Connect with us

MABES TNI

Gerakkan Mimpi Anak Bangsa, Asosiasi Penyelenggara Sistem Komunikasi Kabel Laut Seluruh Indonesia (ASKALSI) Umumkan Ketua Baru

Published

on

Jakarta – Asosiasi Penyelenggara Sistem Komunikasi Kabel Laut Seluruh Indonesia (ASKALSI) menyelenggarakan Musyawarah Luar Biasa (Munaslub) IV dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Telkom Landmark Tower, Jakarta yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, Rabu (6/12). Turut hadir pula Dewan Pengawas ASKALSI, Marwan O. Baasir, Sekretaris Jenderal ASKALSI, Resi Y. Bramani, serta jajaran pengurus ASKALSI. Agenda utama program ini adalah pergantian Ketua Umum ASKALSI dari Chief Technology Officer Telin, Akhmad Ludfy kepada Suharyoto, yang juga menjabat sebagai EGM Service Operation PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

“Dengan dimulainya saya mengemban posisi baru ini, saya berkomitmen untuk memberikan gambaran dan kesadaran kepada semua stakeholder tentang betapa pentingnya SKKL. SKKL bukan hanya infrastruktur nasional, tetapi juga pilar utama bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Mari bersama kita wujudkan visi tata kelola pemerintahan yang bersih, inovatif, dan terbuka,” ujar Ketua ASKALSI terpilih, Suharyoto.

Selain penetapan Ketua Umum ASKALSI yang baru, pada Munaslub juga disampaikan hasil kajian rasionalisasi perizinan dan pungutan di sektor telekomunikasi untuk mencapai pemerataan dan keadilan konektivitas di Indonesia. Kajian ini disusun oleh Forbil Institute & Tritech Consult Bandung sebagai kerja sama ASKALSI dengan asosiasi lainnya (ATSI, APJII, dan APJATEL). Hasil kajian tersebut salah satunya membahas biaya regulasi di industri telekomunikasi saat ini telah melebihi 14%, dan ASKALSI berharap pemerintah dapat menurunkan beban regulasi menjadi di bawah 10% demi kesehatan industri telekomunikasi yang menjadi pendorong bagi industri lainnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Dewan Pengawas ASKALSI, Marwan O. Baasir menyampaikan, “tantangan kompleks di dunia komunikasi membutuhkan ASKALSI untuk memimpin dengan integritas dan inovasi. Saya berharap agar ASKALSI terus mengembangkan infrastruktur, meningkatkan keamanan, dan memelihara standar tinggi dalam pelayanan untuk mendukung konektivitas yang andal dan efisien di seluruh Indonesia.”

Pada kesempatan yang sama, ASKALSI juga meresmikan kantor sekretariat baru di The Telkom Hub, Gedung Graha Merah Putih, lantai 9, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 52, Jakarta. Peresmian ini turut didukung oleh Telkom sebagai salah satu anggota ASKALSI yang memiliki kabel laut terpanjang di Indonesia. Diharapkan, kantor sekretariat baru ini akan memudahkan koordinasi antar anggota, meningkatkan teknologi SKKL, serta memperkuat kerja sama dengan stakeholder lainnya, seperti Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo), Kementerian Kemaritiman dan Investasi (Marinves), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Perhubungan (khususnya Direktorat Jenderal Hubungan Kelautan), Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), dan Tim Nasional (Timnas).

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi menyampaikan, “di tengah proyeksi fluktuasi industri kabel laut global, pasar Indonesia cenderung meningkat dan berpotensi tumbuh 13,5 persen atau setara 220 juta pada Tahun 2027. Sebagai negara kepulauan, Indonesia menjadi negara yang potensial dalam pengembangan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL). Saya mengapresiasi peran ASKALSI sebagai stakeholder yang penting bagi pembangunan infrastruktur Indonesia. Kominfo senantiasa menyambut masukan dan saran yang konstruktif dari seluruh anggota ASKALSI demi konektivitas Indonesia.”

Agenda kemudian dilanjutkan dengan peluncuran buku saku “Prosedur Perencanaan & Pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL).” Buku ini diharapkan dapat menjadi semangat baru dalam meningkatkan kompetensi dan berbagi ilmu pengetahuan serta praktik terbaik dari penyelenggara operator SKKL di Indonesia. Selain itu, melalui buku saku ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan kesadaran kepada seluruh stakeholder tentang pentingnya SKKL sebagai infrastruktur nasional yang memiliki dampak besar bagi ekonomi digital di Indonesia.

Selain itu, diharapkan generasi muda penerus bangsa dapat memahami prosedur, perencanaan, dan pembangunan SKKL, yang saat ini masih didominasi oleh tenaga kerja asing. Anak bangsa diharapkan memiliki mimpi dan cita-cita untuk membangun kapal serta memiliki keahlian dalam penggelaran dan perbaikan SKKL di Indonesia, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan. (Red)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

MABES TNI

Dankoopssus TNI Tutup Latihan Aksi Khusus Koopssus TNI Tahun 2024

Published

on

By

(Puspen TNI). Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI Mayjen TNI Suhardi, S.I.P., menutup rangkaian Latihan Aksi Khusus Koopssus TNI TA. 2024. Latihan pembebasan sandera ini menunjukkan kesiapan pasukan khusus TNI dalam melaksanakan operasi-operasi khusus secara terintegrasi dan profesional yang diselenggarakan di PT. Pertamina Trans Kontinental, Jl. Yos Sudarso No. 32, Plumpang, Jakarta Utara. Sabtu (13/7/2024).

Dalam amanatnya, Dankoopssus TNI menyampaikan bahwa Latihan Aksi Khusus Koopssus TNI TA. 2024 merupakan wujud sinergisitas Tri Matra TNI dalam hal ini adalah satuan khusus TNI dan satuan-satuan TNI yang tergabung, diwujudkan dalam rangka untuk melihat kesiapsiagaan kita dalam melaksanakan tugas-tugas khusus secara terpadu, terintegrasi dan profesional serta terwujudnya interoperability antar satuan serta instansi diluar TNI.

“Harus selalu diingat, tidak ada prajurit yang profesional yang dibentuk tanpa latihan, hanya prajurit yang dilatih dan terlatih dengan baik yang akan mampu melaksanakan tugas dengan maksimal, oleh karena itu jangan bosan untuk berlatih, berlatih dan terus berlatih karena yakin dan percayalah latihan yang kita lakukan secara terus menerus akan meningkatkan kesiapsiagaan kita,” tutur Mayjen TNI Suhardi.

Menutup sambutannya, Dankoopssus TNI berpesan agar menguatkan rasa soliditas 3 (tiga) kekuatan pasukan khusus sehingga dapat mencapai keberhasilan yang gemilang. “Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman pernah berkata bahwa janganlah berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya. Sebab, sebatang lidi tidak berarti apa-apa, tapi dalam satu ikatan sapu, akan mampu menyapu segala-galanya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam latihan tersebut diantaranya Asops Panglima TNI Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., Liasion Officer Corporate Security Laksda TNI Bambang Eko Palgunadi, S.T., M.A., Wadan Koopssus TNI Brigjen TNI (Mar) Feryanto Pardamean Marpaung, para pejabat tinggi TNI serta para petinggi PT. Pertamina Persero dan PT. Pertamina Trans Kontinental.

tniprima

tnipatriotnkri

nkrihargamati

tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi

Continue Reading

MABES TNI

Kodim 1710/Mimika Terima Piala Lomba Saka Bhayangkara 3 Yang Diraih Pramuka Saka Wira Kartika

Published

on

By

Timika – Kodim 1710/Mimika menerima piala lomba perkemahan Pramuka Saka Bhayangkara 3 yang diraih adik-adik penggalang dari Pramuka Saka Wira Kartika. Acara penyerahan dipimpin langsung oleh Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, bertempat di Pendopo Darmawangsa Makodim Jl. Agimuga Mile 32 Distrik Kuala Kencana, Kab. Mimika. Jumat (12/07/2024).

Dalam sambutannya, Dandim 1710/Mimika mengucapkan terima kasih kepada adik-adik penggalang Pramuka Saka Wira Kartika atas prestasi yang telah diraih serta kepada para pembina yang telah ikhlas melatih adik-adiknya sehingga mendapatkan juara 3 tingkat penggalang.

“Selaku Kamabi Saka, saya mengucapkan terima kasih kepada adik-adik Pramuka Saka Wira Kartika atas prestasi yang telah kalian raih, hal itu juga berkat keikhlasan dari para pembina kalian dalam melatih dan memberikan ilmunya. Saya minta kepada adik-adik jangan terlena dengan prestasi menjadi juara 3 yang saat ini kalian raih, adik-adik harus tetap rajin berlatih dan belajar sehingga kedepan akan mendapatkan juara yang lebih kecil angkanya dari saat ini,” kata Dandim.

Pada kesempatan tersebut, Dandim juga menanyakan cita-cita dari beberapa adik-adik saka dimana sebagian besar dari mereka ingin menjadi Polisi dan Tentara, sehingga beliau meminta selalu menjaga fisiknya mulai dari sekarang dengan tidak merokok,mengkonsumsi miras serta rajin berolah raga.

Autentikasi: Pen Kodim 1710/Mimika
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Continue Reading

TNI AL

Sambut HUT Ke-78 Jalasenastri Tahun 2024, Jalasenastri Korcab I DJA I Laksanakan Bakti Sosial di Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Darul Mukhlisin

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Jalasenastri Korcab I DJA I, melaksanakan Bakti Sosial dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-78 Jalasenastri, dipimpin Ketua Jalasenastri Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, bertempat di Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Darul Mukhlisin, Jalan Pulau Rimau Cingwan, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Sumatera Utara, Jum’at (12/7/2024).

Pada kegiatan ini, Jalasenastri Korcab I DJA I berkesempatan memberikan sembako dan tali asih bagi santri yang berada di Pesantren tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Korcab I DJA I menyampaikan bahwa adapun maksud kegiatan tersebut untuk bersilahturahmi dan berbagi kebahagiaan, semoga melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kesuksesan bagi seluruh pengurus dan anak-anak Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Darul Mukhlisin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I dan Babinpotmar Lantamal I.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending