Connect with us

Uncategorized

Kapolri Tegaskan TNI-Polri Kawal Seluruh Kebijakan Pemerintah Terkait Pembangunan Papua

Published

on

Fokusindonesia.com, Papua – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa, TNI-Polri akan bersinergi untuk mengawal seluruh kebijakan Pemerintah Indonesia terkait dengan pembangunan di Papua.

TNI-Polri, kata Sigit sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR. Hal itu dilakukan demi mengetahui apa yang menjadi kendala dalam program pembangunan infrastruktur di Tanah Papua.

Setelah adanya proses koordinasi tersebut, Sigit menyebut bahwa, peran dari TNI-Polri diperlukan guna memastikan seluruh kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Papua, dapat berjalan dengan maksimal.

“Karena ini adalah bagian dari program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Tentunya TNI-Polri hadir untuk memastikan semua bisa berjalan dengan baik,” kata Sigit dalam pengarahan Panglima dan Kapolri kepada prajurit TNI-Polri di wilayah Papua, Senin, 9 Januari 2023.

Adapun kebijakan Pemerintah terkait program prioritas di Papua diantaranya, pembangunan destinasi wisata, pengembangan kawasan perkotaan, dan infrastruktur kawasan pertanian.

Sementara itu Major Project diantaranya, pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pengembangan Bandara, dan beberapa program terkait pemekaran, serta penugasan khusus tenaga kesehatan di Papua dan Papua Barat.

Sigit mengungkapkan, dalam mengawal seluruh kebijakan Pemerintah di Papua, pihaknya melakukan dua pendekatan yakni Soft Approach dan Hard Approach. Dalam hal ini, pendekatan lunak yang dilakukan dengan memberikan edukasi, proses sosialisasi, peningkatan kualitas sektor pendidikan dan SDM.

“Sehingga terjadi Transfer Knowledge yang lebih cepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua terkait dengan program pembangunan yang saat ini sedang dilaksanakan,” ujar Sigit dihadapan prajurit TNI-Polri.

Meski begitu, Sigit menekankan, TNI-Polri juga akan melakukan Hard Approach kepada seluruh pihak yang ingin menggagalkan kebijakan Pemerintah demi kesejahteraan masyarakat Papua.

“Terkait dengan masalah gangguan kamtibmas karena memang ada beberapa kelompok yang biasa dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata yang terus melakukan serangan. Sehingga tentunya berdampak pada terhambatnya proses pembangunan. Tentunya kita harus lakukan langkah-langkah penindakan penegakan hukum di lapangan secara tegas dan terukur tentunya. Sehingga harapan kita semuanya bisa berjalan secara proporsional,” ucap Sigit.

Dalam penegakan hukum tersebut, Sigit menyatakan bahwa, pihaknya selalu berkoordinasi dan komunikasi dengan Komnas HAM baik di tingkat pusat maupun wilayah Papua. Hal itu guna memastikan langkah penegakan hukum yang diambil telah proporsional.

“Tentunya kita berusaha supaya kedepan tindakan penegakan hukum yang kita lakukan bisa tepat sasaran dan tidak berdampak ke masyarakat yang mungkin kemudian menjadi korban yang seharusnya bukan bagian dari kelompok kriminal bersenjata,” tutur Sigit.

Di kesempatan yang sama, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan bahwa, dengan melakukan kunjungan kerja dan menyerap aspirasi dari berbagai pihak di Papua, akan dijadikan masukan untuk menentukan kebijakan dan langkah yang akan diambil kedepannya.

“Bahwa saya akan belanja masalah ya istilahnya, untuk menyerap aspirasi dari bawah apa-apa yang harus dilakukan dalam rangka pengambil kebijakan kedepan maupun perencanaan kedepan,” kata Yudo.

Dengan begitu, Yudo menyampaikan bahwa, kedepannya akan diambil kebijakan yang sesuai guna mensukseskan seluruh program atau kebijakan Pemerintah di Tanah Papua.

“Sehingga kita dapat mengambil keputusan kebijakan percepatan pembanginan di Papua. Sesuai dengan kebijakan Pemerintah, meningkatkan kesejahteraan,” jelas Yudo.

Oleh karenanya, Yudo kembali menegaskan bahwa, TNI dan Polri akan siap dengan maksimal dan profesional dalam mengawal seluruh kebijakan Pemerintah membangun Papua.

“Tentunya ini perlu dukungan dari TNI-Polri untuk memberikan jaminan keamanan bagi seluruh pekerjanya dan juga infrastruktur yang lain. Dan juga dengan adanya DOB, kita akan bantu Pemda dan TNI dalam fungsi tugas pokok bantu Polri percepatan pembangunan di daerah,” tutup Yudo.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Uncategorized

RSPAL dr. RAMELAN JADI RUMAH SAKIT TNI PERTAMA YANG MELAKSANAKAN TRANSPLANTASI GINJAL

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe—
Jakarta, 21 Februari 2024 — Setelah berhasil melaksanakan berbagai tindakan operasi dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan melewati rangkaian kegiatan termasuk syarat medis dan administratif, Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan bekerjasama dengan RSUP Dr. Kariyadi Semarang berhasil melaksanakan operasi transplantasi organ (ginjal) pertama di RSPAL dr. Ramelan, Surabaya, Selasa (20/02).

Hal ini menjadikan RSPAL dr. Ramelan yang merupakan rumah sakit type A atau tingkat I sekaligus sebagai pusat rujukan di wilayah timur, menjadi Rumah Sakit TNI pertama yang melaksanakan transplantasi organ ginjal. Momentum keberhasilan ini sebagai tanda grand launching transplantasi organ ginjal oleh Rumah Sakit Pusat TNI AL tersebut.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam sambutannya secara daring menyampaikan bahwa rendahnya jumlah transplantasi di dalam negeri salah satunya disebabkan karena masih terbatasnya rumah sakit yang mampu menyelenggarakan pelayanan tersebut. “Oleh karena tu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, RSPAL dr. Ramelan mampu menyelenggarakan transplantasi ginjal secara mandiri”, ungkap Kasal.

Legalitas pelayanan transplantasi ginjal diawali dengan visitasi oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Komite Transplantasi Nasional serta Tim Ad-HOC pada tanggal 17 Mei 2023 terhadap bidang manajemen, administrasi, ketenagaan, sarana prasarana, peralatan, dan kelengkapan regulasi pelayanan kesehatan transplantasi organ.

Pada kesempatan yang sama, Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Sujoko Purnomo menyampaikan bahwa, pelaksanaan transplantasi ginjal yang dilaksanakan saat ini pada hakikatnya adalah suatu terobosan RSPAL dr. Ramelan guna meningkatkan kontribusi TNI AL dalam pelayanan kesehatan bagi bangsa dan negara, terutama bagi prajurit, keluarga, serta masyarakat.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

Uncategorized

Korem 052/Wkr, Gelar RAT Primer Koperasi Tahun buku 2023

Published

on

By

Korem 052- Tangerang.RAT (Rapat Anggota Tahunan) bagi sebuah Koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi,dalam rangka kegiatan tersebut Korem 052/Wkr mengelar kegiatan RAT Tahun Buku 2024 yang dihadiri oleh Danrem 052/Wkr, Brigjen TNI Putranto Gatot SH,S.Sos.,M.M. bertempat di gedung Parkir Lantai 2 Makorem Jln Beulevard Diponegoro no 108,Kelapa Dua Kabupaten Tangerang.Rabu (21/2/2024)

Ketua Puskop Kodam Jaya , Kolonel Inf Haris Panca Putra,S.E.,M.M. dalam sambutannya menyampaikan Koperasi Korem 052/Wkr,dalam keadaan sehat dan aman,termasuk SHU,juga cukup baik dan termasuk yang nantinya mendapatkan penghargaan.

“Koperasi sangat penting bagi kita semua sebagai anggota TNI ,kita tidak tau kondisi ekonomi keluarga kita selamanya stabil.Koperasi bisa menjadi penolong dan alternatif bagi kita yang sangat membutuhkan.”

“Kepada badan pengawas juga saya sampaikan pesan agar lebih berhati hati dan ketat lagi jangan sampai kejadian di satuan lain dimana pengurus koperasi membawa kabur uang anggota koperasi, dan jangan sampai terjadi di satuan ini.”

“Disampaikan juga pada tanggal 29 februari 2024 akan di adakan kegiatan RAT di Puskop dan insya Allah sekaligus pergantian Ketua Puskop.”

Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Danrem yang telah memberikan pembinaan koperasi dengan baik sehingga menjadi koperasi yang sehat dan salah satu yang mendapatkan penghargaan.

Sementara itu Danrem 052/Wkr selaku pembina Primer Koperasi Korem 052/Wkr dalam sambutannya menyampaikan
RAT (Rapat Anggota Tahunan) bagi sebuah Koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. selain itu RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan. sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan (RAT) menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggota-nya.
Rapat Anggota Tahunan mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan Koperasi ke arah yang lebih baik lagi, karena dalam rapat anggota tahunan ini akan membahas: laporan pertanggung jawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi.”

” Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja Koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi.
Oleh karenanya, saya berharap kepada seluruh peserta rapat untuk berpartisipasi aktif dengan memberikan kontribusi positif berupa pemikiran, pendapat, saran membangun maupun kritik yang kritis, jujur dan obyektif terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran koperasi pada tahun lalu, sehingga pelaksanaan program kerja dan anggaran tahun ini lebih berkualitas dan realistis. “

“Sumbangsih yang disampaikan itu merupakan wujud kongkret, dari adanya rasa tanggungjawab dan kepedulian sebagai anggota koperasi, sekaligus menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan kinerja koperasi serta memantapkan fungsi dan peran koperasi dalam mendukung tugas pokok Korem 052/Wkr.”

“Primer Koperasi Kartika Wijayakrama merupakan koperasi fungsional di lingkungan Korem 052/Wkr, yang mempunyai tugas membantu pimpinan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota dan keluarganya, terutama di bidang ekonomi. Oleh karenanya, koperasi harus mampu memberikan kemudahan dalam pelayanan serta harga yang murah sehingga dapat meringankan anggotanya, dalam memenuhi kebutuhan ekonomi.

Hal itu sesuai dengan tema dalam Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2023 pada kali ini, Tingkatkan Kebersamaan, Inovasi Bisnis dan Soliditas Jaringan Usaha menuju Koperasi Angkatan Darat yang berkualitas.”tutupnya

Sumber penrem52

Continue Reading

Uncategorized

Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Pimpin Apel Khusus dan Gelar Syukuran HUT Pomal Ke-78

Published

on

By

TNI AL, Lhokseumawe,- Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto memimpin pelaksanaan Apel Khusus dalam rangka HUT Ke-78 Korps Polisi Militer Angkatan Laut dengan tema “Dengan Semangat Wijna Wira Widhayaka Polisi Militer Angkatan Laut Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut Guna Mewujudkan Indonesia Maju”, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Lhokseumawe, Jalan KKA Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (20/02/2024).

Selesai memimpin Apel Khusus, Danlanal Lhokseumawe menggelar syukuran potong tumpeng HUT Pomal Ke-78 di Selasar Lapangan Tembak Pistol Mako Lanal Lhokseumawe. Dalam sambutannya, Danlanal Lhokseumawe mengatakan Hari Ulang Tahun merupakan refleksi apa yang sudah kita laksanakan dan apa yang harus dilaksanakan ke depan. Korps Polisi Militer Angkatan Laut berkewajiban menjadi teladan bagi prajurit dalam rangka menumbuhkan jiwa kedisiplinan para prajurit militer.

Sejak masa reformasi, Pomal menjadi satuan yang mandiri sebagai penegak hukum di lingkungan TNI AL, Pomal dituntut agar menguasai UU Militer dan Sipil sebagai bekal untuk menjalankan tugasnya. Harapan saya Pomal Lanal Lhokseumawe bisa menjadi contoh untuk prajurit Lanal Lhokseumawe dan masyarakat sekitar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Lhokseumawe, Palaksa, Perwira Staf, Prajurit Pomal, Prajurit Lanal, PNS, Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I dan PHL Lanal Babel.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

Continue Reading

Trending