Connect with us

TNI AL

HARI ARMADA MOMENTUM MEMBANGUN KEKUATAN LAUT NUSANTARA

Published

on

Berita Kolinlamil TNI AL, 5 Desember 2023 ——- Satuan Armada Republik Indonesia (Armada RI) memperingati hari ulang tahunnya yang jatuh setiap tanggal 5 Desember yang mengandung arti penting bagi TNI AL. Armada RI sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut, pada hakekatnya lahir dan tumbuh bersama dengan kelahiran TNI. Armada RI juga tidak pernah absen dalam usaha menegakkan dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di usianya yang menginjak 78 tahun Armada Republik Indonesia telah menunjukkan jati dirinya sebagai pelopor dan menjadi ujung tombak sebagai prajurit militan yang professional dan pantang mundur sejejak dalam setiap tantangan.

Dalam rangka memperingati hari jadinya tersebut, dilaksanakan upacara parade militer dan defile di Koarmada RI dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr Opsla, bertempat di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Selasa (5/12). Turut hadir dalam upacara tersebut Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(J)., M.A M.M.S., CHRMP didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Irna Krisno Utomo ini melibatkan sedikitnya 500 prajurit TNI AL.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap kali saya berdiri di hadapan prajurit Jalasena saya merasakan kekuatan dan semangat membara, yang membuktikan bahwa keberanian dan dedikasi kalian merupakan pondasi kokoh dalam menjaga kedaulatan laut Nusantara. Semangat juang yang telah ditunjukkan merupakan langkah untuk mengembalikan kejayaan maritim Indoensia. Ingatlah selalu pesan Presiden RI Joko Widodo. “Di laut tersimpan harapan, di laut tersimpan kejayaan.”

Melalui tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”, peringatan Hari Armada RI tahun ini merupakan wahana merefleksikan diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. Selain itu momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama laut nusantara. “Dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini TNI Angkatan Laut dihadapkan pada tuntutan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kekuatan. Kompleksitas tantangan berupa ancaman tradisional maupun non-tradisional, menegaskan urgensi bahwa prajurit Jalasena Armada harus Adaptif dan Responsif terhadap setiap potensi ancaman yang mengganggu keamanan dan kedaulatan negara di laut. Oleh karena itu, keberadaan Armada yang handal tidak hanya sebagai simbol kekuatan. Namun hal ini menunjukkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan peran diplomasi pemerintah guna mewujudkan perdamaian dunia” ungkap Kasal.

Adapun rangkaian kegiatan Hari Armada RI Tahun 2023 yang dilaksanakan diantaranya Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Kesetiaan, Penganugerahan Kenaikan Pangkat Luar Biasa dan Penganugerahan Bendera Artileri kepada Prajurit dan KRI berprestasi. Selain itu, menampilkan defile dan demonstrasi kecakapan prajurit TNI AL berupa atraksi pesawat. Selain itu, juga dilaksanakan hiburan pentas keseniaan tradisional Indonesia Reog Ponorogo dan Flashmob tarian tradisional yang mewakili Armada RI, Armada I,II.dan III.

Dalam rangka memeriahkan Hari Armada sebelumnya masih dalam rangkaian Hari Armada Tahun 2023, dilaksanakan penganugerahan pemenang Glagaspur KRI dan Pangkalan TNI AL, serta pemberian penghargaan kepada pemenang kompetisi Artileri mode sistem dan manual, oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menyambut peringatan Hari Armada RI tahun 2023 dan juga Pencanangan 3 Program TNI AL, Bakti sosial dan donor darah dan kegiatan lainnya. (Dispen Kolinlamil).

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlantamal I Antar Keberangkatan Kadiskual

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Asrena Danlantamal I Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi, S.E., dan Kakuwil Lantamal I Kolonel Laut (S) Irwan Kurniawan, M.Tr. Hanla., mengantar keberangkatan Kadiskual Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, S.E., M.M., beserta istri dan rombongan, bertempat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (20/7/2024).

Adapun keberangkatan Kadiskual beserta rombongan, telah selesai melaksanakan kunjungan kerja di Lantamal I yakni kegiatan Rekonsiliasi Internal Semester I Tahun 2024 TNI AL, untuk selanjutnya kembali ke Jakarta.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Dampingi Ketua Cabang IV DJA I Laksanakan Kunjungan Budaya

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus Susanto mendampingi Ketua Korcab IV DJA I Ny. Erni Tjatur Soniarto bersama pengurus melaksanakan kunjungan budaya ke Vihara Budha Darma Galang Batang Gunung Kijang, Bintan, Jum’at (19/07/2024).

Vihara Budha Dharma atau Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dikenal dengan “Vihara Patung Seribu” atau Patung Lohan. Vihara Patung Seribu atau Patung Seribu terletak di Jalan Asia Afrika KM 14, Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva merupakan tempat ibadah umat Budha dan objek wisata religi. Banyak wisatawan yang datang pada akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I mendampingi Ketua Korcab IV DJA I bersama rombongan menyempatkan melihat dan menyimak penjelasan dari penjaga Vihara tersebut, atas kemegahan bangunan yang saat ini juga dijadikan salah satu destinasi wisata di Bintan Kepulauan Riau, sehingga kawasan tersebut sudah mulai dikenal khalayak ramai baik lokal maupun mancanegara.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I Lanal Bintan Bersama TK Hang Tuah Tanjung Pinang Adakan Lomba Mewarnai Back To School

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Untuk memupuk dan menggali potensi siswa-siswi anak didik serta untuk membangkitkan kreativitas anak-anak, Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I Lanal Bintan bersama TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang mengadakan ajang lomba mewarnai “Back To School” untuk siswa-siswi TK yang ada di Kota Tanjung Pinang. Kegiatan Back To School tersebut dilaksanakan di Kota Tanjung Pinang, Sabtu (20/07/2024).

Lomba yang diadakan ini dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional. Anak-anak tidak sekedar mewarnai tetapi juga menambahkan gambar dari gambar yang sudah disediakan panitia.

Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus Susanto yang juga hadir mendampingi siswa-siswi TK di Kota Tanjung Pinang mengatakan bahwa lomba mewarnai yang diselenggarakan kali ini bertujuan untuk mengali potensi dan bakat anak-anak, meningkatkan kualitas dan memperluas wawasan anak-anak TK di Kota Tanjung Pinang.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat mempercayakan anak-anaknya sekolah di TK Hang Tuah Tanjung Pinang.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

Trending