Connect with us

Ragam Berita

HKTDC Membawa Kampanye “Building for the Future” ke Indonesia Sektor Infrastruktur Hong Kong Jajaki Peluang di Indonesia

Published

on

Fokusindonesia.com – Jakarta, Selasa 28 February 2023 – Untuk membantu sektor infrastruktur dan jasa terkait real estat (IRES) di Hong Kong memanfaatkan peluang yang ada, Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) mempromosikan kampanye Building for the Future di Indonesia untuk pertama kalinya, dengan membawa delegasi ke Jakarta pada tanggal 27 Februari-2 Maret.

Melalui berbagai acara, termasuk Hong Kong Forum on Urban Development, sesi business matching dan pertemuan dengan para pemimpin pemenntah dan bisnis, promosi yang luas ini membenkan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan Indonesia dan Hong Kong untuk menjajaki kemitraan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah mempercepat pembangunan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur sebesar Rp 392 tnliun (US$28 miliar) pada tahun 2023 untuk meningkatkan penyediaan layanan dasar dan produktivitas melalui infrastruktur konektrvitas dan mobilitas.

Pesatnya pembangunan infrastruktur di Indonesia di bawah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan relokasi ibukota menghadirkan banyak peluang bagi penyedia jasa profesional di bidang Pengembangan Infrastruktur dan Jasa terkait Real Estat (IRES) untuk Indonesia dan Hong Kong.

Delegasi yang dipimpin oleh Ir Dr Hon Lo Wai-kwok, GBS, MH, JP, Anggota Anggota (Fungsional Konstituensi – Teknik) Dewan Legislatif, Daerah Administratif Khusus Hong Kong, dan Asisten Direktur Eksekutif HKTDC, Stephen Liang, terdin dan 17 delegasi yang berasal dari berbagai sektor profesional, termasuk arsitektur, teknik, pengembangan properti, konstruksi, dan perencanaan kota.

Sebagai inti dari misi ini, Forum Hong Kong tentang Pembangunan Perkotaan difokuskan pada smart city, pengembangan kota modern dan perencanaan kota, serta desain arsitektur. Forum ini memperkenalkan kekuatan dan layanan bernilai tambah dari Hong Kong IRES dan mengeksplorasi peluang kolaborasi antara Indonesia dan Hong Kong dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur. Dr Ir Herry Trisa Putra Zuna, Direktorat Jenderal Kementenan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Republik Indonesia, memberikan sambutan dalam Forum tersebut, yang dihadiri oleh lebih dari 300 pemimpin pemerintah dan bisnis Indonesia

“Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia menaruh priontas lebih pada infrastruktur. Dengan pembangunan infrastruktur yang cepat dan pemindahan ibu kota, ada banyak peluang yang muncui” yjar Stephen Liang dalam sambutannya di forum tersebut. “Kondisi New normal pasca-pandemi telah dimulai, perbatasan Hong kong-China Daratan telah dibuka kembali, dan Hong Kong telah menghapus pembatasan perjalanan internasional Dalam

revitahsasi ini, tidak ada waktu yang lebih baik daripada saat mi untuk menangkap peluang baru yang akan menguntungkan komunitas bisnis Indonesia dan Hong Kong serta memperkuat pertumbuhan ekonomi di kedua tempat tersebut.”

Dia menambahkan, “Hong Kong telah lama menjadi pemimpin da am layanan yang berhubungan dengan infrastruktur dan real estat, mulai dan bangunan dan konstruksi hingga arsitektur teknik, Gan survei. Dilengkapi dengan pengalaman puluhan tahun dalam proyek-proyek bangunan berskala besar, bisnis Hong Kong berada pada posisi yang ideal untuk menyediakan layanan berkualitas dalam layanan terkait infrastruktur dan real estat.”

Sesi pleno menampilkan perusahaan-perusahaan IRES Hong Kong yang terkenal secara intemasional – yaitu hpa, MVA, Arup dan Sino Group – yang membahas tentang pengembangan kota pintar, prospek infrastruktur serta konstruksi perkotaan.

Dua sesi tematik diselenggarakan, dimana para delegasi Hong Kong berbagi kasus-kasus sukses dalam bidang teknik lingkungan dan arsitektur perkotaan yang berkelanjutan.

Forum ini juga menampilkan sesi business matching bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mengadakan pertemuan empat mata dengan delegasi Hong Kong untuk menjajaki peluang-peluang potensial dan bertukar pikiran mengenai proyek-proyek infrastruktur dan konstruksi perkotaan di Indonesia.

Hong Kong dikenal sebagai pusat keuangan terkemuka di dunia. Dengan jaringan global yang luas, rangkaian produk keuangan yang lengkap, dan sumber daya manusia yang besar, Hong Kong merupakan tempat yang ideal bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk terlibat dalam proyek-proyek IRES.

Selama dua hari ke depan, para delegasi akan berinteraksi dengan pemerintah dan pemimpin bisnis Indonesia dalam kunjungan ke proyek-proyek infrastruktur dan pembangunan perkotaan terkemuka untuk menangkap peluang bisnis antara Hong Kong dan Indonesia. (Sum)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ragam Berita

Digelar Selama 3 Hari Konvensi Lions Club Ke-48 Di Hadiri Lebih Dari 1500 Orang

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta, 2 Mei 2024 – Jakarta sebagai kota metropolitan punya banyak sejarah juga cerita yang membuat setiap orang selalu datang dan pergi. Tak ayal Perkumpulan Lions Indonesia Multi Distrik 307 menyelenggarakan Konvensi Nasional ke 48, meski menjadi event tahunan.
Namun seiring animo masyarakat yang ingin selalu menuju ibukota menjadikan kegiatan ini diikuti lebih dari 1500 orang. 

Acara yang berlangsung di Convention Centre, Mercure Ancol, Jakarta Utara selama 3 hari ini menjadi ajang silaturahmi dan parade budaya nasional. Ketika memasuki area utama tempat kegiatan berlansung nampak nuansa kental khas betawi yang disiapkan oleh panitia penyelenggara. 

Menurut Ketua Umum penyelenggara Meike Suhartono, acara ini tidak hanya dihadiri tamu dalam negeri tetapi juga tamu internasional dari Amerika Serikat, Jepang, dan Australia.

Di konvensi ke-48 ini Meike Suhartono , sebagai penyelenggara menyampaikan mengundang 4 distrik untuk bersama-sama lebih banyak melakukan pengabdian kepada masyarakat. Di acara konvensi ini kami juga bekerjasama dengan Kemenparekraf dan Instansi lembaga lainnya termasuk pemerintah daerah. Di sini kami mengundang UMKM lokal untuk memperkenalkan dan mempromosikan dengan harapan meningkatkan dan membangkitkan ekonomi Indonesia terangnya.

“Tadi pagi juga kami mengadakan bakti sosial penjernihan air laut yang nantinya akan berdampak baik pada lingkungan sekitar”. Ia berharap kedepan dengan hadirnya UMKM pada acara ini dapat bersama-sama menciptakan kemajuan dan pergerakan ekonomi yang lebih baik lagi. Selain agenda yang disebutkan di atas tadi ada juga agenda pemilihan ketua pada acara konvensi ke-48 ini. 

Dalam pembukaan acara, Menparekraf Sandiaga S. Uno menyampaikan pesan, bahwa Lions Club Indonesia membantu pemerintah dalam menyelesaikan tantantangan sosial yaang dialami Indonesia mulai dari Kemiskinan dan stunting, kemetidakmerataan kualitas pendidikan dan kesehatan, serta tantangan di sektor lingkungan hidup seperti perubahan iklim dan resiko bencana alam. Kontribusi yang dilakukan oleh Lions Club ini bisa mendorong kualitas peningkatan SDM Indonesia dalam misi visi menuju Indonesia Emas 2045. Tidak hanya itu Kementrian Pariwisata dan ekonomi kreatif juga memberikan apresiasi setingginya atas kolaborasi kemanusiaan dan promosi social tourism yang dilakukan. 

Lebih lanjut Sandy menyebut bahwa apa yang dilakukan Lions Club ini merupakan bentuk kontribusi kebaikan dan menjadi geliat pariwisata dan ekonomi kreatif kita, “disini bisa kita lihat kontribusi nyata dari Lions Club yang sudah berjalan 48 konsensi memberikan warna bagi Indonesia untuk menuju Indonesia emas di tahun 2045” ujarnya.

Sandy berharap acara seperti ini terus berlanjut dan semakin banyak anggota Lions Club yang bergabung sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi. 

Menurutnya saat ini sosial tourism trendnya meningkat pasca pandemi. Hubungan kemenparekraf dan Lions Club sudah berjalan cukup lama jadi silahkan jika mau lebih diformalkan ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Council Chairperson Perkumpulan Lions, Ferry Yonawan sebagai penangung jawab pagelaran besar dan eksistensi perkumpulan Lions Indonesia yang saat ini melalu Yayasan lions Indonesia telah menyediakan Rumah singgah untuk pasien kanker, klinik mata dan melayani pemberian alat bantu dengar (ABD). Hingga melayani cuci darah kepada pasien yang membutuhkan.
Pengabdian menyeluruh ini diberikan kepada masyarakat juga sebagai bentuk dukungan bantuan kesehatan kepada pemerintah, juga komitmen para member yang terbagi di 4 wilayah distrik di seluruh Indonesia.

Kegiatan Konvensi nasional ini juga dimaksudkan mendorong Sektor ekonomi kreatif yang menjadi harapan masyarakat terutama di tiga subsektor unggulan yaitu kuliner, kriya, dan fesyen. Karena sebanyak Rp 1,100 triliun lebih sumbangsih ekonomi kreatif terhadap PDB nasional berpeluang baik untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Pada kesempatan ini, Tim publikasi, Risty Rustarto juga menjelaskan bahwa Lions International sudah berdiri dari 107 tahun dan konsisten berkomitmen untuk memberikan bantuan dalam 8 fokus pengabdian di 200 negara di dunia. 

Dengan total anggota lebih dari 1,4 juta. Fokus pengabdian tersebut terdiri dari menjaga kesehatan penglihatan (Vision), mengatasi kelaparan (relieving the Hunger), perhatian pada kanker anak (Pediatric cancer), menjaga penyebaran penyakit diabetes (diabetic), kepedulian lingkungan (environment), mengutamakan kemanusiaan (humanitarian), perhatian terhadap kaum muda (youth), serta bantuan penanganan bencana (disaster).

Continue Reading

Ragam Berita

Rangkaian Persiapan Queen MMBI Jawa Barat, Karantina Miss Mega Bintang Indonesia 2024 : Beauty Camp Hingga Catwalk Class!

Published

on

By

FokusIndonesia.com, Dalam rangka mendekati karantina nasional Miss Mega Bintang Indonesia 2024, yang akan dilaksanakan tanggal 3 Mei 2024 para Queen MMBI Jawa Barat memulai rangkaian persiapannya dibantu oleh Team MMBI Jawa Barat.

Rizky Ananda Musa selaku Regional Director MMBI Jawa Barat memberikan support sepenuhnya untuk berbagai macam kegiatan pelatihan untuk para Queen, dari mulai pelatihan Beauty Camp oleh Caldare Camp, pelatihan Makeup Class oleh salah satu MUA terkenal di Kota Bandung yaitu Alfianos, pelatihan Catwalk Class atau Pasarela oleh Coach Diva Bdoel, Public Speaking Class oleh DJ Arie, Sharing Session dengan Rayya Haq Top 10 Miss Mega Bintang Indonesia 2023, hingga visit designer terkenal untuk melakukan fitting berbagai macam busana yang akan dipakai ketika karantina nasional hingga Grand Final nanti. Semua pelatihan yang mereka ikuti adalah sebagai bentuk persiapan ke lima Queen MMBI Jabar untuk bersaing di ajang nasional nanti.

Yayasan Dunia Mega Bintang merupakan yayasan yang menaungi Miss Mega Bintang Indonesia dengan Ivan Gunawan selaku Founder. Sampai saat ini Miss Mega Bintang Indonesia 2024 memiliki total 50 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa timur, Banten, Kepulauan Riau dan masih banyak lagi.

Kelima Queen MMBI Jawa Barat mengaku sudah matang dalam persiapan menuju karantina dan siap berkompetisi di Miss Mega Bintang Indonesia 2024. Lima Queen Jabar yang akan diberangkatkan menuju ajang nasional adalah Yulinar Fitriani sebagai pemenang Miss Mega Bintang Indonesia Jawa Barat 2024, Nabilla Siswara 1st Runner Up, Tenya Nufa 2nd Runner Up, juga Tia Agustin dan Christine Stefanny sebagai Wildcard Miss Mega Bintang Indonesia Jawa Barat 2024 yang dipilih langsung oleh Ivan Gunawan sebagai Founder Yayasan Dunia Mega Bintang.

Para Queen pun mengaku sudah menyiapkan konsep terbaik yang mereka punya dengan kolaborasi bersama designer terkenal seperti Alice Salindra, Dani Bridal, Smara House, dan Madelyn Brigitta pada saat moment Arrival Look yang akan mereka kenakan di hari pertama tiba di tempat karantina.

Karantina Miss Mega Bintang Indonesia 2024 akan dilaksanakan selama 2 minggu, dan para peserta akan menjalani karantina selama 3-6 Mei 2024 berlokasi di Ambarukkmo Hotel Yogyakarta. Sedangkan sisa waktu karantina mereka, dari tanggal 7-18 Mei 2024, akan dihabiskan di Kota Jakarta.

Setelah 2 minggu melakukan karantina, para finalis Miss Mega Bintang Indonesia 2024 akan melaju ke tahap Grand Final pada tanggal 19 Mei 2024 yang berlokasi di Istora Senayan Jakarta. Terdapat juga special performance dari Winky Wirawan.

Rizky Ananda Musa selaku Regional Director Miss Mega Bintang Indonesia Jawa Barat 2024 menaruh harapan penuh kepada lima Queen MMBI Jawa Barat, agar mereka bisa menampilkan penampilan terbaik mereka di malam final nanti hingga mereka menjadi perwakilan Indonesia di ajang Internasional.

Continue Reading

Ragam Berita

Ketua Panitia Safari Ramadan Wartawan Jakarta Utara Peduli Berikan Paket Lebaran

Published

on

By

FokusIndonesia.com, Jakarta, Ketua Panitia Safari Ramadan Wartawan Jakarta Utara Peduli Andi Mulyati Pananrangi, SE., membagikan paket lebaran bagi anggota Aliansi Wartawati Indonesia (AWI), Aliansi Junalis Bersatu (AJB) dan temen wartawan Jakarta Utara yang turut menyukseskan kegiatan safari Ramadan Wartawan Jakarta Utara Peduli.

“Hari ini, kami membagikan paket lebaran sebanyak 107 paket yang berasal dari bu Andi untuk temen temen semua, mohon maaf hari ini tidak bisa hadir karena ada keperluaan. Salam silahturahmi,”ujar Sucy, mewakili panitia kegiatan Wartawan Jakarta Utara Peduli, saat memberikan bantuan paket lebaran di parkiran kantin Walikota Jakarta Utara, Jumat (05/04/2024).

Salah seorang penerima bantuan Amin mengucapkan terima kasih dan semoga silahturahmi dan kekompakan dapat terjalin lebih erat lagi dan dapat terus melaksanakan kegiatan lainnya.

“Terima kasih salam silahturahmi, mari jaga kekompakan dan kebersamaan di tengah tengah Wartawan Jakarta Utara,”pungkasnya.(Sum)

Continue Reading

Trending