Connect with us

Bisnis

GoCorp Business Report 2023: Digitalisasi Operasi Bisnis, Kunci Tingkatkan Produktivitas Karyawan dan Efisiensi Perusahaan

Published

on

GoCorp Business Report 2023: Digitalisasi Operasi Bisnis, Kunci Tingkatkan Produktivitas Karyawan dan Efisiensi Perusahaan Sebanyak 75% perusahaan di Indonesia masih gunakan sistem konvensional untuk pengajuan pengeluaran (reimbursement), yang masih menjadi hambatan utama mayoritas karyawan saat ini.

Lebih dari 90% klien perusahaan pengguna GoCorp setuju bahwa perusahaan jadi lebih efisien dari sisi waktu dan juga biaya dalam mengelola pengeluaran bisnis.

Jakarta, 21 September 2023 – Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo, menegaskan kembali komitmennya untuk mengatasi tantangan melalui solusi teknologi khususnya pelaku bisnis melalui layanan GoCorp. Dirangkum dalam GoCorp Business Report 2023, Gojek berbagi wawasan tentang tantangan dan solusi dalam melakukan peningkatan produktivitas perusahaan lewat digitalisasi pengelolaan pengeluaran perusahaan berdasarkan temuan GoCorp yang hadir sejak dua tahun terakhir.

Laporan yang bertajuk ‘A Closer Look 2023: Mastering Business Expense Management in Indonesia’, menunjukkan 75% perusahaan di Indonesia masih menggunakan sistem konvensional atau manual untuk proses penggantian pengeluaran (reimbursement). Disisi lain, sistem reimbursement masih menjadi hambatan utama yang dirasakan mayoritas karyawan dalam mengajukan pengeluaran bisnis sehari-hari.

Chief of Transport Officer Gojek Shobhit Singhal mengungkapkan “Komitmen jangka panjang kami untuk mempermudah masyarakat tak terbatas bagi pelanggan individu, namun juga bisnis lewat hadirnya layanan GoCorp. Selama proses pengembangan GoCorp, kami menemukan proses business expense management di Indonesia masih banyak dilakukan secara manual, terutama untuk bisnis skala kecil dan menengah. Meskipun perusahaan sudah berbasis aplikasi atau online, terkadang karyawan masih perlu mencetak dan mengumpulkan kembali berbagai bukti penggunaan tunjangan secara terpisah, yang diikuti oleh proses pelaporan yang tetap harus dilakukan perusahaan secara manual.”

Proses manual tersebut, lanjut Shobhit, mendorong perlunya integrasi penggunaan software maupun platform agar bisa mencakup digitalisasi proses business expense management secara keseluruhan. Hal ini didukung dari temuan GoCorp yang menunjukkan bahwa perusahaan yang mengadopsi sistem teknologi secara end-to-end dapat menurunkan kekhawatiran manajemen terkait masalah efisiensi dan penyederhanaan proses yang memakan waktu, serta kurangnya visibilitas perusahaan.

Dua tahun berjalan, lebih dari 90% klien perusahaan pengguna GoCorp setuju bahwa perusahaan jadi lebih efisien dari sisi waktu dan juga biaya dalam mengelola pengeluaran bisnis. “GoCorp yang didukung layanan dari ekosistem Gojek, unggul di sisi familiaritas layanan sehingga proses adopsi bagi pengguna akhir yaitu karyawan, relatif mudah. Karyawan yang mendapat akses dari sistem GoCorp dapat memesan kebutuhan transportasi, pengiriman barang maupun pembelian makanan semudah memesan layanan Gojek seperti biasa.” tambah Shobhit.

Manfaat GoCorp turut diutarakan oleh Avoskin sebagai pengguna layanan GoCorp sejak 2022. Head of People and Culture PT AVO Innovation Technology (Avoskin) Annisa Amalia Ramadhani mengatakan “Seiring pertumbuhan bisnis kami di berbagai daerah, teknologi jadi kunci adaptasi kami agar tetap menjaga produktivitas karyawan. Di sinilah keunggulan layanan Gojek yang sudah sangat populer menjadi penting, dikarenakan karyawan kami sudah terbiasa menggunakan Gojek sehari-hari, sehingga proses sosialisasi pun menjadi mudah. GoCorp terbukti sangat membantu operasional tim sehari-hari secara efisien, baik dari segi waktu, proses dan biaya.”

Diluncurkan sejak 2021, GoCorp merupakan solusi teknologi dari Gojek bagi pelaku usaha dalam mengatur berbagai pengeluaran perusahaan untuk kegiatan operasional karyawan seperti tunjangan transportasi, makanan, hingga pengiriman barang.

Selain memberikan visibilitas pengeluaran dan penggunaan layanan secara real-time, penagihan GoCorp disesuaikan dengan pemakaian tanpa dibebankan biaya maintenance, serta tidak ada minimal penggunaan maupun deposit apapun. Berbagai faktor keunggulan tersebut mendorong peningkatan hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu, atas jumlah perusahaan di Indonesia yang mengadopsi solusi GoCorp.

“Potensi GoCorp sangat luas kedepannya, mengingat lebih dari 60% pengguna Gojek adalah karyawan perusahaan. Hal ini tentunya sejalan dengan strategi Gojek dalam mendukung profitabilitas GoTo, dengan menghadirkan variasi produk untuk menjangkau segmen konsumen baru. Lewat GoCorp, kedepannya kami akan terus mendukung digitalisasi business management expense di Indonesia agar dapat membantu operasional perusahaan lebih efisien sehingga mendukung produktivitas perusahaan secara berkelanjutan,” tutup Shobbit.

Laporan ‘A Closer Look 2023: Mastering Business Expense Management in Indonesia’ oleh GoCorp dilakukan melalui riset terhadap pelaku bisnis, baik yang sudah maupun belum menggunakan GoCorp, dan juga karyawan perusahaan di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan pada Juli – Agustus 2023 secara kuantitatif dengan survei online dari YouGov dan Jakpat maupun secara kualitatif dengan wawancara langsung oleh Gojek. Total sampel berjumlah 400 perusahaan dan 313 karyawan yang tersebar di 100 Kota/Kabupaten dan di Indonesia dan dan menggunakan pendekatan simple random sampling dengan margin of error sebesar 5% dan level of confidence sebesar 95%.

Pelaku usaha yang ingin memanfaatkan GoCorp dapat langsung daftar dengan mudah di gojek.com/gocorp, dengan laporan juga dapat diunduh dalam tautan yang sama. Ikuti juga seri GoCorp ConnecTalks yang secara berkala menghadirkan para ahli untuk memberikan wawasan mengenai tren, tantangan, serta solusi dalam pengelolaan pengeluaran bisnis, bersama mitra-mitra GoCorp seperti Aspire dan Mekari.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bisnis

DYAN Gelar RUPS Tahun Buku 2023 dan Public Expose

Published

on

By

Pendapatan DYAN Rp1,33 Triliun dengan Laba Bersih Rp70,1Miliar di Tahun Buku 2023

Jakarta, 21 Mei 2024 – PT Dyandra Media International, Tbk (Dyandra) perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 27 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) hari ini (21/5) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan yang dipimpin oleh Komisaris Utama Dyandra – Lilik Oetomo dan dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Direksi memaparkan kinerja laporan Dyandra sepanjang tahun buku 2023.

Pada tahun 2023, Perseroan berhasil membukukan Pendapatan sebesar Rp1,33 triliun yang mengalami kenaikan sebesar 10% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp1,21 triliun. Pendapatan DYAN sepanjang 2023 ditopang dari bisnis Event/ Exhibition Organizer senilai Rp1,080 triliun atau sebesar 79%, pendapatan terbesar kedua dari bisnis Convention & Exhibition Hall senilai Rp165,7 miliar atau sebesar 12%, kemudian pendapatan dari bisnis Hotel senilai Rp52,2 miliar atau sebesar 4%, dan pendapatan dari bisnis pendukung Event senilai Rp66,7 miliar atau sebesar 5%.

Seiring meningkatnya pendapatan, laba bersih DYAN juga mengalami pertumbuhan 129% secara tahunan atau year over year (yoy) dari Rp30,7 miliar pada tahun 2022 menjadi senilai Rp70,1 miliar pada tahun 2023.

Sedangkan untuk Gross Profit Margin mengalami kenaikan 7% pada tahun 2023 menjadi senilai Rp393,2 miliar. Dyandra  juga membukukan pertumbuhan EBITDA pada tahun 2023 sebesar 31% yang mencapai Rp175,1 miliar.

Di sisi lain, jumlah aset DYAN terpantau naik 11% secara tahunan menjadi Rp1,204 triliun per 31 Desember 2023. Pada periode yang sama di tahun 2022, total aset DYAN senilai Rp1,088 triliun.

Pasca pandemi, DYAN secara konsisten mencatatkan kinerja pendapatan yang terus meningkat setiap tahun. Meningkatnya permintaan pasar akan industri MICE, penerapan efisiensi dan efektivitas biaya, memperkuat sinergi antar bisnis unit serta terus meningkatkan kompetensi perseroan merupakan inisiatif strategi yang pada akhirnya tercermin pada pertumbuhan pendapatan dan laba perusahaan pada tahun buku 2023.

Laporan Tahunan dan Laporan Berkelanjutan Perseroan tahun buku 2023 mengangkat tema “Aiming at Sustainable Events for a Growing Business”, dimana dalam menjalankan bisnis MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) menjujung prinsip keberlanjutan sebagai salah satu sasaran kunci bagi Perseroan. Setiap bisnis event yang diselenggarakan direncanakan secara cermat untuk meminimalkan jejak ekologi, antara lain dengan fokus pada pengelolaan sampah/ limbah, penghematan sumber daya, penggunaan bahan baku yang dapat didaur ulang serta pemanfaatan sumber energi terbarukan. Dengan merangkul prinsip keberlanjutan dalam setiap event yang kami selenggarakan, kami berupaya meminimalkan dampak lingkungan dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Hal ini juga menunjukkan komitmen Perseroan terhadap tanggung jawab sosial Perseroan.

Susunan Komisaris dan Direksi Dyandra

Susunan anggota Komisaris dan Direksi Dyandra merupakan jajaran yang telah menjabat di periode sebelumnya. Dengan demikian, rencana strategis dan rencana jangka panjang Perseroan dapat direaliasikan dengan baik.

Berikut adalah jajaran Komisaris dan Direksi PT Dyandra Media International Tbk:

Jajaran Komisaris PT Dyandra Media International Tbk

Komisaris Utama               ​​:    Lilik Oetomo

Komisaris                           ​​​:    Lo Stefanus

Komisaris Independen​       :    Widi Krastawan

Jajaran Direksi PT Dyandra Media International Tbk

Direktur Utama                 ​​:    Daswar Marpaung

(rangkap jabatan sebagai Direktur Utama PT Dyandra Promosindo dan Direktur PT Nusa Dua Indonesia)

Direktur                             ​​​:    Ery Erlangga

(rangkap jabatan sebagai Direktur Utama PT Dyandra Global Edutainment, Direktur Utama PT Dyandra Mavic Internasional, Direktur Utama PT Mitra Global Animalia, dan Direktur PT Dyandra Mitra Indah)

Direktur                             ​​​:    Riyanthi Handayani

(rangkap jabatan sebagai Direktur Utama PT Nusa Dua Indonesia)

Sementara itu Sekretaris Perusahaan Dyandra masih dijabat oleh Mirna Gozal.

Prospek Usaha Perseroan di Tahun 2024

Pendapatan DYAN pada kuartal 1-2024 mencapai Rp383,4 miliar atau naik 4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (yoy). Kontributor pendapatan terbesar masih dari Bisnis Event/ Exhibition Organizer senilai Rp315,7 miliar atau sebesar 82%, diikuti oleh Bisnis Ruang Konvensi dan Pameran senilai Rp50,4 miliar atau sebesar 8%, Bisnis Hotel senilai Rp11,9 miliar atau sebesar 3% dan Bisnis Pendukung Event senilai Rp8,1 miliar atau sebesar 2%. Gross Profit Margin (GPM) tercatat mengalami kenaikan persentase yang semula 32% atau senilai Rp117 miliar menjadi 36% atau senilai Rp138,3 miliar. Laba bersih DYAN dalam tiga bulan pertama tahun ini tercatat senilai Rp37,7 Miliar.

Daswar Marpaung selaku Direktur Utama DYAN menjelaskan bahwa “Manajemen Dyandra optimis akan kinerja perseroan yang semakin baik dan prospek industri MICE yang setiap tahun semakin meningkat. Tren industri MICE di Asia terus mencatatkan peningkatan aktivitas MICE sampai dengan 55%1. Fundamental perusahaan yang baik, tata kelola perusahaan yang berjalan dengan baik serta positioning DYAN yang merupakan perusahaan MICE terintegrasi di Indonesia merupakan nilai lebih dari perseroan untuk dapat bersaing di industri MICE.

Beberapa strategi yang telah diterapkan di 2024 pada bisnis event/ exhibition organizer diantaranya adalah memperluas penyelenggaraan event di kawasan Asia Tenggara, melakukan pengembangan pangsa pasar MICE – salah satunya dengan mendirikan perusahaan baru bekerja sama dengan EO lokal dan menyelenggarakan event B2B dengan segmentasi yang baru, melakukan investasi dan ekpansi pasar ke industri tourism leisure yaitu pengembangan 3 wahana dan sebagai operator di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yaitu Dunia Air Tawar & Dunia Serangga, Taman Burung serta Museum Komodo dan Taman Reptil, mengembangkan dan menciptakan IP (IntellectualProperty) event, yaitu event yang kami miliki sendiri, yaitu IIMS, Projek-D, Deep Extreme Indonesia, Floriculture Indonesia International Expo (FLOII) dan lain-lain.

Sedangkan dari bisnis convention and exhibition hall, perseroan berpartisipasi aktif di ajang pameran MICE International untuk menjaring pasar global (AIME – Melbourne, IMEX – Frankfurt, Meeting Show Asia – Singapore), menjadi anggota asosiasi MICE International (ICCA, AIPC, AVA), melakukan renovasi interior Ballroom dan eksterior Dyandra Convention Center Surabaya dengan mengusung konsep seni budaya Jawa dan venue ramah lingkungan dalam meningkatkan daya saing yang berkualitas.

Dengan penerapan strategi yang ada, manajemen optimis dapat meningkatkan pendapatan perseroan di tahun 2024 sampai dengan 10%.”

Continue Reading

Bisnis

Kinerja Solid dan Unggul Sepanjang 2023, PT Indosat Tbk Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo

Published

on

By

FokusIndonesia.com, Jakarta, 21 Mei 2024 – PT Indosat Tbk (“Indosat” atau “IOH” atau “Indosat Ooredoo Hutchison” atau “Perseroan”) telah mencatatkan pencapaian keuangannya secara signifikan sepanjang tahun 2023. Hari ini, Perseroan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST” atau “Rapat”) 2024 di Kantor Pusat Indosat yang menyetujui pembagian dividen tunai dari laba bersih tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023 sebagai dividen final untuk total nilai sebesar Rp2.164.029.415.416  atau setara dengan Rp268,4 per saham kepada para pemegang saham. 

Pembagian dividen tahun buku 2023 ini adalah setara dengan sekitar 48% dari laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023 dan akan dibayarkan paling lambat 30 hari setelah diumumkannya ringkasan risalah Rapat. Sisa laba bersih tahun buku 2023 sebesar Rp2.342.362.811.976 akan dialokasikan oleh Perseroan ke laba ditahan.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Pencapaian kinerja yang solid ini tidak lepas dari hasil kontribusi para karyawan, kolaborasi dengan mitra strategis, pelanggan yang loyal, dan kepercayaan yang diberikan para pemegang saham. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan yang menemani perjalanan tanpa akhir Indosat, melanjutkan penciptaan nilai dalam perjalanan transformatif menuju AI Native TechCo. Dengan fokus pada inovasi teknologi dan pengembangan AI, kami siap memberikan nilai lebih kepada pemegang saham dan menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan.”

Hingga kuartal 1 tahun 2024, Indosat mencatat total laba bersih sebesar Rp1,29 triliun yang meningkat 39,4% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). EBITDA mengalami peningkatan yang lebih cepat dari pendapatan, dengan pertumbuhan 22,1% YoY mencapai Rp6.509 miliar. Kinerja keuangan yang mengesankan ini mendorong kenaikan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0%, dan menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp1.295 miliar, meningkat 39,4% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Indosat terus melanjutkan komitmen ekspansi perluasan jaringan BTS 4G serta peningkatan cakupan distribusi produk dan pelayanan melalui Mini Gerai IM3 dan 3Kiosk ke berbagai pelosok pedesaan, termasuk di wilayah timur Indonesia. Untuk mendukung transformasi menjadi AI Native TechCo, Indosat akan terus berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia berbasis teknologi, meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas konektivitas. Ini didukung oleh kemitraan strategis Indosat, melalui anak usahanya, dengan NVIDIA sebagai Cloud Partner Provider pertama di Indonesia serta inisiatif pemberdayaan perempuan dan UMKM.

Selain pembagian dividen, Rapat secara keseluruhan telah memutuskan agenda berikut:

  1. Persetujuan atas laporan tahunan, dan pengesahan laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023. 
  2. Persetujuan atas penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.
  3. Persetujuan atas penerapan remunerasi Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun 2024.
  4. Persetujuan atas penunjukan Akuntan Publik Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2024.
  5. Persetujuan atas perubahan susunan Direksi dan/atau Dewan Komisaris Perseroan. 

“Transformasi ini bukan sekedar langkah Perseroan, tetapi juga tonggak penting dalam memajukan negeri. Kami berkomitmen menjalankan strategi dengan tepat dan mengarahkan inovasi untuk mendukung masa depan Indonesia yang berkelanjutan,” tutup Vikram.

Continue Reading

Hukum

Pengacara Benny Wulur adu otak dan adu otot dengan pengacara hotman paris

Published

on

By

JAKARTA – Viralnya pemberitaan pengacara Benny Wullur dibeberapa media terkait unggahan video pada medsos pengacara Benny Wullur yang berkata “Saya ingin bertandi tinju di atas ring dengan Hotman Paris” pada beberapa hari lalu.

Dan untuk memperlihatkan tanda keseriusan Dr. Benny Wullur, S.H.,M.H.Kes merupakan kuasa hukum Hendrew Sastra Husnandar (HSH) sang pemilik tanah sah di jalan menteng raya nomor 37, Jakarta Pusat, yang saat ini sedang melawan PT. Bangun Inti Artha (BIA) dengan kuasa hukumnya Pengacara Hotman Paris Hutapea.

Benny Wullur yang sudah siap dengan kostum tinjunya dan di dampingin oleh sang pelatih tinjunya langsung mengadakan konferensi pers terkait unggah video dirinya yang ingin menantang Hotman Paris untuk bertinju.

“Kline saya sebagai pemilik Sah tanah di jl Menteng Raya nomor 37 sudah mendapatkan surat keterangan berkekuatan hukum tetap ( inkracht ) dan permohanan eksekusi yang sudah diterima di pengadilan , tiba-tiba dengan adanya pengacara baru Hotman Paris Hutapea yang menyatakan adanya memory kasasi dan pernyataan kasasi yang berisi bahwa inkrach bisa dicabut” , ujar Benny pada saat konferensi pers di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, selasa(14/05/2024).

Sebagai informasi, bahwa HSH adalah pemilik Sah tanah di jl Menteng Raya nomor 37 sudah mendapatkan inkracht , namun tiba-tiba Panitera Pengadilan Negeri Jakarta pusat menyatakan mencabut inkracht tersebut.

“Mana ada dasarnya jika sudah inkracht bisa dicabut sedangkan semua surat kita sudah diterima di pengadilan”, tegas Benny.

Pada awal saya hanya ingin debat hukum saja tetapi tidak ditanggapi oleh Hotman Paris akhrinya saya berpikir mungkin hukum di Indonesia ini ada istilah No Viral No Justice, kata Benny

Saya melihat Hotman Paris ingin menantang Rocky Gerung dan saya rasa beliau pasti senang tinju, untuk itu saya tantang aja sekalian tinju karena sekalian kita bisa adu otak pada debat hukum dan adu otot di ring tinju, ungkap Benny

Benny berkata;”Saya telah siap berlaga dan optimis bisa mengkalahkan Hotman Paris di ronde pertama biar tidak cukup banyak keringat yang keluar”.

“Saya tunggu tanggapan dari Hotman Paris untuk adu otot dan adu otak di manapun saya siap “, kata Benny dengan penuh semangat

Disini lain, Suhu Ahmed pelatih tinju pengacara Benny Wullur mengatakan; “Prinsipnya dasarnya kita bagaimana supaya dasar hukum di negara kita ini bagus”, ujar sang pelatih tinju.

Benny Wullur ini otaknya memang sudah hebat dan pada setiap lantihannya juga Benny sangat serius, jika memang nanti kelak akan bertanding dengan Hotman Paris saya akan melatihnya lagi dengan lebih baik lagi supaya keinginnya mengalahkan Hotman Paris dalam 1 roundenya bisa tercapai, ucap Suhu Ahmed.

Pada senin,13 Mei 2023 Benny Wulur terkait keinginan untuk menantang Hotman Paris juga sudah melayangkan surat ke kantor hukum Hotman Paris dan nantinya Benny Wullur akan mengirimkan surat audensi kepada Kapolri dan Ketua MA karena klinenya tidak mendapatkan keadilan karena diduga adanya kriminalisasi juga.

Continue Reading

Trending