Connect with us

TNI AL

Kepala Staf TNI AL Terima Gelar Kehormatan dari Dua Kesultanan di Maluku Utara

Published

on

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 14 Desember 2023,—- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menerima dua gelar kehormatan sekaligus dari Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore, di Kepulauan Maluku Utara, Rabu (13/12). Kedatangan Kasal di provinsi tersebut, dalam rangka menghadiri puncak acara Hari Nusantara (Harnus) 2023 yang berlangsung di lokasi Wisata Pantai Tugulufa Tidore.

Gelar kehormatan pertama yakni Sangaji Ori Ma Ahi Malamoatau atau Penguasa Laut Terbesar yang diberikan langsung oleh Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah M. Sjah, dengan disaksikan oleh perangkat adat Kesultanan Ternate di dalam Kedaton Ternate, pada Selasa (12/12).

“Dengan pemberian gelar dari Kesultanan Ternate kepada pemangku-pemangku penyelenggara Negara, baik TNI-Polri maupun sipil, dapat menambah semangat untuk tetap menjaga adat istiadat di daerah. Semoga dengan penganugerahan ini, apa yang menjadi cita-cita kita dapat tercapai, dan kami dari Kesultanan Ternate senantiasa mendoakan agar karirnya ditinggikan oleh Allah SWT selepas dari Kedatong Ternate,” ungkap Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah M. Sjah.

Penganugerahan gelar kehormatan kedua yaitu dari Kesultanan Tidore, dengan Gelar Kapita Ngolo Macahaya Nyili Gulu Gulu, yang berarti Panglima Cahaya Laut Wilayah Jauh Kesultanan Tidore. Gelar tersebut dianugerahkan oleh Sultan Tidore Husain Sjah, di Kedaton Kesultanan Tidore, Rabu (13/12).

Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya atas penganugerahan gelar adat yang diberikan. Menurutnya, hal tersebut merupakan suatu kehormatan sekaligus sebuah kebanggaan.

“Ini merupakan satu amanah sekaligus tanggung jawab yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Kedepan TNI AL akan semakin mempererat hubungan dan sinergitas dengan wilayah Maluku Utara, khususnya pada aspek keamanan laut. Selain itu TNI AL juga akan terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di wilayah tersebut”, ungkap Kasal.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di jajaran TNI AL tersebut juga mengajak pada putra dan putri terbaik di Maluku Utara untuk bergabung menjadi prajurit Jalasena TNI AL.

“Satuan Pendidikan (Satdik) 4 Kodiklatal TNI AL saat ini telah resmi dibuka, tentunya hal tersebut membuka kesempatan bagi putra dan putri daerah di Maluku Utara untuk bisa mengikuti pendidikan bergabung bersama TNI AL,” tandas Kasal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlanal Bintan Bersama Jajaran Forkopimda Bintan Turut Serta Lepas Kontingen POPDA IX Kabupaten Bintan

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Bertempat di Pelabuhan ASDP Tanjung Uban, Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., bersama jajaran Forkopimda Bintan turut serta mengikuti acara Pelepasan Kontingen POPDA IX Kabupaten Bintan menuju Batam yang dipimpin oleh Bupati Bintan Robby Kurniawan, S.P.W.K., Senin (22/07/204).

Turut hadir dalam kegiatan, Bupati Bintan Robby Kurniawan, S.P.W.K., Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Basuki Tri Usudo, Sekda Bintan Ronny Kartika, S.STP., M.M., Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Sujana Ahmad, Kadispora Kabupaten Bintan Alfeni Harmi, S.STP., M.H., Kepala BKSDM Drs.Edi Yusri, Kepala Disdukcapil Rusli, S.T., Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Uban dr. Syurati Wulandari.

Acara diawali dengan Penyerahan Bendera Kontingen, Penyematan Tanda Peserta dan Penyerahan Folis Asuransi kepada Atlet. Kemudian Sambutan Bupati Bintan sekaligus melepas Kontingen POPDA IX Kabupaten Bintan.
“Kegiatan POPDA ini bukan hanya sekedar ajang kompetisi, tetapi merupakan wadah untuk menumbuhkan semangat sportivitas, persaudaraan dan kebersamaan diantara para pelajar. POPDA juga menjadi momentum penting dalam menggali dan mengembangkan potensi bakat-bakat muda di bidang olahraga. Bertandinglah dengan semangat juang yang tinggi dan junjung tinggi sportivitas, ingatlah bahwa kemenangan adalah hasil dari kerja keras, latihan dan kedisiplinan,” ungkap Bupati Bintan.

POPDA IX akan dilaksanakan di Kota Batam selama 7 hari kedepan. Sementara pada POPDA IX, Kabupaten Bintan kali ini mengirimkan 161 orang atlet, 24 orang pelatih dan 10 orang official yang meliputi 10 Cabang olahraga yang terdiri dari Atletik, Renang, Tenis Meja, Pencak Silat, Tenis Lapangan, Bola Voli, Bola Basket, Sepak Takraw, Bulu Tangkis, dan Sepak Bola.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA MENERIMA TIM PENILAIAN BATALYON MARINIR TELADAN TA 2024 DAN MELAKSANAKAN PENINJAUAN PERAN TEMPUR BAHAYA UDARA

Published

on

By

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menerima Tim Penilaian Batalyon Marinir Teladan TA 2024 dari Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Disopslatal) yang dipimpin Kolonel Marinir Idha Mochamad Basri selaku Ketua Tim (Katim) dalam rangka melaksanakan penilaian Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta yang terpilih dalam nominasi Batalyon Marinir teladan TA 2024 sekaligus meninjau langsung Peran Tempur Bahaya Udara bertempat di ruang rapat utama Danlantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Senin (22/07/2024).

Danlantamal III Jakarta dalam pertemuan tersebut mengatakan “Lantamal III Jakarta sangat bersyukur atas terpilihnya Yonmarhanlan III Jakarta dalam nominasi Batalyon Marinir teladan TA 2024. Hal ini menunjukkan pembinaan satuan (Binsat) Yonmarhanlan III Jakarta sudah berjalan dengan baik selama ini sesuai dengan standar operasional presedur (SOP) yang sudah ditentukan. Sebagai batalyon yang terpilih dalam nominasi Batalyon Teladan Korps Marinir TA 2024 akan melaksanakan penilaian selama dua hari, maka Yonmarhanlan III Jakarta tentunya harus mampu menunjukkan yang terbaik di segala aspek yang akan dinilai meliputi aspek personel, aspek latihan, aspek material dan logistik, serta aspek umum kesiapan semua unsur yang berada dalam lingkungan Yonmarhanlan III Jakarta”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menekankan “Kepada Tim Penilaian Batalyon Teladan untuk melaksanakan penilaian secara objektif berdasarkan kondisi nyata di lapangan sehingga hasil penilai benar-benar menunjukkan kualitas Yonmarhanlan III Jakarta yang sebenarnya sesuai situasi, kondisi dan kesiapan unsur yang ada. Di samping itu dengan penilaian yang objektif maka Batalyon Marinir manapun yang akan terpilih menjadi Batalyon Teladan Korps Marinir TA 2024 adalah benar-benar Batalyon Marinir terbaik dari seluruh kategori penilaian yang dapat menjadi contoh bagi Batalyon-Batalyon Marinir yang lain di seluruh Indonesia”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

TNI AL

PERSONEL KOLINLAMIL TETAP MEMBINA MORAL DAN MENTAL DALAM KEJUANGAN

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 22 Juli 2024 ——- Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) Kolinlamil Kolonel Laut (KH) Khoirul Anam, S.Pd., CRMP, berkesempatan menjadi Inspektur Upacara pada upacara pengibaran bendera mingguan yang berlangsung pada hari Senin (22/7), bertempat di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Upacara yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin ini, menjadi salah satu upaya untuk terus menanamkan jiwa nasionalisme dan kedisiplinan bagi prajurit dan PNS Kolinlamil, serta menjadi sarana yang efektif bagi Inspektur Upacara untuk menyampaikan kebijakan arahan dan penekanan Pemimpin melalui amanat yang disampaikan.

Mengawali amanatnya, Kadisminpers Kolinlamil mengajak seluruh peserta upacara untuk selalu bersyukur atas anugerah yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT, sehingga setiap prajurit dan PNS Kolinlamil yang hadir dapat mengikuti upacara dalam dalam keadaan sehat wa’alfiat. Selain itu, Kadisminpers menyampaikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), prajurit Kolinlamil diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan, baik pendidikan umum atau pendidkan pembentukan/alih golongan (Diktukba dan Diktukpa). Oleh karenanya agar masing-masing personel untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum mengikuti seleksi, “maka saya mengharapkan personel yang sudah eligible dan memiliki kemauan untuk maju agar mempersiapkan diri dengan baik, terkhususnya fisik dengan berlatih untuk meningkatkan kesamaptaan maupun akademis”, Kata Kadisminpers dihadapan seluruh peserta upacara.

Lebih lanjut, Kadisminpers tidak lupa juga mengingatkan kepada para Juru Bayar agar selalu memonitor Skep Panglima perihal kenaikan gaji berkala untuk selalu di update sesuai waktu KGB-nya. Terkait hak-hak prajurit untuk mendapatkan tunjangan amodak, juru masak, persandian dan kesehatan agar dalam pengajuan usulan jangan sampai terlambat. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

Trending