Connect with us

TNI AL

JUNJUNG TINGGI NETRALITAS TNI DENGAN TIDAK TERLIBAT DALAM POLITIK PRAKTIS

Published

on

Fokusindonesia.com, Berita Kolinlamil TNI AL, 17 November 2023 ——- Mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H. Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Damayanti bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara Bendera tanggal 17 yang dilaksanakan di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara dan diikuti seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil, Jumat (17/11). Membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad ALi, S.E., M.M., M.Tr Opsla, Inspektur Kolinlamil menyampaikan dalam dunia yang terus berkembang ini, tantangan yang kompleks dan beragam akan terus muncul. Beberapa kejadian di lingkup global yang perlu menjadi perhatian diantaranya konflik dan krisis kemanusiaan di jalur Gaza, perang Ukraina yang berlarut-larut serta ketegangan di Kawasan Indo-Pasifik karena rivalitas kekuatan besar.

Pada level nasional, bangsa Indoensia akan dihadapkan pada tahun Politik, dimana rangkaian tahapan pemilihan umum tahun 2024 sudah mulai bergulir. Potensi ancaman dan gangguan yang terjadi dalam kontestasi politik tersebut, hendaknya diantasipasi melalui upaya-upaya pengamanan pemilu secara humanis, professional dan terukur sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Untuk itu, kepada seluruh prajurit dalam menghadapi situasi nasional dan dunia yang tidak menentu, kita perlu bersikap bijak dan bertindak menentu. Kita perlu bersikap bijak dan bertindak secara efektif. Pertahanan dan keamanan negara harus tetap menjadi prioritas utama.” Ungkap Laksma TNI Damayanti.

Dalam kesempatan tersebut, Inspektur Kolinlamil mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil untuk terus meningkatkan profesionalisme demi mewujudkan TNI Angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh. Setiap prajurit dan PNS Kolinlamil mempunyai tanggung jawab yang sama untuk selalu menjaga soliditas dan sinergitas tidak hanya di lingkungan TNI-Polri, namun juga dengan instansi dan lembaga Pemerintahan serta elemen masyarakat lainnya.

Amanat Kasal ditutup dengan penekanan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas yaitu netralitas TNI merupakan komitmen dan wajib dilaksanakan, tidak bisa ditawar, TNI harus netral, karena TNI memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. Junjung tinggi netralitas TNI dengan tidak terlibat dalam politik praktis menjelang tahun politik 2024. (Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Komandan Lanal Sabang Selaku Dansubsatgas Pam Laut Ikuti Apel Gelar Kesiapan Pasukan PAM VVIP RI 1

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal Sabang (Danlanal Sabang) Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., ikut serta menghadiri Apel Gelar Pasukan PAM VVIP dalam rangka Kunjungan Kerja RI 1 (Ir. H. Joko Widodo) transit ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) melalui Provinsi Aceh, bertempat di Lapangan Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Kota Banda Aceh, Senin (15/07/2024).

Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) menggunakan Pesawat Kepresidenan, terlebih dahulu melaksanakan Transit di Provinsi Aceh dan untuk memastikan Kesiapan Pengamanan.

Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr. Han., (Pangdam IM) selaku Pimpinan Apel dalam amanatnya menyampaikan bahwa “Apel Gelar Pasukan yang akan kita laksanakan ini adalah sebagai bentuk pengecekan kesiapan satuan-satuan yang terlibat serta terintegrasi antara TNI, Polri dan Pemda guna pengamanan kunjungan kerja presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo ke Provinsi Aceh”.

“Tugas PAM VVIP jangan hanya dijadikan tugas rutin, namun jadikan tugas ini sebagai suatu operasi baru yang merupakan tugas kehormatan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar tercipta sinergitas yang solid dalam mengawal dan mengamankan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia beserta rombongan, sehingga semua kegiatan dapat berlangsung dengan baik, sukses, aman dan lancar”.

Diakhir kegiatan Apel Pasukan, Komandan Lanal Sabang beserta Pangkogasgabpad PAM VVIP melakukan pengecekan Pasukan, guna memastikan kesiapan dan kesiapsiagaan serta totalitas dalam mengamankan RI 1, selama malaksanakan Transit Kunjung Kerja di Provinsi Aceh.

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI AL

Danlantamal I Hadiri Rapat Koordinasi PB PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Rapat Koordinasi PB (Panitia Besar) PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, Wilayah Sumatera Utara, dipimpin oleh Menpora Dito Ariotedjo melalui vicon, bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jendral Soedirman No. 41 Medan, Sumatera Utara, Senin (15/7/2024).

Dalam sambutannya, Menpora mengungkapkan apresiasinya pada Pj. Gubernur Sumut yang mampu menyelesaikan masalah pada persiapan PON. Dirinya juga mengapresiasi Bupati/Walikota yang telah mendukung langkah cepat Pj. Gubernur Sumut tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Sumatera Utara Fatoni menegaskan agar setiap bidang diminta untuk meninjau ulang relevansi tim kerja yang sudah terbentuk. Menurutnya, apabila terdapat anggota yang tidak berfungsi dengan baik maka segera diganti, sehingga mampu mempercepat kerja yang barangkali selama ini terhambat. Sebagai informasi, hingga saat ini secara keseluruhan progress pembangunan atau penyelesaian venue sudah mencapai 80%.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sumut Sutarto, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Ucok Enrico Hutadjulu, Kejati Sumut Idianto, Sekda Provinsi Sumut Arief Sudarto Trinugroho, Kasat Pol PP Pemprov Sumut Mafullah Pratama Daulay, beserta para Pengurus PB PON.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

Bhabinkamtibmas Berikan Imbauan Kamtibmas Satpam Kawasan GBK Senayan

Published

on

By

Jakarta Pusat – Bhabinkamtibmas Kelurahan Gelora Aiptu Teguh Yuliyanto melaksanakan sambang ke satuan pengamanan kawasan GBK Senayan di Gedung Elevated B Senayan Kelurahan Gelora Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Senin (15/7/2024).

Dalam kesempatan sambang sekaligus berikan imbauan kamtibmas agar satuan pengamanan kawasan GBK Senayan dapat berperan aktif dalam menciptakan keamanan kepada para pengunjung dan agar tidak melakukan arogansi yang berlebihan saat mengamankan pelaku maupun di duga pelaku kejahatan, ujar Teguh.

Aiptu Teguh juga menyampaikan pesan dari Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro agar memberikan informasi terkait kamtibmas untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pengunjung.

Apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan agar melaporkan ke Bhabinkamtibmas atau Polsek Metro Tanah Abang atau Call Center 110, untuk di tindak lanjuti oleh petugas kepolisian.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Continue Reading

Trending