik /bersih – bersih makam .
Doa bersama mendoakan leluhur dan kembul bujono atau makan bersama dari sodaqohan warga.ada juga di lengkapi dengan prosesi kirab budaya dan kegiatan lainnya.pada tahun ini rangkaian itu tetep berjalan dan di kepanitiaan ini fokus di kegiatan penutup dengan kirim doa dan pengajian Akbar oleh Gus Muwafiq.

Kegiatan ini mempunyai beberapa tujuan diantaranya :

  1. Nguri uri budaya leluhur sesuai dengan kaidah fiqih “almuhafadhotu ‘ala qodimissholeh wal akhdu bijadidil ashlah” menjaga tradisi yg baik dan menerima hal yg baru dan baik.
  2. Bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, kita lahir dan bisa seperti sekarang karena Allah SWT melalui orang tua n pendahulu2.
  3. Mendoakan orang tua dan para leluhur yg telah mendahului, salah satu tanda anak yg berbakti adalah senantiasa mendoakan orang tua dan pendahulunya
  4. Sarana silaturahmi dan rekonsiliasi hati, karena setelah sekian bulan kita melalui tahapan pemilu dimana kita menghadapi situasi beda pilihan.
  5. Membersihkan hati menyongsong bulan suci, padusan byasanya disik atau jasad yg dibersihkan, namung kita pingin hatipun juga bersih sehingga memasuki bulan Romadhon bisa khusyuk beribadah, tak ada penyakit2 hati yg mengotori.

Segenap Panitia sudah dari beberapa bulan berikhtiar untuk kesuksesan acara ini, kekompakan, soliditas n solidaritas menjadi kunci keberhasilan. Jumlah pengunjung kita tidak mentarget tapi kalau dilihat dari rata rata kehadiran jama’ah setiap Pengajian Gus Muwafiq sangat banyak ribuan./tutur Gus Nuril Huda.

Di kesempatan yang sama Sesepuh dan Pemerhati budaya Kartasura KRT.Djuyamto Hadi Sasmito SH.MH. juga mengatakan bahwa event Sadranan yg dipusatkan di lingkungan petilasan Kartasura mengandung tiga dimensi yaitu dimensi religius, dimensi adat/ budaya dan dimensi ekonomi kerakyatan.

Dimensi religius karena sadranan dimaksudkan sebagai rangkaian kegiatan untuk merawat makam para leluhur ( besik makam ) sekaligus sebagai pengingat bahwa semua kelak akan menghadapi kematian.
Dimensi adat/budaya, karena kegiatan sadranan merupakan hasil akulturasi adat dan ajaran Islam dalam persiapan2 rohaniah menghadapi atau menyambut bulan Ramadlan, harus bersih2 lahir batin.

Dimensi ekonomi kerakyatan, karena event sadranan diharapkan mampu menjadi penggerak atau potensi ekonomi kerakyatan ( UMKM ).

Melalui event sadranan yang rutin diselenggarakan tiap tahun di bulan Sya’ban atau Ruwah sekaligus juga menjadi sarana seluruh warga Kartasura khususnya untuk nguri-uri atau merawat keberadaan situs/petilasan Kraton Kartasura.

Continue Reading

Ragam Berita

At_Muflih Brand Fashion Muslimah Memiliki 10 Store di Mall Ternama di Indonesia

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – At_Muflih salah satu brand Fashion muslimah yg berdiri sejak 2016, sekarang sudah memiliki 10 Store di beberapa mall ternama di Indonesia ..
Dengan konsep Fashion yg simple tetapi tetap elegant at_muflih ber komitmen untuk menjamin kwalitas dari setiap produk nya.


Sehingga bisa tetap konsisten selama ini di tengah persaingan bisnis Fashion yang menjamur..
Kak Tatia selaku founder sekaligus ceo mengawali at_muflih Dari berbagai event pameran di mall sampai akhir memberanikan diri untuk membuka Store pertama nya di lombok Epicentrum mall tahun 2018 dan tetap konsisten pameran di beberapa mall lain nya..


kemudian di tahun 2021 – 2023 at_muflih menambah 10 toko lagi yang baru- baru ini opening di antara nya Aeon mall tanjung barat Jaksel, supermall Karawaci Tangerang..

Alhamdulillah ya..
Dari selesai pandemi Allah kasi jalan ke saya untuk ambil kesempatan ekspansi ke Mall lain dengan modal pas-pasan pada saat itu saya dan suami nekat untuk membuka beberapa toko hingga akhir kita nemuin pangsa pasar yang suka dengan produk kita ..
Komitmen kita memang kasi kwalitas bagus dengan harga yang terjangkau..

Harapan saya kedepan nya at_muflih bisa lebih berkembang ke seluruh Mall ternama di Indonesia atau pun ke negara mayoritas muslim di Asia tenggara..
Hehehe amiiin..

Untuk target di 2024 kita mulai persiapan untuk opening di Aeon Mall Cikarang Bekasi yg opening insaallah di Maret 2024, dan ini sekaligus Store ke 11 at_muflih dan mengawali semangat kami untuk tahun yang baru ini.(Red)

Continue Reading

Trending