Connect with us

MABES TNI

Kapuspen TNI : Prajurit dan PNS TNI Tingkatkan Kepekaan dan Kesigapan Merespons Berita Hoaks

Published

on

Fokusindonesia.com, (Puspen TNI). Prajurit TNI maupun PNS TNI diminta meningkatkan kepekaan dan kesigapan untuk merespons kabar-kabar Hoaks yang bisa mencoreng Netralitas TNI. Saatnya nanti pasti banyak sekali berita-berita Hoaks, hal ini harus diantisipasi.

“Apabila menemukan berita Hoaks, khususnya terkait instansi TNI, segera lapor ke komando atas agar temuan bisa segera ditindaklanjuti,” kata Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono saat menjadi Inspektur Upacara 17-an, yang diikuti Prajurit dan PNS TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (18/9/2023).

Kapuspen TNI menyampaikan bahwa tanggal 12 september 2023 atau enam hari yang lalu dalam acara Netralitas Pemilu dan Bimbingan Teknik Tindak Pidana Pemilu di Mabes TNI, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengingatkan semua prajurit untuk menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilu serentak 2024.

Panglima TNI mengingatkan seluruh Prajurit dan PNS TNI agar hati-hati dengan semakin maraknya berita hoaks seiring semakin meningkatnya suhu politik beberapa bulan ke depan. “Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meminta seluruh Prajurit, PNS dan Keluarga TNI untuk mewaspadai hoaks menjelang Pemilu serentak 2024, TNI juga harus sigap berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo untuk melawan berita-berita hoaks,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapuspen TNI mengatakan bahwa penyebaran berita hoaks bukan tidak mungkin bisa diatasi, karena semua masalah pasti ada solusinya. Setidaknya ada enam langkah sederhana yang bisa membantu dalam mengidentifikasi mana berita hoaks dan mana berita asli.

“Pertama, hati-hati dengan judul provokatif. Kedua, cermati alamat situs. Ketiga, periksa fakta. Keempat, cek keaslian foto. Kelima, ikut serta grup diskusi anti-hoaks. Keenam, jadikan media sosial menjadi sarana untuk mendapatkan informasi,” pesan Laksda TNI Julius.

Lebih lanjut Kapuspen TNI mengingatkan bahwa netralitas TNI dalam Pemilu 2024 tidak hanya secara langsung, tetapi juga netralitas dalam media sosial. Jangan sampai Prajurit TNI maupun PNS TNI ikut-ikutan memberikan dukungan atau komentar terhadap kontestan politik baik, masalah pencalonan Presiden maupun Wakil Presiden, begitu juga terhadap partai politik.

“Bahkan Panglima TNI dalam menjaga netralitas TNI juga sudah mengingatkan agar jangan berfoto dengan simbol jari tangan, karena dalam suasana Pemilu, jari tangan bermakna nomor kontestan politik,” katanya.

“Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingatkan agar berhati-hati dalam menggunakan Gadget atau HP, jangan asal forward, jangan asal share,” pungkas Kapuspen TNI.

#tnipatriotnkri
#nkrihargamati
#tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AD

Koramil Duren Sawit Bersama Dinas SDA, PPSU dan Warga Bersihkan Lingkungan

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Babinsa Koramil 08/Duren Sawit, bersama Dinas SDA, PPSU dan Warga, Giat karya bakti pembersihan sampah lingkungan dan saluran pintu air RT.01/07 Kelurahan Pondok Kopi Kecamatan Duren sawiit, Sabtu (13/04/24).

Danramil Duren Sawit Kapten Inf Hadi Sasmungi pada kegiatan karya bakti tersebut mengatakan, Kegiatan pembersihan lingkungan sekitar RT.01/07 Pondok Kopi yang dilaksanakan Babinsa bersama, Dinas SDA, PPSU dan Warga ini, bertujuan agar lingkungan tempat tinggal warga tetap terlihat bersih dan saluran di Pintu air menjadi lancar.

Kegiatan karya bakti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil Duren Sawit ini dengan harapan agar dapat mengajak warga untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, pungkasnya.

Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur

Continue Reading

TNI AL

JELANG SERTIJAB DANLANAL SIMEULUE LAKSANAKAN EXIT BRIEFING

Published

on

By

TNI AL, Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.Opsla., didampingi Ibu Ketua Cabang 8 Korcab I DJA I Ny. Mirna Dwi Herdian Saputra melaksanakan Exit Briefing secara tatap muka dan Video Conference (Vicon) kepada seluruh personil Lanal Simeulue bertempat di Gedung Malahayati Mako Lanal Simeulue. Sabtu (13/04/2024).

Komandan Lanal Simeulue dalam sambutannya mengucapkan bahwa sangat bangga kepada seluruh prajurit Lanal Simeulue yang telah berdedikasi serta profesional dalam melaksanakan tugas dan dalam kesempatan itu, Komandan Lanal Simeulue mengucapkan terimakasih dan undur diri untuk melanjutkan tugas di penempatan yang baru.

Selama acara tersebut, Komandan Lanal Simeulue juga memberikan pesan dan arahan, diantaranya untuk para prajurit serta ASN di lingkungan TNI AL untuk selalu meningkatkan Iman dan Taqwa, memahami kembali makna prajurit yang selalu rendah hati serta tidak mudah terlena dan menekankan kepada seluruh prajurit untuk meningkatkan Profesionalisme dalam menjalankan tugas. Danlanal Simeulue juga menghimbau untuk selalu jalin Soliditas dan Sinergitas dengan Institusi lain.

Turut hadir dalam kegiatan, Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 8 Korcab I DJA I, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta ASN Lanal Simeulue.

Continue Reading

TNI AL

ARUS BALIK MUDIK GRATIS TNI AL DENGAN KAPAL PERANG DI BERANGKATKAN DARI SURABAYA

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 13 April 2024,—— Antusias masyarakat terhadap program TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan pemerintah yaitu mudik gratis sangat dirasakan saat pelepasan arus balik pemudik dari Surabaya dan Semarang menuju Jakarta menggunakan KRI Banda Aceh-593 (KRI BAC-593) yang dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S.H., M.Han., di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya, Sabtu (13/04).

Pelaksanaan mudik bersama yang diselenggarakan oleh TNI AL merupakan salah satu bentuk perhatian, kepedulian dari pimpinan TNI AL dalam rangka memfasilitasi masyarakat umum dan keluarga besar TNI AL agar dapat bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman.

KRI BAC-593 berlayar dari Surabaya dengan membawa penumpang 356 orang serta 72 kendaraan sepeda motor dengan rute Semarang dan Jakarta. Selanjutnya akan tiba di Semarang pada hari Minggu, 14 April 2024 dan akan membawa peserta mudik gratis yang sudah terregistrasi dari Semarang sebanyak 462 orang serta 107 kendaraan sepeda motor dan akan tiba di Jakarta pada hari Senin, 15 April 2024.

Mudik gratis dengan kapal perang tahun 2024 ini TNI AL bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, BAZNAS, dan sejumlah bank diantaranya Bank Mandiri, BRI, dan BNI dimana kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung himbauan Pemerintah agar kegiatan mudik lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar serta mengurangi kepadatan dan angka kecelakaan pada arus balik lebaran.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan bahwa mudik gratis ini arahan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang bertujuan untuk membantu para pemudik dan untuk mengurangi terjadinya kemacetan di jalan”, ungkap Danlantamal V.

Sebelum melepas para pemudik, Danlantamal V melaksanakan peninjauan ke KRI BAC-593, dan menyampaikan agar para penumpang tetap menjaga kesehatan dan berhati-hati serta tidak lupa senantiasa berdoa.

Pada kesempatan terpisah, Kasal menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, dalam hal ini memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

Trending