Connect with us

TNI AL

Komandan Pangkalan TNI AL Bandung Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AL Tahun 2023

Published

on

TNI AL, Bandung,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 TNI AL Tahun 2023, yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dilaksanakan terpusat di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, Senin (11/09/2023).

Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang diperingati setiap tanggal 10 September tersebut, pada tahun 2023 ini digelar secara sederhana dan khidmat diseluruh jajaran satuan di TNI AL dan terpusat di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya. Peringatan HUT Ke-78 TNI AL tahun ini mengusung tema “Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.”

Amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa selama 78 tahun, TNI Angkatan Laut telah tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan Maritim yang selalu siap siaga menjaga Kedaulatan Negara di laut, menegakkan Hukum dan Keamanan di seluruh perairan Indonesia sekaligus menjadi salah satu alat Diplomasi Militer yang efektif pada tataran Internasional. Dalam pengabdiannya, TNI Angkatan Laut telah mampu menghadapi berbagai konflik dan krisis dengan penuh keberanian. TNI Angkatan Laut juga secara aktif terlibat dalam berbagai Operasi Kemanusiaan di Dalam dan Luar Negeri. Pada level regional, TNI Angkatan Laut memiliki peran sentral dalam menjaga Stabilitas Maritim di kawasan. Selain itu, kontribusi nyata TNI Angkatan Laut dalam Misi Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang tinggi dari Dunia Internasional.

Semua pencapaian tersebut merupakan rahmat dan karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sekaligus buah dari upaya kerja keras dan pengabdian yang tinggi dari seluruh prajurit serta dukungan yang tulus dari segenap keluarga besar TNI Angkatan Laut. Untuk itu, pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada seluruh Prajurit, Pegawai Negeri Sipil serta keluarga besar TNI Angkatan Laut, atas Dedikasi, Profesionalisme, Loyalitas dan dukungan yang telah kalian persembahkan selama ini. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi juga saya persembahkan kepada para sesepuh dan pendahulu TNI Angkatan Laut, yang telah meletakkan fondasi kokoh, dan suri tauladan yang baik dalam menjalankan pengabdian secara paripurna, sehingga TNI Angkatan Laut dapat berkembang sebagaimana yang kita saksikan bersama saat ini. Sebagai generasi penerus TNI Angkatan Laut maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua untuk terus meneguhkan komitmen pengabdian dalam meneruskan, mempertahankan, dan meningkatkan tradisi kejayaan TNI Angkatan Laut sebagai mana telah dicontohkan oleh para pendahulu kita.

Saat ini situasi dunia berubah sangat cepat dan dinamis. setelah Pandemi Covid-19 mereda, Dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari Krisis Pangan, Krisis Energi, dan Krisis Finansial. Di sisi lain, kita juga dihadapkan dengan situasi Krisis Keamanan di kawasan Regional, fenomena munculnya Aliansi Militer baru yang diiringi dengan perlombaan teknologi persenjataan, serta dampak perang Rusia – Ukraina yang semakin mengkhawatirkan. Perkembangan lingkungan Strategis tersebut tidak hanya berdampak pada Stabilitas Politik dan Keamanan Global namun juga turut mempengaruhi Stabilitas Perekonomian Dunia saat ini. Guna menghadapi situasi tersebut, TNI Angkatan Laut sebagai bagian tidak terpisahkan dari Tentara Nasional Indonesia harus senantiasa tanggap dalam menghadapi berbagai macam spektrum ancaman maupun tantangan yang ada. TNI Angkatan Laut harus selalu siap menjadi garda terdepan dalam menghadapi beragam krisis yang mengancam kepentingan dan keselamatan Bangsa. TNI Angkatan Laut harus terus bersinergi dengan Komponen Bangsa lainnya dalam melindungi seluruh kepentingan Nasional, menyukseskan pembangunan Bangsa dan berperan aktif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Setiap Prajurit TNI Angkatan Laut harus selalu adaptif terhadap perubahan, dan senantiasa membuka diri untuk belajar hal-hal baru, keluar dari zona nyaman, serta mampu berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga. Oleh karena itu, pembangunan Sumber Daya Manusia TNI Angkatan Laut yang Profesional dan Tangguh, berlandaskan kekuatan moral, pengetahuan yang luas dan penguasaan teknologi, mutlak untuk diwujudkan. Namun, perlu kita pahami bersama bahwa upaya untuk mewujudkan Profesionalisme prajurit tidak akan bisa berjalan dengan optimal tanpa diiringi dengan peningkatan kesejahteraan yang baik. Pembangunan fasilitas dan peningkatan kualitas kesejahteraan prajurit di berbagai aspek seperti bidang pendidikan dan latihan, perumahan, fasilitas ibadah, sarana olahraga serta perkantoran, senantiasa harus terus dilakukan untuk menjamin seluruh prajurit dapat bekerja dengan moril tinggi dimana pun ditugaskan.

Tema hari jadi TNI Angkatan Laut kali ini adalah “Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.” Tema ini menunjukkan komitmen tinggi dari TNI Angkatan Laut untuk selalu meningkatkan kemampuan guna menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks dalam rangka turut serta mewujudkan visi indonesia emas yakni menjadi Negara Maju, Adil, dan Makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Komitmen tersebut tentunya perlu didukung oleh kekuatan TNI Angkatan Laut yang modern dengan daya pukul yang kuat, daya manuver yang handal dan daya gentar yang tinggi, serta memiliki jangkauan operasional dan kemampuan proyeksi kekuatan di seluruh perairan Yurisdiksi Indonesia. Oleh karena itu, upaya nyata dalam mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern, dan Tangguh, merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar lagi.

Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir pertahanan NKRI kalian harus selalu siap menjalankan tugas mulia yang diamanahkan kepada TNI Angkatan Laut. Jaga selalu marwah dan kehormatan Prajurit Jalasena Samudera, dengan selalu menjaga profesionalisme dan ketangguhan kalian dalam bertugas. Jadilah Prajurit Jalasena yang selalu dicintai rakyat dan mencintai rakyat. Ingatlah, menjadi Prajurit Jalasena Samudera merupakan “Panggilan jiwa untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara di jalan pengabdian yang penuh dengan kebanggaan dan kehormatan.”

  1. (Pen Lanal Bandung)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Tanamkan Cinta Tanah Air, Siswa SDN 20 Simpang Mandong Wisata Edukasi di KRI Karotang-872 di Satrol Lantamal XII

Published

on

By

Pontianak, TNI AL, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 20 Simpang Mandong Kecamatan Tayan Hulu mengunjungi Kapal Perang Republik Indonesia KRI Karotang-872 di Dermaga Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Rabu (29/05/2024).

Dalam kunjungan tersebut, sejumlah 49 orang siswa kelas VI didampingi oleh Kepala Sekolah SDN 20 Simpang Mandang Ibu Fathonah Nilawidi, M.Pd. beserta guru pendamping dalam rangka wisata edukasi dengan diperkenalkan terkait TNI Angkatan Laut serta alutsistanya oleh Personel Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal XII dan para ABK kapal KRI Karotang-872.

Disamping itu, tujuan dari program tersebut agar dapat menumbuh kembangkan karakter Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan membuka wawasan serta menginspirasi peserta didik agar dapat meminimalisir putus sekolah.

Kegiatan dimulai dengan pengenalan terkait TNI Angkatan Laut dan tugas pokoknya, pengenalan Lantamal XII dan diakhiri dengan meninjau Kapal Perang KRI Karotang-872 dengan memperkenalkan tugas peralatan yang dimilikinya.

Kepala Sekolah SDN 20 Simpang Mandang mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII yang telah mewadahi program cinta tanah air berharap dapat bermanfaat bagi para siswa.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penyambutannya dari TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII yang telah menerima peserta didik kami untuk melakukan wisata edukasi di tempat ini. Kami berharap dengan berkunjungnya kami di tempat ini, semakin tumbuh rasa cinta anak-anak kami kepada NKRI, dapat membuka wawasan, dan mengimplementasikan di kehidupan mereka,” pungkasnya.

Dispen Lantamal XII

Continue Reading

TNI AL

Wujudkan Tujuan Negara Melalui Sinergitas Pemda dan TNI Dalam Menata Wilayah Pertahanan Guna Mendukung Ssistem Pertahanan Negara

Published

on

By

PENHUMAS-SESKO TNI,- Komandan Sesko TNI Marsdya TNI Arif Widianto, M.B.A., M.Tr. (Han)., CHRMP., diwakili Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., mengikuti Diskusi Panel MK Manajemen Pertanahan Negara Dikreg LII Sesko TNI TA 2024 dengan tema “Sinergitas Pemda dan TNI Dalam Menata Wilayah Pertahanan Guna Mendukung Sistem Pertahanan Negara”, yang dipimpin oleh moderator Pasis Dikreg LII Sesko TNI Kolonel Tek Agustinus Subagyo, bertempat di Gedung Graha Widya Adibarata Sesko TNI, Bandung, Senin (27/5/2024).

Yang menjadi narasumber pada acara Diskusi Panel Manajemen Pertahanan Negara adalah Edi Prasetyono, M.I.S., Ph. D., Dosen Universitas UI sebagai Panelis 1, Brigjen TNI Edi Pribadi Dirjen Pothan Kemhan RI sebagai Panelis 2, dan Gunawan Eko Movianto, M.M., Plh. Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri sebagai Panelis 3.

Dilanjutkan paparan dari masing-masing panelis, yang pertama paparan Dosen Universitas UI dengan tema Pembangunan Wilayah Pertahanan dan Pemerintah Daerah. Sejauh ini secara umum aspek pertahanan kurang menjadi prioritas dalam pembangunan daerah, baik dalam skala nasional/pemerintah pusat. Semua itu terbatas terhadap beberapa faktor diantarannya anggaran, penyiapan infrastruktur, logistik, antisipasi keadaan darurat/emergensi, pendidikan bela negara baik formal maupun in/non-formal.

Dilanjutkan paparan Panelis 2 Dirjen Pothan Kemhan RI, dengan tema tentang Integritas Penataan Wilayah Pertahanan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional dan Daerah. Beliau menjelaskan bahwa pengelolaan wilayah negara digunakan untuk kepentingan kesejahteraan, pertahanan keamanan, dan kelestarian lingkungan hidup dalam rangka mewujudkan tujuan nasional dan kepentingan nasional, sistem pemerintahanan daerah dan rencana tata ruang daerah merupakan bagian dari pelaksanaan pemerintahanan (urusan konkuren) dalam rangka percepatan pembangunan, serta TNI di daerah memiliki tugas dan tanggungjawab dalam sinkronisasi kepentingan penataan wilayah pertahanan dan Rencana Tata Ruang Daerah.

Terakhir paparan Panelis 3 Plh. Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, dengan tema Sinergitas Pemerintah Daerah dan TNI dalam Pembangunan Daerah. Untuk meningkatkan sinergi Pemerintah Daerah dan TNI dalam penyusunan dan penetapan Rencana Tata Ruang (RTR) Daerah, perlu dilaksanakan beberapa langkah diantaranya adanya koordinasi yang dilaksanakan antara Pemerintah Daerah dan unsur TNI dalam penyusunan, peninjauan kembali dan revisi RTRD serta adanya pembinaan terhadap pelaksanaan koordinasi dan pelibatan unsur TNI di Kabupaten/Kota dari pejabat Pemerintah Daerah. Kegiatan diakhiri tanya jawab dan foto bersama.

Kegiatan diikuti para Pejabat Utama Sesko TNI, para Kadep dan para Patun/Dosen Sesko TNI.

Continue Reading

TNI AL

Asrena Danlantamal I Hadiri Pelantikan Pejabat Walikota Tebing Tinggi

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Asisten Perencanaan (Asrena) Danlantamal I Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi, menghadiri acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Walikota Tebing Tinggi Dr. Moettaqien Hasrimi, dipimpin oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jendral Sudirman No.14 Medan, Sumatera Utara, Selasa (28/5/2024).

Dalam amanat Pj. Gubernur Sumatera Utara menyampaikan, saya yakin bahwa dengan pengalaman dan dedikasi Moettaqien, roda pemerintahan Kota Tebing Tinggi akan bergerak semakin dinamis. Kita berharap, dibawah arahan Pj. Walikota yang baru, program-program pemerintah akan segera terlaksana, percepatan pencapaian target RPJMD akan tercapai, dan kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending