Connect with us

TNI AL

KOMANDAN SESKO TNI SIAP MELANJUTKAN KEBIJAKAN PIMPINAN DAN KURIKULUM BARU SESKO TNI

Published

on

PENHUMAS-SESKO TNI,- Acara pisah sambut merupakan rangkaian kegiatan serah terima jabatan Komandan Sesko TNI, dimana pejabat lama Marsekal Madya TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han) menyerahkan memorandum kepada pejabat baru Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr.(Han)., CHRMP, dalam meneruskan kebijakan pimpinan dan kurikulum yang telah ditetapkan dalam mewujudkan sumber daya manusia TNI yang handal, bertempat di Gedung Serasan Sesko TNI, Bandung, Jumat (19/4/2024).

Acara pisah sambut diawali tradisi penyambutan Komandan Sesko TNI baru oleh Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Eko Budi Mulyono, S.Sos. M.M., didampingi Ibu Yuli Eko Budi Mulyono, Wakil Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS III Sesko TNI dan seluruh anggota Sesko TNI dilanjutkan penyerahan kunci ruang kerja Komandan Sesko TNI secara simbolis dan penyerahan memorandum dari pejabat lama Marsekal Madya TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr.(Han)., kepada pejabat baru Marsekal Muda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr (Han)., CHRMP.

Dalam sambutannya, Komandan Sesko TNI menyampaikan bahwa tugas Sesko TNI tidaklah mudah karena Sesko TNI merupakan lembaga pendidikan umum tertinggi di TNI. Beliau mengajak seluruh civitas akademika Sesko TNI untuk membangun kerjasama yang kuat sebagaimana telah dibangun oleh pemimpin-pemimpin terdahulu.

Turut hadir Pejabat Utama Sesko TNI yang hadir mendampingi Wadan diantaranya para Direktur, Kakordos, Dankorsis, para Dosen Ahli, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS III Sesko TNI dan Wakil Ketua beserta Pengurus, perwakilan Pasis Dikreg LII Sesko TNI, para pejabat Sesko TNI, Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil serta undangan.

(PENHUMAS-SESKO TNI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI EXIT MEETING PEMERIKSAAN BPK ATAS LK KEMHAN DAN TNI TAHUN 2023 PADA UO TNI ANGKATAN LAUT

Published

on

By

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri Exit Meeting Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan (LK) Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan TNI pada Unit Organisasi (UO) TNI Angkatan Laut yang ditutup oleh Inspektur Jenderal Angkata Laut (Irjenal) Laksda TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, C.Fr.A. selaku Penanggung Jawab, dihadiri Wakil Penanggung Jawab I Tim Pemeriksa BPK RI Dr. Edy Witono, S.E., M.M., CSFA, CertDA, CIISA bertempat di Auditorium Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/05/2024).

Irjenal dalam sambutannya mengatakan “Harus ada kesesuaian antara laporan keuangan kementerian dan lembaga dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) sehingga perlu adanya pemeriksaan BPK untuk meyakinkan bahwa laporan keuangan yang telah disusun sesuai dengan SAP dan perundang-undangan. Pengawasan dan pemeriksaan pengelolaan anggaran pertahanan negara di TNI sesuai peraturan perundang-undangan dilaksanakan oleh BPK RI. Pemeriksaan terinci BPK atas laporan keuangan TNI Angkatan Laut tahun 2023 yang merupakan pemeriksaan lanjutan dari pemeriksaan interim atas laporan keuangan yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober s.d. 22 Desember 2023 di Jakarta, Surabaya, Kupang, dan Labuan Bajo. Pemeriksaan terinci BPK atas laporan keuangan Kemhan RI dan TNI pada UO TNI Angkatan Laut dilaksanakan pada tanggal 23 Januari s.d. 27 Mei 2024, dari pemeriksaan ini nanti akan diperoleh opini atas laporan keuangan Kemhan RI dan TNI pada UO TNI Angkatan Laut tahun 2023. Kita semua berharap dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang tentunya opini ini dapat diperoleh dengan usaha dan kerja keras kita bersama dengan mematuhi ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan”.

Wakil Penanggung Jawab I Tim Pemeriksa BPK RI dalam sambutannya mengatakan “BPK RI sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara melaksanakan exit meeting yang merupakan bentuk komunikasi audit BPK RI setelah melaksanakan pemeriksaan. BPK RI setiap tahun mempunyai mandatori melakukan pemeriksaan yang dinamakan general audit baik diminta maupun tidak diminta sesuai peraturan perundang-undangan sebagai bentuk pengelolaan anggaran. Laporan keuangan yang dilaksanakan oleh BPK RI akan menghasilkan opini yang merupakan suatu pernyataan profesional dari pemeriksa atas laporan keuangan yang disajikan oleh TNI Angkatan Laut dengan empat kriteria yaitu sesuai dengan SAP, kecukupan pengungkapan, laporan realisasi anggaran (LRA), dan efektifitas sistem pengendalian internal (SPI). BPK RI dalam melaksanakan general audit melihat dengan fokus implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), manajemen kas, stock opname, aset tetap dan aset lainnya, serta belanja barang dan belanja modal”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

TNI AL

Tanamkan Cinta Tanah Air, Siswa SDN 20 Simpang Mandong Wisata Edukasi di KRI Karotang-872 di Satrol Lantamal XII

Published

on

By

Pontianak, TNI AL, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 20 Simpang Mandong Kecamatan Tayan Hulu mengunjungi Kapal Perang Republik Indonesia KRI Karotang-872 di Dermaga Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Rabu (29/05/2024).

Dalam kunjungan tersebut, sejumlah 49 orang siswa kelas VI didampingi oleh Kepala Sekolah SDN 20 Simpang Mandang Ibu Fathonah Nilawidi, M.Pd. beserta guru pendamping dalam rangka wisata edukasi dengan diperkenalkan terkait TNI Angkatan Laut serta alutsistanya oleh Personel Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal XII dan para ABK kapal KRI Karotang-872.

Disamping itu, tujuan dari program tersebut agar dapat menumbuh kembangkan karakter Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan membuka wawasan serta menginspirasi peserta didik agar dapat meminimalisir putus sekolah.

Kegiatan dimulai dengan pengenalan terkait TNI Angkatan Laut dan tugas pokoknya, pengenalan Lantamal XII dan diakhiri dengan meninjau Kapal Perang KRI Karotang-872 dengan memperkenalkan tugas peralatan yang dimilikinya.

Kepala Sekolah SDN 20 Simpang Mandang mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII yang telah mewadahi program cinta tanah air berharap dapat bermanfaat bagi para siswa.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penyambutannya dari TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII yang telah menerima peserta didik kami untuk melakukan wisata edukasi di tempat ini. Kami berharap dengan berkunjungnya kami di tempat ini, semakin tumbuh rasa cinta anak-anak kami kepada NKRI, dapat membuka wawasan, dan mengimplementasikan di kehidupan mereka,” pungkasnya.

Dispen Lantamal XII

Continue Reading

TNI AL

Wujudkan Tujuan Negara Melalui Sinergitas Pemda dan TNI Dalam Menata Wilayah Pertahanan Guna Mendukung Ssistem Pertahanan Negara

Published

on

By

PENHUMAS-SESKO TNI,- Komandan Sesko TNI Marsdya TNI Arif Widianto, M.B.A., M.Tr. (Han)., CHRMP., diwakili Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., mengikuti Diskusi Panel MK Manajemen Pertanahan Negara Dikreg LII Sesko TNI TA 2024 dengan tema “Sinergitas Pemda dan TNI Dalam Menata Wilayah Pertahanan Guna Mendukung Sistem Pertahanan Negara”, yang dipimpin oleh moderator Pasis Dikreg LII Sesko TNI Kolonel Tek Agustinus Subagyo, bertempat di Gedung Graha Widya Adibarata Sesko TNI, Bandung, Senin (27/5/2024).

Yang menjadi narasumber pada acara Diskusi Panel Manajemen Pertahanan Negara adalah Edi Prasetyono, M.I.S., Ph. D., Dosen Universitas UI sebagai Panelis 1, Brigjen TNI Edi Pribadi Dirjen Pothan Kemhan RI sebagai Panelis 2, dan Gunawan Eko Movianto, M.M., Plh. Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri sebagai Panelis 3.

Dilanjutkan paparan dari masing-masing panelis, yang pertama paparan Dosen Universitas UI dengan tema Pembangunan Wilayah Pertahanan dan Pemerintah Daerah. Sejauh ini secara umum aspek pertahanan kurang menjadi prioritas dalam pembangunan daerah, baik dalam skala nasional/pemerintah pusat. Semua itu terbatas terhadap beberapa faktor diantarannya anggaran, penyiapan infrastruktur, logistik, antisipasi keadaan darurat/emergensi, pendidikan bela negara baik formal maupun in/non-formal.

Dilanjutkan paparan Panelis 2 Dirjen Pothan Kemhan RI, dengan tema tentang Integritas Penataan Wilayah Pertahanan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional dan Daerah. Beliau menjelaskan bahwa pengelolaan wilayah negara digunakan untuk kepentingan kesejahteraan, pertahanan keamanan, dan kelestarian lingkungan hidup dalam rangka mewujudkan tujuan nasional dan kepentingan nasional, sistem pemerintahanan daerah dan rencana tata ruang daerah merupakan bagian dari pelaksanaan pemerintahanan (urusan konkuren) dalam rangka percepatan pembangunan, serta TNI di daerah memiliki tugas dan tanggungjawab dalam sinkronisasi kepentingan penataan wilayah pertahanan dan Rencana Tata Ruang Daerah.

Terakhir paparan Panelis 3 Plh. Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, dengan tema Sinergitas Pemerintah Daerah dan TNI dalam Pembangunan Daerah. Untuk meningkatkan sinergi Pemerintah Daerah dan TNI dalam penyusunan dan penetapan Rencana Tata Ruang (RTR) Daerah, perlu dilaksanakan beberapa langkah diantaranya adanya koordinasi yang dilaksanakan antara Pemerintah Daerah dan unsur TNI dalam penyusunan, peninjauan kembali dan revisi RTRD serta adanya pembinaan terhadap pelaksanaan koordinasi dan pelibatan unsur TNI di Kabupaten/Kota dari pejabat Pemerintah Daerah. Kegiatan diakhiri tanya jawab dan foto bersama.

Kegiatan diikuti para Pejabat Utama Sesko TNI, para Kadep dan para Patun/Dosen Sesko TNI.

Continue Reading

Trending