Connect with us

Transportasi

KAI Daop 1 Ingatkan Penggunaan Stop Kontak di Kereta Api Hanya Untuk Gadget

Published

on

Fokusindonesia.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta buka suara menanggapi video yang beredar di Media Sosial seputar penggunaan stop kontak pada kereta api.

Sebelumnya tengah beredar video di Media Sosial penumpang kereta api yang menggunakan stop kontak diluar peruntukannya seperti alat menanak nasi sampai kipas angin portable.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan fasilitas colokan listrik yang tersedia di setiap kursi kereta api, hanya bisa digunakan untuk mengisi daya gawai/gadget seperti handphone, tablet, atau laptop.

“Selain gadget, penumpang tidak diperbolehkan menggunakan stop kontak di kereta api untuk keperluan-keperluan lainnya seperti alat elektronik rumah tangga,” kata Ixfan, Senin (19/2/2024).

Ixfan menjelaskan, penggunaan alat-alat diluar dari peruntukannya dapat mengganggu penumpang lainnya atau berpotensi membahayakan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api.

“Di samping itu, penggunaan alat elektronik dengan daya listrik besar secara berlebihan dan bersamaan, dikhawatirkan dapat mengganggu fungsi kelistrikan kereta api secara keseluruhan,” imbuhnya.

Ixfan menyampaikan, Jika penumpang mengalami kendala saat dalam perjalan, seperti AC kurang berfungsi optimal, penumpang dapat segera menghubungi petugas Kondektur yang berdinas agar segera ditindaklanjuti. Nomor handphone petugas Kondektur tertera di masing-masing dinding kereta.

“KAI mengimbau kepada pelanggan untuk saling menghormati dan menghargai di antara sesama pelanggan agar perjalanan kereta api tetap aman dan nyaman. Kami juga berpesan kepada pelanggan untuk selalu mematuhi aturan, menjaga ketertiban, menjaga fasilitas kereta api dan stasiun karena layanan kereta api merupakan fasilitas umum,” tutup Ixfan

Penumpang juga dapat menyampaikan keluhan-keluhannya dengan menginfokan kode booking melalui pesan langsung (Direct Message) kepada Contact Center KAI di media sosial KAI, email [email protected], WhatsApp 08111-2111-121, atau telepon di 121.

Salam,
Ixfan Handriwintoko
Humas KAI Daop 1 Jakarta

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Transportasi

Angkutan Lebaran 2024 Berjalan Sukses, PT KAI Divre I Sumut Angkut 187.584 Penumpang

Published

on

By

FokusIndonesia.com, PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menutup pelaksanaan Angkutan Lebaran 1445 Hijriyah tahun 2024 yang telah berlangsung selama 22 hari sejak 31 Maret 2024 hingga 21 April 2024 dengan sukses. Selama periode Angkutan Lebaran tersebut, PT KAI Divre I SU melayani total 187.584 penumpang atau rata-rata 8.526 penumpang per harinya. Jumlah tersebut meningkat 21% dibanding periode yang sama pada Angkutan Lebaran tahun 2023 yakni 154.433 penumpang.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan bahwa kenaikan ini dipengaruhi oleh peningkatan jumlah perjalanan kereta api selama periode angkutan Lebaran 2024 dengan total perjalanan KA jarak jauh dan lokal sebanyak 484 perjalanan KA atau rata-rata 22 perjalanan KA per hari.

“PT KAI Divre I Sumut telah mengoperasikan total perjalanan KA jarak jauh dan lokal sebanyak 484 perjalanan KA atau rata-rata 22 perjalanan KA per hari, naik 27% dibanding jumlah perjalanan KA pada periode angkutan Lebaran tahun 2023 sebanyak 382 perjalanan KA atau rata-rata 17 perjalanan KA per hari,” kata Anwar.

Anwar menjelaskan, untuk KA jarak jauh yang beroperasi pada masa angkutan Lebaran kali ini sebanyak 6 perjalanan KA Sribilah Utama ditambah 2 perjalanan KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan-Rantauprapat dan 6 perjalanan KA Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai. Sedangkan untuk KA lokal yang beroperasi pada angkutan Lebaran tahun ini sebanyak 4 perjalanan KA Siantar Ekspres relasi Medan-Siantar dan 4 perjalanan KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi-Lalang.

Pencapaian positif di masa Angkutan Lebaran kali ini juga terdapat pada sisi ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan kereta api di wilayah Divre I Sumut yang mencapai 99,82% dan ketepatan kedatangan kereta api mencapai 99,08%. Hal ini juga yang menjadikan pertimbangan utama masyarakat memilih moda transportasi kereta api untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga tercinta.

“Puncak volume penumpang pada arus mudik Lebaran tahun 2024 di wilayah PT KAI Divre I Sumut terjadi pada H-2 Lebaran atau tepatnya pada hari Senin tanggal 8 April 2024 dengan jumlah penumpang sebanyak 9.280 orang. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada H2+3 Lebaran atau pada hari Minggu tanggal 14 April 2024 dengan jumlah penumpang sebanyak 11.528 orang,” ungkap Anwar.

Berdasarkan pantauan data posko Angkutan Lebaran, stasiun dengan jumlah penumpang terbanyak baik untuk KA Jarak Jauh maupun KA Lokal pada masa angkutan Lebaran tahun ini ada di Stasiun Medan, Kisaran, Rantauprapat dan Tanjung Balai.

Pada momen Angkutan Lebaran 2024 ini juga PT KAI Divre I Sumut mengadakan program Mudik Asyik bersama BUMN 2024 yang merupakan hasil kolaborasi antara PT KAI Divre I Sumut bersama Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Perhubungan Provinsi Sumut dan PT PLN Unit Layanan Pelanggan Kota Medan. Dalam program ini sebanyak 244 pemudik gratis telah diberangkatkan dari Stasiun Medan menuju stasiun tujuan yakni Stasiun Tebing Tinggi, Kisaran dan Rantauprapat.

Selain itu, PT KAI Divre I Sumut bersama Dinas Perhubungan Provinsi Sumut juga mengadakan program Angkutan Motor Gratis yang perdana dilakukan di wilayah Sumatera. Program Angkutan Motor Gratis memiliki kapasitas angkut sebanyak 30 unit per harinya yang dirangkaikan pada KA Sribilah Utama dengan rute Medan – Rantauprapat. Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan di jalan raya dan meningkatkan keselamatan para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga tercinta.

“PT KAI Divre I Sumut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan setia KA yang telah menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihan dalam bepergian terutama pada momen mudik Lebaran, serta memohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam hal pelayanan. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat beserta seluruh stakeholder yang turut mensukseskan Angkutan Lebaran 2024 sehingga dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar dan terkendali serta terwujudnya angkutan mudik yang ceria dan penuh makna,” tutup Anwar.( Humas Divre I Sumut)

Continue Reading

Transportasi

Daop 1 Jakarta Sukses Berangkatkan 827 Ribu Lebih Penumpang Selama Angkutan Lebaran 2024

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat selama masa angkutan Lebaran ini, keakuratan waktu perjalanan kereta api telah sesuai dengan yang diharapkan.

Pada masa Angkutan Lebaran sejak 31 Maret s.d 21 April 2024, On Time Departure atau ketepatan waktu untuk keberangkatan KA Jarak Jauh mencapai 99,25 persen angka tersebut melebih target keberangkatan 99,10 persen.

Sedangkan untuk On Time Arrival atau ketepatan waktu untuk kedatangan KA Jarak Jauh mencapai 93,63 persen dari target 92 persen.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, ketepatan waktu menjadi salah satu nilai tambah yang KAI tawarkan bagi masyarakat. Dalam angkutan Lebaran ini, KAI terus menjaga keamanan, kenyamanan, keselamatan, serta ketepatan waktu.

“Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh para pemudik,” kata Ixfan, Senin (22/4/2024).

Selain itu, Selama masa Angkutan Lebaran 2024, sejak 31 Maret hingga 21 April 2024, 827 ribu lebih penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) berangkat dari area PT KAI Daop 1 Jakarta.

Ixfan mengatakan ratusan ribu pemudik itu berangkat melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Ixfan menyampaikan, selama 22 hari tersebut penumpang berangkat menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), diantaranya 391 ribu penumpang berangkat dari stasiun Pasar Senen, 261 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, dan lebih dari 174 ribu penumpang berangkat dari beberapa stasiun wilayah Daop 1 Jakarta lainnya seperti Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Jakarta Kota dan Jatinegara.

“Peningkatan volume penumpang berangkat menggunakan KAJJ di area Daop 1 pada masa angkutan lebaran mulai terjadi sejak 3 hingga 11April 2024 dengan rata-rata volume penumpang berangkat sekitar 43 ribu sampai dengan 48 ribu per hari,” ujarnya.

Pada masa Angkutan Lebaran mayoritas pemesanan tiket KA Jarak Jauh dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit, yakni pada 4 sampai dengan 10 April 2024.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang mudik Lebaran sudah mencapai hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 4 sampai dengan 10 April. Tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai lebih dari 100 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit, di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Secara keseluruhan situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat dan tepat waktu.

Sebelumnya pada masa angkutan lebaran 2024 mulai 31 Maret (H-10) hingga 21 April (H+10) secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 1.693 perjalanan KA Jarak Jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan PasarSenen.

“Dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 395 KA untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang,” jelas Ixfan.

Selain melakukan persiapan melalui penambahan perjalanan KA serta memastikan keandalan sarana yang beroperasi, KAI Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di Stasiun seperti kursi tunggu, meja pemeriksaan tiket, penyediaan air minum isi ulang hingga area bermain anak.

Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan seperti Customer Service Mobile (CSM) yang disiapkan untuk membantu calon penumpang yang membutuhkan informasi serta mengatur alur penumpang agar tidak terjadi kepadatan di satu titik tertentu.

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

Penempatan alat material untuk siaga (AMUS) juga dilakukan di 19 titik untuk mempercepat penanganan jika terjadi kondisi kendala operasional.

“Sejumlah petugas prasarana juga ditempatkan di beberapa area daerah pengawasan khusus untuk memantau jika ada kondisi yang perlu diantisipasi terkait keselamatan dan keamanan,” tutur Ixfan.

Informasi lebih lanjut terkait informasi perjalanan KA pada dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

Continue Reading

Transportasi

Antisipasi Kemacetan Lalu lintas, karena adanya Kegiatan Temu Akbar Nasional Rakyat NKRI, 17 KA Keberangkatan Stasiun Gambir Diberhentikan di Stasiun Jatinegara

Published

on

By

FokusIndonesia.com, Jakarta – PT KAI Daop 1 Jakarta, Senin, 22 April 2024 akan melakukan pengaturan pola operasi pada beberapa Kereta Api jarak jauh keberangkatan dari Stasiun Gambir, untuk kereta Api yang tadinya tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, akan diberhentikan di Stasiun Jatinegara Hal itu guna menghindari keterlambatan calon penumpang karena adanya kemacetan arus lalu lintas di sekitaran jalan menuju Stasiun Gambir.

“Pada saat normal kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus Hari Senin (22/4) keberangkatan KA antara pukul 06.00 WIB sampai 17:00 WIB akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang,” kata Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan di Jakarta, Minggu (21/4) malam.

Daftar perjalanan kereta api jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir (KA Genap), dan diberhentikan di Stasiun Jatinegara pada Hari Senin tanggal 22 April 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Argo Semeru Plb 18A Gambir – Surabaya Gubeng, berangkat 06.20 Wib;
  2. Papandayan Plb 7048 Gambir – Garut, berangkat 06.30 Wib;
  3. Argo Muria KA 14 Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat 07.00 Wib;
  4. Argo Parahyangan KA 52 Gambir – Bandung, berangkat 07.25 Wib;
  5. Argo Bromo Anggrek KA 2 Gambir – Surabaya Pasar Turi, berangkat 08.20 Wib;
  6. Argo Cheribon KA 26 Gambir – Cirebon, berangkat 08.30 Wib;
  7. Argo Merbabu Tambahan KA 7028A Gambir – Semarang Tawang, berangkat 08.40 Wib;
  8. Taksaka KA 68 Gambir – Yogyakarta, berangkat 09.20 Wib;
  9. Pangandaran Plb 7028A Gambir – Banjar, berangkat 09.30 Wib;
  10. Sembrani Plb 62A Gambir – Surabaya Pasar Turi, berangkat 09.50 Wib;
  11. Argo Cheribon KA 22A Gambir – Cirebon, berangkat 10.10 Wib;
  12. Manahan KA 80 A Gambir – Solo Balapan, berangkat 10.30 Wib;
  13. Manahan Tambahan 7016A Gambir – Solo Balapan, berangkat 11.55 Wib;
  14. Argo Parahyangan KA 50 Gambir – Bandung, berangkat 13.10 Wib;
  15. Argo Merbabu KA 20F Gambir – Semarang Tawang, berangkat 14.20 Wib;
  16. Brawijaya KA 58 Gambir – Malang, berangkat 15.40 Wib;
  17. Bima KA 60 Gambir – Surabaya Gubeng, berangkat 17.00 Wib.

Ixfan menambahkan, “Adapun waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir tidak mengalami perubahan. Ixfan menjelaskan pengaturan pola operasi khusus tersebut diharapkan pelanggan dapat terhindar dari risiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara”.

“Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan kereta api dan layanan KAI dapat menghubungi Contact Center 121 dan social media KAI 121,” pungkasnya.

(Kahumas Daop 1 Jakarta
Ixfan Hendriwintoko)

Continue Reading

Trending