Connect with us

Transportasi

KAI Daop 1 Jakarta Minta Tindak Tegas Pelaku Vandalisme di Transportasi Kereta API

Published

on

FokusIndonesia.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengecam keras tindakan vandalisme yang dilakukan oleh sejumlah oknum tidak bertanggungjawab terhadap bakalan Kereta Api (KA) Argo Semeru pada Selasa dini hari, 11 Juni 2024.

Aksi vandalisme tersebut terjadi kira – kira pada pagi dini hari, saat bakalan KA Argo Semeru telah selesai dilakukan pemeriksaan harian kelayakan operasi di Depo Kereta Cipinang, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akibat kejadian itu, KA Argo Semeru kembali harus dilakukan pemeriksaan ulang terhadap seluruh rangkaian kereta di Depo Cipinang dan pembersihan kereta eksekutif K1 01801 dari cat dampak vandalisme (corat-coret) di dinding kereta.

Kerusakan ini tidak hanya mengotori dan mengganggu kesiapan perjalanan KA Argo Semeru, tetapi juga berdampak terhadap pelayanan terhadap para pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, menyatakan keprihatinannya terhadap kejadian tersebut dan menegaskan bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam.

“KAI Daop 1 Jakarta mengecam semua bentuk perbuatan/tindakan vandalisme terhadap aset-aset KAI. Saat ini, kami sedang berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk segera menangkap para pelaku,” katanya.

ixfan menegaskan, bahwa KAI akan melakukan tindakan tegas sesuai undang-undang hukum pidana (KUHP) yang berlaku.

“Hukum vandalisme dan aksi corat-coret telah dituangkan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), yaitu pasal 406, 408 dan 409,” tegas Ixfan.

Ixfan menambahkan, bahwasanya selain itu KAI Daop 1 Jakarta akan mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi, antara lain peningkatan penjagaan di stasiun maupun di depo-depo kereta maupun lokomotif di wilayah Daop 1 Jakarta dengan melibatkan kewilayahan TNI/Polri serta memperkuat peran serta masyarakat untuk turut menjaga aset-aset kereta api.

“Kami juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan corat-coret di dinding kereta maupun tindakan vandalisme lainnya terhadap kereta api. Ini juga penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para pelanggan kereta api,” imbuh Ixfan.

KAI mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat dalam menjaga fasilitas publik yang sangat vital ini. Tindakan vandalisme terhadap sarana transportasi umum seperti kereta api tidak hanya merugikan perusahaan, tetapi juga masyarakat luas yang menggunakan jasa kereta api sebagai sarana transportasi yang aman dan nyaman.

PT KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan demi kepuasan dan keselamatan penumpang. Pentingnya kesadaran bersama untuk menjaga fasilitas publik.

“Diharapkan, dengan adanya langkah-langkah tegas dari aparat hukum dan upaya sosialisasi yang dilakukan oleh KAI Daop 1 Jakarta, aksi vandalisme serupa tidak akan terulang di masa mendatang,” kata Ixfan.

PT KAI juga menghimbau masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang jika mengetahui atau melihat tindakan vandalisme terhadap fasilitas kereta api. Ixfan menegaskan, KAI Daop 1 Jakarta akan segera menindaklanjuti kejadian ini dengan serius.

“Melalui kerja sama yang baik antara KAI, aparat keamanan, dan masyarakat, diharapkan transportasi kereta api di Indonesia, khususnya di wilayah Daop 1 Jakarta, dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan bebas dari tindakan vandalisme,” pungkas Ixfan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Transportasi

KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 8 KA Tambahan Selama Masa Liburan Sekolah

Published

on

By

KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 8 KA Tambahan Selama Masa Liburan Sekolah

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengoperasikan 8 KA Tambahan di bulan Juni 2024 untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan selama masa liburan sekolah semester genap.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pengoprasian Kereta Api (KA) tambahan untuk mengakomodir penumpang yang akan melakukan perjalanan keberbagai wilayah dalam rangka libur panjang high season atau liburan sekolah.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI Khususnya Daop 1 Jakarta untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti periode liburan sekolah saat ini,” kata Ixfan, Selasa (25/6/2024).

Berikut daftar KA-KA tambahan untuk periode libur panjang tersebut:

  1. KA (7046A) Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir – Bandung, beroperasi tanggal 1-30 Juni 2024 dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 22.15 Wib;
  2. KA (40A) Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung, beroperasi tanggal 18 Juni 2024 dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 14.12 Wib;
  3. KA (30F) Argo Cheribon relasi Gambir – Cirebon, beroperasi tanggal 18 Juni 2024 dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 23.30 Wib;
  4. KA (80F) Manahan relasi Gambir – Solo Balapan, beroperasi tanggal 18 Juni 2024 dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 10.30 Wib;
  5. KA (82F) Manahan relasi Gambir – Solo Balapan, beroperasi tanggal 18 Juni 2024 dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 22.50 Wib;
  6. KA Tambahan Gmr – Slo relasi Gambir – Solo Balapan, beroperasi tanggal 13, 19-25, 28 dan 29 Juni 2024 dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 11.55 Wib;
  7. KA Taksaka Tambahan PLB 7002A Gambir-Yogyakarta, beroperasi tanggal 13-18, 20-23 dan 27-30 Juni 2024 dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 18.40 Wib,
  8. KA Taksaka Tambahan PLB 7004A Gambir-Yogyakarta, beroperasi tanggal 13-18, 20-23 dan 27-30 Juni 2024 dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 05.50 Wib,

KAI berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode high season atau liburan sekolah dan bagi yang belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Jakarta – Yogyakarta PP dan relasi lainnya.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau relasi dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” tutup Ixfan.

Salam,
Manager Humas
KAI Daop 1 Jakarta
Ixfan Hendriwintoko

Continue Reading

Transportasi

Ada BTN Jakarta Internasional Marathon, 13 KA Keberangkatan Stasiun Gambir Berhenti di Stasiun Jatinegara

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta akan melakukan pengaturan pola operasi pada 13 Kereta Api jarak jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Gambir, untuk kereta Api yang tadinya tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, akan diberhentikan di Stasiun Jatinegara pada hari Minggu 23 Juni 2024.

Hal itu guna menghindari keterlambatan calon penumpang karena adanya kemacetan arus lalu lintas di sekitaran jalan menuju Stasiun Gambir karena adanya BTN Jakarta Internasional Marathon disekitaran monas.

“Pada saat normal kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus Hari Minggu (23/6) keberangkatan KA antara pukul 05.00 WIB sampai 12:00 WIB akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang,” kata Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

Daftar perjalanan kereta api jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir (KA Genap), dan diberhentikan di Stasiun Jatinegara pada Hari Minggu, tanggal 23 Juni 2024 adalah sebagai berikut:

  1. KA Taksaka Tambahan 7004A Gambir – Yogyakarta, berangkat 05.50 Wib;
  2. Argo Semeru Plb 18A Gambir – Surabaya Gubeng, berangkat 06.20 Wib;
  3. KA Papandayan Plb 7048 Gambir – Garut, berangkat 06.30 Wib;
  4. Argo Muria KA 14 Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat 07.00 Wib;
  5. Argo Parahyangan KA 52 Gambir – Bandung, berangkat 07.25 Wib;
  6. Argo Bromo Anggrek KA 2 Gambir – Surabaya Pasar Turi, berangkat 08.20 Wib;
  7. Argo Cheribon KA 26 Gambir – Cirebon, berangkat 08.30 Wib;
  8. Taksaka KA 68 Gambir – Yogyakarta, berangkat 09.20 Wib;
  9. Pangandaran Plb 7028A Gambir – Banjar, berangkat 09.30 Wib;
  10. Sembrani Plb 62A Gambir – Surabaya Pasar Turi, berangkat 09.50 Wib;
  11. Argo Cheribon KA 22A Gambir – Cirebon, berangkat 10.10 Wib;
  12. Manahan KA 80 F Gambir – Solo Balapan, berangkat 10.30 Wib; dan
  13. Manahan Tambahan 7016A Gambir – Solo Balapan, berangkat 11.55 Wib;

Ixfan menambahkan, adapun waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir tidak mengalami perubahan.

Lebih lanjut, dijelaskan Ixfan, pada pengaturan pola operasi khusus tersebut diharapkan pelanggan dapat terhindar dari risiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara.

“Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan kereta api dan layanan KAI dapat menghubungi Contact Center 121 dan social media KAI 121,” pungkasnya..

Continue Reading

Transportasi

Penyesuaian Jadwal KA Pangrango, Efisienkan Waktu Tempuh Bogor – Sukabumi PP

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – Kereta api (KA) Pangrango adalah kereta api lokal komersial yang beroperasi di wilayah Daop 1 Jakarta. KA Pangrango dioperasikan tiga kali perjalanan pulang pergi (PP) setiap harinya dengan relasi Stasiun Bogor sampai Stasiun Sukabumi dengan tarif tertinggi berdasarkan stasiun tujuan terjauh yakni 80 ribu untuk kelas eksekutif dan 45 ribu kelas ekonomi.

Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, bahwasanya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA, PT KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan penyesuaian jadwal perjalanan KA Pangrango yang akan dimulai pada 1 Juli 2024 mendatang. Dengan adanya penyesuaian tersebut waktu tempuh perjalanan menjadi lebih efisien, yaitu 14 menit lebih cepat dari waktu sebelumnya.

“Mulai 1 Juli 2024 mendatang KA Pangrango akan dilakukan penyesuaian jadwal keberangkatan baik dari Stasiun Bogor maupun Stasiun Sukabumi. Penyesuaian tersebut juga berdampak pada semakin berkurangnya waktu tempuh. Efisiensi waktu tempuh rata-rata sebanyak 14 menit lebih awal,” kata Ixfan menjelaskan dari Jakarta, Kamis (20/6).

Berikut penyesuaian jadwal KA Pangrango mulai 1 Juli 2024 :

Keberangkatan Stasiun Bogor

  • KA 202 jadwal keberangkatan pukul 08.20 WIB, tiba di Stasiun Sukabumi pukul 10.24 WIB
  • KA 204 jadwal keberangkatan pukul 14.20 WIB, tiba di Stasiun Sukabumi pukul 16.24 WIB
  • KA 206 jadwal keberangkatan pukul 19.55 WIB, tiba di Stasiun Sukabumi pukul 21.59 WIB
    Menjadi :
  • KA 202A jadwal keberangkatan pukul 08.20 WIB, tiba di Stasiun Sukabumi pukul 10.10 WIB
  • KA 204A jadwal keberangkatan pukul 14.00 WIB, tiba di Stasiun Sukabumi pukul 15.50 WIB
  • KA 206A jadwal keberangkatan pukul 19.30 WIB, tiba di Stasiun Sukabumi pukul 21.20 WIB

Keberangkatan Stasiun Sukabumi

  • KA 201 jadwal keberangkatan pukul 05.30 WIB, tiba di Stasiun Bogor pukul 07.34 WIB
  • KA 203 jadwal keberangkatan pukul 11.25 WIB, tiba di Stasiun Bogor pukul 13.29 WIB
  • KA 205 jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB tiba di Stasiun Bogor pukul 19.29 WIB
    Menjadi:
  • KA 201A jadwal keberangkatan pukul 05.30 WIB, tiba di Stasiun Bogor pukul 07.20 WIB
  • KA 203A jadwal keberangkatan pukul 11.25 WIB, tiba di Stasiun Bogor pukul 13.15 WIB
  • KA 205A jadwal keberangkatan pukul 17.00 WIB tiba di Stasiun Bogor pukul 18.50 WIB

Berdasarkan data pemesanan tiket pada hari ini, Kamis (20/6) KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi (PP) tercatat telah memberangkatkan sekitar 2.473 penumpang atau 98 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan, yaitu 2.520 tempat duduk. Jumlah tersebut terhitung meningkat jika dibandingkan rata- rata volume penumpang harian yakni sekitar 2.000 pengguna pada hari normal.

Ixfan juga menerangkan bahwa selama masa libur Idul Adha 1445 H / tahun 2024 kemarin atau periode keberangkatan tanggal 14 s.d 19 Juni 2024, sekitar 17.589 penumpang telah diberangkatkan, dengan okupansi penumpang mencapai sebanyak 97,7 % dari jumlah total ketersediaan tempat duduk yakni sebanyak 18.000 pada periode yang sama.

“Pemesanan tiket KA Pangrango dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI mulai H-30 sampai 1 jam sebelum keberangkatan. Untuk loket penjualan Go Show dapat melayani pembelian tiket KA Pangrango selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan,” pungkas Ixfan.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui Aplikasi Access by KAI yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Informasi lebih lanjut terkait informasi tiket dan perjalanan KA Pangrango dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121

Continue Reading
Advertisement

Trending