Connect with us

TNI AL

Dugaan Adanya TPPO, TNI AL Amankan Wilayah Laut Yurisdiksi Nasional Indonesia

Published

on

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 28 Desember 2023,—— Salah satu unsur TNI Angkatan Laut yaitu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bontang-907 yang sedang melaksanakan operasi dengan beberapa unsur KRI lainnya, di perairan Timur Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam melaksanakan shadowing terhadap Kapal Kayu yang diduga mengangkut korban praktek Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) “Rohingya”, Rabu (27/12).

Kejadian berawal Ketika TNI AL melaksanakan patroli, KRI Bontang-907 menerima informasi dari Guskamla Koarmada I, tentang adanya kontak kapal yang diduga merupakan kapal yang digunakan dalam praktek TPPO pelarian “Rohingya”.

Heli Panther onboard di KRI Bontang-907 melaksanakan pemantauan udara dan teridentifikasi ada kapal kayu dengan nama kapal SHWE YA DANAR 3.

KRI Bontang-907 melaksanakan shadowing terhadap kapal tersebut bertujuan sebagai langkah pengamanan dan monitoring kapal kayu saat berada di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia yang berbatasan dengan ZEE India. Setelah dipastikan Kapal itu dalam keadaan baik dengan tidak dalam keadaan darurat, unsur TNI AL terus memantau kapal kayu itu melanjutkan pelayaran hingga keluar ZEE Indonesia-India.

Pemerintah Indonesia bertekad memburu para pelaku TPPO, khususnya pada permasalahan yang terjadi di Aceh. Upaya tersebut telah menjadi kewajiban Indonesia sesuai Konvensi PBB dalam Menentang Tindak Pidana Transnasional.

Hingga saat ini, TNI AL secara terus menerus menggelar operasi sepanjang tahun, tentunya termasuk dalam mengamankan wilayah laut yurisdiksi nasional dari berbagai tindak illegal hingga ancaman kedaulatan.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali telah menegaskan bahwa, seluruh jajaran prajurit TNI AL agar senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan operasi dan merespon cepat informasi yang diterima, melaksanakan kerjasama dan bersinergi dengan instansi terkait, khususnya dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA MENERIMA TIM PENILAIAN BATALYON MARINIR TELADAN TA 2024 DAN MELAKSANAKAN PENINJAUAN PERAN TEMPUR BAHAYA UDARA

Published

on

By

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menerima Tim Penilaian Batalyon Marinir Teladan TA 2024 dari Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Disopslatal) yang dipimpin Kolonel Marinir Idha Mochamad Basri selaku Ketua Tim (Katim) dalam rangka melaksanakan penilaian Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta yang terpilih dalam nominasi Batalyon Marinir teladan TA 2024 sekaligus meninjau langsung Peran Tempur Bahaya Udara bertempat di ruang rapat utama Danlantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Senin (22/07/2024).

Danlantamal III Jakarta dalam pertemuan tersebut mengatakan “Lantamal III Jakarta sangat bersyukur atas terpilihnya Yonmarhanlan III Jakarta dalam nominasi Batalyon Marinir teladan TA 2024. Hal ini menunjukkan pembinaan satuan (Binsat) Yonmarhanlan III Jakarta sudah berjalan dengan baik selama ini sesuai dengan standar operasional presedur (SOP) yang sudah ditentukan. Sebagai batalyon yang terpilih dalam nominasi Batalyon Teladan Korps Marinir TA 2024 akan melaksanakan penilaian selama dua hari, maka Yonmarhanlan III Jakarta tentunya harus mampu menunjukkan yang terbaik di segala aspek yang akan dinilai meliputi aspek personel, aspek latihan, aspek material dan logistik, serta aspek umum kesiapan semua unsur yang berada dalam lingkungan Yonmarhanlan III Jakarta”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menekankan “Kepada Tim Penilaian Batalyon Teladan untuk melaksanakan penilaian secara objektif berdasarkan kondisi nyata di lapangan sehingga hasil penilai benar-benar menunjukkan kualitas Yonmarhanlan III Jakarta yang sebenarnya sesuai situasi, kondisi dan kesiapan unsur yang ada. Di samping itu dengan penilaian yang objektif maka Batalyon Marinir manapun yang akan terpilih menjadi Batalyon Teladan Korps Marinir TA 2024 adalah benar-benar Batalyon Marinir terbaik dari seluruh kategori penilaian yang dapat menjadi contoh bagi Batalyon-Batalyon Marinir yang lain di seluruh Indonesia”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

TNI AL

PERSONEL KOLINLAMIL TETAP MEMBINA MORAL DAN MENTAL DALAM KEJUANGAN

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 22 Juli 2024 ——- Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) Kolinlamil Kolonel Laut (KH) Khoirul Anam, S.Pd., CRMP, berkesempatan menjadi Inspektur Upacara pada upacara pengibaran bendera mingguan yang berlangsung pada hari Senin (22/7), bertempat di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Upacara yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin ini, menjadi salah satu upaya untuk terus menanamkan jiwa nasionalisme dan kedisiplinan bagi prajurit dan PNS Kolinlamil, serta menjadi sarana yang efektif bagi Inspektur Upacara untuk menyampaikan kebijakan arahan dan penekanan Pemimpin melalui amanat yang disampaikan.

Mengawali amanatnya, Kadisminpers Kolinlamil mengajak seluruh peserta upacara untuk selalu bersyukur atas anugerah yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT, sehingga setiap prajurit dan PNS Kolinlamil yang hadir dapat mengikuti upacara dalam dalam keadaan sehat wa’alfiat. Selain itu, Kadisminpers menyampaikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), prajurit Kolinlamil diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan, baik pendidikan umum atau pendidkan pembentukan/alih golongan (Diktukba dan Diktukpa). Oleh karenanya agar masing-masing personel untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum mengikuti seleksi, “maka saya mengharapkan personel yang sudah eligible dan memiliki kemauan untuk maju agar mempersiapkan diri dengan baik, terkhususnya fisik dengan berlatih untuk meningkatkan kesamaptaan maupun akademis”, Kata Kadisminpers dihadapan seluruh peserta upacara.

Lebih lanjut, Kadisminpers tidak lupa juga mengingatkan kepada para Juru Bayar agar selalu memonitor Skep Panglima perihal kenaikan gaji berkala untuk selalu di update sesuai waktu KGB-nya. Terkait hak-hak prajurit untuk mendapatkan tunjangan amodak, juru masak, persandian dan kesehatan agar dalam pengajuan usulan jangan sampai terlambat. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

GANDENG KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP, POMAL KOLINLAMIL AJAK PERSONIL UNTUK PEDULI AKAN PEREDARAN SATWA LIAR

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 22 Juli 2024 ——- Polisi Militer Angkatan Laut jajaran Komando Lintas Laut Militer, mengadakan Latihan Fungsional Pom Kolinlamil Triwulan III Tahun Anggaran 2024 dan Sosialisasi Penyadartahuan dan Penyelamatan Satwa Liar di Indonesia yang berkerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin (22/7) yang dibuka langsung oleh Danpom Kolinlamil Letkol Laut( PM) James Risky, S.T.,M.Tr.Opsla, bertempat di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Latfungsi yang dibarengi dengan sosialisasi ini, turut menghadirkan dua narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bapak Krismanko Padang., S.H., M.H (Staf Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan Saudari Nabila dari NGO Flight. Serta diikuti oleh Prajurit dan PNS Kolinlamil dengan materi yang terpusat pada, konservasi satwa liar di Indonesia sesuai UU No 5 Th 1990 dan tindak kejahatan terhadap satwa liar. Dalam kesempatan tersebut, Danpom Kolinlamil mengatakan, bahwa Latihan Fungsional ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman para prajurit, masyarakat juga pihak terkait akan pentingnya mematuhi regulasi perlindungan terhadap satwa liar serta sosialisasi ini merupakan Instruksi khusus dari Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut.

Sementara itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berharap agar Sosialisasi Penyadartahuan dan Penyelamatan Satwa Liar di Indonesia, ini akan lebih meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam upaya konservasi tumbuhan dan satwa liar. TNI Angkatan Laut, sebagai komponen utama pertahanan maritim, diharapkan dapat mendukung upaya konservasi tumbuhan dan satwa liar di jalur transportasi perairan. Koordinasi dengan instansi terkait, terutama di bidang kelautan, diharapkan dapat memaksimalkan sinergitas antar stakeholder dalam upaya penanganan peredaran perlindungan tumbuhan dan satwa liar secara ilegal. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

Trending