Connect with us

TNI AL

Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan Pimpin Pelepasan 15 Prajurit Purna Tugas

Published

on

Fokusindonesia.com, TNI AL, Palembang,- Dalam suasana yang haru namun juga penuh keceriaan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan melepas 15 Prajurit yang menjalani Purna Tugas, terdiri dari 2 Perwira Pertama (Pama) dan 13 Bintara. Kegiatan tersebut berlangsung di Binpotmar TNI AL 1 Ilir Palembang, Jumat (10/11/2023).

Dalam sambutannya, Danlanal Palembang mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh purnawirawan atas pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta loyalitasnya sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut.

Acara Purna Tugas memiliki makna mendalam yang berkaitan dengan pengabdian dan pengorbanan, bukan hanya sekedar melepas mantan prajurit, tetapi terdapat upaya dan harapan adanya nilai-nilai kejuangan pada generasi selanjutnya dan purna tugas bukanlah akhir dari pengabdian terhadap keluarga dan negara.

“Melalui acara ini, kami melepas bapak yang selama ini telah bersama kami yang telah berjuang banyak dalam memajukan TNI AL khususnya Lanal Palembang, kami semua menyadari awal pengabdian bapak merupakan perjuangan yang berat, menuntut keuletan dan pengorbanan tanpa pamrih, dengan semangat pengabdian itu, bapak telah memberikan makna dan perjuangan TNI AL sesuai dengan panggilan tugas dan perkembangan zaman,dan mudah-mudahan menjadi bekal dalam kehidupan selanjutnya,” tutunya.

Lebih lanjut, Komandan Lanal Palembang juga mengharapkan seiring semangat hari Pahlawan adanya pengaruh dan dorongan yang positif sesuai pesan para pejuang dengan prinsip “Tut Wuri Handayani” yang bermakna mempengaruhi dan memberikan dorongan dari belakang.

Komandan Lanal Palembang menyampaikan perlunya menghargai purnawirawan sebagai penerus kehidupan, baik dalam pengalaman, keluasan berpikir, maupun kearifan. “Oleh sebab itu, sekalipun para prajurit sudah memasuki masa purna bakti, saya yakin tekad dan perjuangan sebagai prajurit tidak akan pernah surut,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya, Komandan Lanal Palembang menyampaikan ucapan terima kasih kepada purnawirawan yang telah melaksanakan paripurna tugas serta mendoakan semoga para purnawirawan senantiasa diberi kesehatan, keselamatan dan sukses serta bahagia bersama keluarga. Kita yang masih berdinas tidak harus mati muda dan tidak menikmati masa pensiun dimasa damai tanpa harus dihantui rasa cemas serta ketakutan.

Dalam acara pelepasan Purna Tugas tersebut diserahkan tali asih serta Piagam Penghargaan dari Kasal oleh Komandan Lanal Palembang beserta Ibu Ketua Jalasenantri Cabang 5 Korcab III Daerah Jalasenastri Armada I dan diakhiri ramah tamah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Palaksa Lanal Palembang Letkol Laut (P) Yusan Taufik, Perwira Staf dan seluruh Perwira, juga dihadiri oleh Ketua PPAL Rayon Palembang Rudi Harsam beserta ibu.

(Pen Lanal Palembang).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Masyarakat Berbondong-Bondong Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Mako Lanal Bintan Bersama Forkopimda Bintan

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Bintan bersama jajaran Forkopimda Bintan melaksanakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 H/ 2024 M, bertempat di Lapangan Hang Tuah Mako Lanal Bintan, Jalan Jenderal Sudirman No.10, Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau. Bertindak sebagai Khatib adalah Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K., dan Iman Ustadz Beni Pratama, S.H., Senin (17/06/2024).

Dalam khotbahnya Khatib menyampaikan bahwa keagungan hari ini ditandai dengan bergemanya takbir, tahmid, dan tahlil dari orang-orang mukmin seantero dunia, sejak diawali malam 10 Zulhijjah, terus bergema, menembus hati yang suci orang-orang yang beriman, kita memuji keagungan Allah, kita menyadari bahwa kita adalah makhluk-Nya hamba-Nya yang lemah, penuh dengan noda dan dosa. Semoga hari ini dapat kita jadikan sebagai momentum indah untuk menanamkan kembali akan eksistensi diri sebagai raga yang wajib mengabdi kepada-Nya.

Hari Raya Haji ini, juga dikenal dengan Hari Raya Qurban, disebut demikian karena hari ini, umat Islam setelah melaksanakan Sholat Idul Adha, disunahkan memotong hewan qurban. Memang, qurban bukanlah merupakan ibadah yang wajib, namun sangat diutamakan bagi yang mempunyai kemampuan, sehingga Rasulullah menganggap tidaklah sepantasnya, seorang mukmin yang mampu namun enggan berqurban untuk mendekati tempat Shalat Idul Adha. Shalat dan Qurban adalah dua perintah yang sejajar harus dilakukan, sebagai pertanda rasa syukur atas berbagai nikmat yang diberikannya.

Selesai pelaksanaan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan acara penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Bupati Bintan yang didampingi Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., beserta Forkopinda lainnya kepada Ketua Panitia Ibadah Qurban Dansatma Lanal Bintan Kapten Laut (PM) Hadi Kuswanto, untuk selanjutnya dilaksanakan pemotongan hewan qurban dan penyaluran daging kurban kepada masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., mengucapkan terima kasih kepada Bupati atau Pemerintah Kabupaten Bintan yang telah menyelenggarakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Mako Lanal Bintan, serta ucapan terima kasih kepada Panitia Perayaan Idul Adha dari Pemda Kabupaten Bintan, personel TNI, swasta maupun masyarakat yang telah turut serta berpartisipasi dalam merayakan Sholat Idul Adha. Selanjutnya hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada yang berhak menerima.

Demikian juga ucapan Alhamdulillah bahwa tahun ini kita semua dapat menyelenggarakan Sholat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban, serta ramah tamah jajaran Forkopimda Bintan bersama masyarakat sekitar yang ada di Tanjung Uban, sehingga hubungan harmonis antara aparat pemerintah di Bintan dengan masyarakat semakin terasa.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Teladani Sikap dan Perilaku Nabi Ibrahim A.S, Lanal Sabang Selenggarakan Qurban

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., ikut serta merayakan Hari Raya Idul Adha bersama Prajurit Lanal Sabang, bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (17/6/2024).

Hari Raya Idul Adha atau yang familiar disebut dengan Hari Raya Qurban merupakan salah satu point dalam bermuamalah kepada Allah SWT, datangnya Hari Raya Qurban memberikan kebahagiaan bagi seluruh umat Islam diseluruh dunia, tak terkecuali umat Islam yang ada di Indonesia.

Perayaan Hari Raya Qurban di Kota Sabang dan momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M Tahun ini terasa sangat spesial dikarenakan Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., beserta keluarga dapat berkumpul bersama Prajurit Lanal Sabang sekaligus halal bihalal guna mempererat silaturahmi serta membangun hubungan harmonis.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanal (Danlanal) Sabang memberikan contoh dan teladan kepada Prajurit dengan ikut serta berqurban 1 (satu) Ekor Sapi jenis Brahma dan 1 (satu) Ekor Kambing, juga turut serta memotong hewan qurban yang sudah diniatkan karena Allah SWT.

Sebagaimana Nabi Ibrahim A.S memberikan tauladan dengan melakukan perintah Allah SWT (Qurban) tidak lain kecuali diniatkan untuk Taqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT.

Turut hadir dalam kegiatan sebagai berikut, Komandan Lanal Sabang, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab I DJA I, Perwira Staf, Bintara, Tamtama, PNS, dan P3K Lanal Sabang.

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI AL

Lantamal XII melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H / 2024 dan Pemotongan Hewan Kurban di Mako Satrol

Published

on

By

Pontianak, TNI AL- Lantamal XII – Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan bersama Ketua Korcab XII DJA 1 dan keluarga besar Lantamal XII serta masyarakat sekitar melaksanakan Shalat Idul Adha1445 H / 2024 yang dipimpin Ust Ahmad Abdul Bari S.HI berlangsung khidmat di Lapangan Apel Satrol Lantamal XII, Jl. Yos Sudarso No.1 Pontianak, Kalbar. Senin (17/06/2024).

Setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha, Ust Ahmad Abdul Bari S.HI dalam khotbahnya menyampaikan bahwa pelaksanaan sholat Idul Adha tidak akan terlepas dengan sejarah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail AS. Peristiwa tersebut itulah yamg menjadi tolak ukur perintah untuk berkurban (hewan) yang dilakukan oleh umat Nabi Muhammad SAW hingga saat ini.

Sesuai petunjuk Nabi Muhammad SAW bagi yang mampu untuk berkurban agar dapat meraih derajat ketaqwaan, dimana kurban merupakan wujud ketaatan kepada perintah Allah SWT dan besar pahalanya karena pada satu helai bulunya Allah SWT akan beri 10 kebaikan, 10 penghapusan dosa, 10 pengangkatan derajat dan barang siapa yang menyenangkan hati orang mukmin, Allah SWT akan ciptakan 70 ribu malaikat yang memohon ampunan untuknya sampai hari kiamat.

Selain itu berkurban merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap sesama, serta sarana untuk mempererat hubungan sosial dalam masyarakat, sekaligus sebagai tanda syukur atas nikmat Allah SWT, oleh karena itu berkurban juga dapat menjadi motivasi bagi kita untuk berbagi kebahagian dengan orang-orang sekitar kita yang tidak mampu.

Selesai pelaksanaan sholat Idul Adha dilanjutkan acara ramah tamah di Gedung Malahayati dan dilanjutkan penyembelihan hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi dan 14 ekor kambing di halaman belakang Satrol Lantamal XII. Hewan kurban yang akan disembelih berasal dari berbagai pihak termasuk DanlantamaL XII, Asintel Danlantamal XII, Asops Danlantamal XII, Dansatrol Lantamal XII, beberapa para Kadis dan Kasatker Lantamal XII dan keluarga Lantamal XII.

Sementara itu, dari panitia kurban telah menyalurkan hewan kurban 1 ekor kambing dan 45 kg daging ke panti asuhan Al – Haq, Sungai Rengas, Kubu Raya. Letkol Laut (K) Herry Sugiarto, Pabanren Spers Lantamal XII selaku panitia kurban menjelaskan bahwa pendistribusian hewan kurban akan diutamakan kepada keluarga besar Lantamal XII dan masyarakat sekitar, diharapkan dapat membawa berkah bagi masyarakat penerima serta memperkuat tali silaturahmi antara keluarga besar Lantamal XII, panti asuhan dan masyarakat sekitar. (Dispen Lantamal XII)

Continue Reading

Trending