Connect with us

TNI AL

Koarmada RI Gelar Seminar Nasional Hari Armada Tahun 2023

Published

on

Fokusindonesia.com, TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Jakarta 17 November 2023 Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) menggelar Seminar Nasional Hari Armada Tahun 2023, yang dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di GOR O.B. Syaaf, Markas Komando (Mako) Koarmada RI, Jakarta Pusat, Jumat (17/11).

Seminar nasional ini mengusung tema, “Koarmada RI Mendukung Kekuatan Laut Nusantara Terus Melaju Bersama Untuk Indonesia Maju”.

Pada kesempatan tersebut, Wakasal membacakan sambutan Kasal yang mengatakan bahwa seminar nasional ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Armada tahun 2023, yang akan diperingati pada 5 Desember mendatang. “Acara ini menjadi kesempatan bagi para pemangku kepentingan, baik dari pemerintah, akademisi dan komunitas masyarakat serta media kemaritiman, untuk memberikan sumbangsih pemikiran, solusi yang efektif dan efesien dalam mengatasi potensi ancaman dan masalah kemaritiman, sehingga dapat menjaga stabilitas keamanan nasional untuk Indonesia maju,” kata Kasal.

Sementara itu, seminar nasional yang berlangsung secara tatap muka dan daring ini, menghadirkan keynote speaker yaitu Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. yang diwakilkan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksda TNI Agus Hariadi, M.Han. Sedangkan sebagai pembicara dan moderator, diisi tiga orang pembicara yaitu pembicara pertama Plt. Asisten Deputi Keamanan dan Ketahanan Maritim, Deputi Bid. Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kemenko Marvest Dr. Adriani Kusumawardani. Pembicara kedua Koordinator Tim Ahli Sekretariat Nasional SDGs Kementrian PPN/Bappenas Yanuar Nugroho, Ph.D., dan sebagai pembicara ketiga Lektor Jurusan Hubungan Internasional, Fakultar Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta Dr. Nikolaus Loy, SIP., MA., serta Moderator Chaca Annissa, S.Sos., M.Si.

Pada paparan pembicara pertama memaparkan tentang Prioritas yang akan dicapai dalam membangun ekosistem industri maritim dengan melibatkan seluruh potensi kekuatan laut Nusantara dalam rangka mendukung Indonesia maju. Kemudian Pemapar kedua tentang Dampak kolaborasi penegakkan hukum di laut bagi dunia usaha dan investasi kemaritiman di Indonesia saat ini dan yang akan datang. Sedangkan pemapar ketiga tentang Peran media dalam collaborative governance unit guna mempersatukan seluruh potensi kekuatan maritim baik unsur pemerintah maupun non pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia maju. Kegiatan seminar yang berlangsung selama sehari ini ditutup oleh Kepala staf Koarmada RI Laksda TNI Didong Rio Duta mewakili Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto.

Kegiatan seminar yang merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari armada tahun 2023 ini, terlaksana melalui kepanitiaan dengan Penasehat Laksda TNI Didong Rio Duta Purwo Kuntjoro, S.T., M.A.P., M.Tr.., Penanggung Jawab Laksma TNI I Gung Putu Alit Jaya, S.H., M.Si., dan Ketua Panitia Kolonel Laut (P) Dedi Rorna W., S.T., M.A.P.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlantamal I Hadiri Rapat Koordinasi PB PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Rapat Koordinasi PB (Panitia Besar) PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, Wilayah Sumatera Utara, dipimpin oleh Menpora Dito Ariotedjo melalui vicon, bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jendral Soedirman No. 41 Medan, Sumatera Utara, Senin (15/7/2024).

Dalam sambutannya, Menpora mengungkapkan apresiasinya pada Pj. Gubernur Sumut yang mampu menyelesaikan masalah pada persiapan PON. Dirinya juga mengapresiasi Bupati/Walikota yang telah mendukung langkah cepat Pj. Gubernur Sumut tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Sumatera Utara Fatoni menegaskan agar setiap bidang diminta untuk meninjau ulang relevansi tim kerja yang sudah terbentuk. Menurutnya, apabila terdapat anggota yang tidak berfungsi dengan baik maka segera diganti, sehingga mampu mempercepat kerja yang barangkali selama ini terhambat. Sebagai informasi, hingga saat ini secara keseluruhan progress pembangunan atau penyelesaian venue sudah mencapai 80%.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sumut Sutarto, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Ucok Enrico Hutadjulu, Kejati Sumut Idianto, Sekda Provinsi Sumut Arief Sudarto Trinugroho, Kasat Pol PP Pemprov Sumut Mafullah Pratama Daulay, beserta para Pengurus PB PON.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

Bhabinkamtibmas Berikan Imbauan Kamtibmas Satpam Kawasan GBK Senayan

Published

on

By

Jakarta Pusat – Bhabinkamtibmas Kelurahan Gelora Aiptu Teguh Yuliyanto melaksanakan sambang ke satuan pengamanan kawasan GBK Senayan di Gedung Elevated B Senayan Kelurahan Gelora Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Senin (15/7/2024).

Dalam kesempatan sambang sekaligus berikan imbauan kamtibmas agar satuan pengamanan kawasan GBK Senayan dapat berperan aktif dalam menciptakan keamanan kepada para pengunjung dan agar tidak melakukan arogansi yang berlebihan saat mengamankan pelaku maupun di duga pelaku kejahatan, ujar Teguh.

Aiptu Teguh juga menyampaikan pesan dari Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro agar memberikan informasi terkait kamtibmas untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pengunjung.

Apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan agar melaporkan ke Bhabinkamtibmas atau Polsek Metro Tanah Abang atau Call Center 110, untuk di tindak lanjuti oleh petugas kepolisian.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Continue Reading

TNI AL

SATLINLAMIL 2 TERIMA TIM INSPEKTORAT KOLINLAMIL DALAM RANGKA PEMBUKAAN AUDIT KINERJA TAHUN 2024

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 15 Juli 2024 ——- Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil 2) yang merupakan satuan pelaksana Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyambut kedatangan Tim Audit Kinerja It kolinlamil yang dipimpin oleh Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Tjatur Hendrawidjaja, S.T., M.M, beserta tim pada hari Senin (15/7) dalam rangka Pembukaan Audit Kinerja dan diterima langsung oleh Komandan Satlinlamil 2 Kolonel Laut (P) Yulis Andreas Lorentius,M.Tr.Hanla.,M.M beserta Wadan di Ruang Rapat Mako Satlinlamil 2 Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini turut pula diikuti oleh Komandan Unsur KRI dipangkalan beserta Perwira Staf yang dimulai dari tanggal 15 s/d 19 Juli 2024.

Pada acara ini Dansatlinlamil 2 memberikan sambutan yang intinya berterima kasih atas kedatangan tim audit Kinerja It kolinlamil yang telah sampai di Satlinlamil 2 dalam keadaan selamat dan sehat. Dan kesempatan ini juga Dansatlinlamil 2 memberikan penjelasan mengenai keadaan Satlinlamil 2 saat ini, sesuai dengan fasilitas yang menjadi tanggung jawab Satlinlamil 2, yang meliputi jumlah gedung, fasilitas pendukung dan Unsur KRI jajaran Satlinlamil 2 serta memperkenalkan Perwira pendukung di jajaran Satlinlamil 2 yang ada saat ini.

Inspektur Kolinlamil dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan Inspektorat Kolinlamil selaku APIP bertugas untuk melaksanakan Pengawasan melalui proses Audit, Reviu, Evaluasi pemantapan dan pengawasan kegiatan lainnya terhadap penyelenggaran Tupoksi Organisasi di Satker jajaran Kolinlamil, adapun sasaran dan ruang lingkup audit kinerja yang akan dilaksanakan adalah laporan perkembangan dari TW III Tahun 2023 s/d Laporan TW II Tahun 2024 yang meliputi bidang Opslat, umum dan perbendaharaan, “Kegiatan audit kinerja ini lebih ditekankan pada upaya pendampingan dan pemberian saran masukan agar program di Satlinlamil 2 dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna untuk mendukung tugas-tugas Kolinlamil, kami berharap melalui audit kinerja ini dapat terjalin kerja sama, kemitraan keterbukaan dan adanya komunikasi dialogis. Sehingga dapat diperoleh informasi dan masukkan yang obyektif, serta rekomendasi yang tepat guna dalam peningkatan kinerja Satlinlamil 2” ucap Ir Kolinlamil dalam sambutannya. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

Trending